Kenali Apa Itu DA PA Blog Agar Website Anda Populer di Ranking #1 Google

  • oleh
apa itu da pa blog

Cek DA PA pada blog yang Anda kelola menjadi suatu kegiatan yang perlu dilakukan. Baiknya, Anda mengeceknya dengan rutin secara berkala. Namun, apakah Anda sudah memahami apa itu DA PA blog? Jika belum, temukan jawabannya dalam paparan di bawah ini.

Mengelola sebuah website atau blog diperlukan konsistensi dan ketelatenan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar website yang Anda kelola memiliki performa yang maksimal. Di antara beberapa ‘perawatan’ yang perlu dilakukan, DA PA menjadi salah satunya.

Apa Itu Blog?

Apa itu DA PA blog? Pasti Anda sudah sering mendengar kata ini. Namun, apakah Anda sudah benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan blog?

Sederhananya, blog merupakan suatu jurnal berbasis online atau juga dapat dikatakan sebagai website. Blog memuat berbagai macam informasi berupa artikel, video, maupun gambar yang secara rutin dilakukan pembaruan isi dan informasi.

Orang yang mengelola sebuah blog disebut sebagai blogger. Seorang blogger memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam mengelolanya. Ada yang bertujuan untuk urusan pribadi ataupun bisnis. 

Dalam mengelola sebuah blog, blogger juga perlu memastikan blognya memiliki performa yang baik. Maka dari itu, diperlukan beberapa teknik agar blog/website yang dikelola bisa semakin berkembang. Salah satunya menggunakan DA PA. 

Apa Itu DA PA blog?

apa itu da pa blog

Pexels.com/Tranmautritam

Apakah Anda sudah tahu, apa itu DA PA blog? Pertama, apa itu domain DA? merupakan singkatan dari Domain Authority dan PA yaitu Page Authority. Keduanya merupakan suatu indikator yang difungsikan untuk mempermudah user dalam meninjau performa blog/website secara lengkap.

Lebih rincinya lagi, Domain Authority adalah suatu skor atau angka yang dikembangkan Moz (tools SEO popular) untuk memperkirakan peluang peringkat website Anda pada mesin pencari. Skala yang digunakan yaitu 1-100.

Namun, DA bukanlah satu-satunya yang menjadi faktor dalam menentukan peringkat website di suatu mesin pencari. Skor DA hanyalah sebuah perkiraan dan bukan ukuran resmi yang digunakan dalam mesin pencari. 

Selain domain authority, ada juga yang disebut dengan PA. Apa itu PA SEO? PA atau Page Authority merupakan skor atau penilaian yang dikembangkan juga oleh Moz. Fungsinya juga untuk memperlihatkan peluang peringkat halaman website pada mesin pencari.

Skala yang digunakan juga sama, yaitu 1 hingga 100. Skala ini mengartikan, semakin tinggi skor yang diperoleh, maka semakin tinggi juga peluang website Anda berada pada peringkat yang tinggi.

Dengan cek nilai PA ini, Anda juga bisa mengetahui kualitas konten yang Anda buat. Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi agar website Anda bisa semakin berkembang. Analisis ini juga digunakan untuk meningkatkan kualitas konten agar bisa bersaing dengan kompetitor.

Sekarang, Anda sudah mengetahui apa itu DA PA blog, selanjutnya mari kita bahas mengenai metode atau cara pengecekkannya. 

Metode Cek DA PA Pada Blog

apa itu da pa blog

Pexels.com/Pixabay

Setelah mengetahui apa itu DA PA blog, Anda juga perlu tahu metode pengecekannya. Ada berbagai macam cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa website yang Anda miliki. Misalnya dengan cara-cara optimasi dan pengecekkan. Yang sekarang akan kita bahas adalah mengenai DA dan PA checker.

Untuk bisa mengetahui skor DA PA website Anda, Anda perlu mengunjungi tools yang dapat melakukan pengecekan tersebut. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.

  1. Kunjungi tautan tools Moz di https://analytics.moz.com/
  2. Ketikkan alamat blog atau websitemu di kolom analisis. Kemudian klik Analyze.
  3. Lalu, akan ditampilkan overview yang berisikan linking domains, skor DA, Ranking keywords, dam Inbound Links.
  4. Untuk bisa melihat skor PA, klik pada pilihan Compare Link Profiles pada menu sidebar sebelah kiri
  5. Jika sudah, lalu Exact Page
  6. Hasil skor DA dan PA akan muncul.

Cara yang Dapat Dilakukan untuk Menaikan Skor DA PA

apa itu da pa blog

Pexels.com/Caio

Ada berbagai macam metode yang dapat digunakan untuk optimalisasi website Anda. Beberapa cara ini digunakan juga untuk meningkatkan skor DA PA. Setelah mengetahui apa itu DA PA blog, Anda juga perlu mengetahui tips berikut agar website Anda bisa memiliki performa yang baik.

  • Ciptakan Website yang Mobile Friendly

Selain memahami penting apa itu DA PA blog, Anda juga perlu menciptakan website yang ramah ponsel. Memilih jenis website yang mobile friendly tentunya didasari oleh beberapa alasan. Hal ini nantinya bisa memberikan dampak baik untuk performa website. Berikut alasannya:

  • Berpengaruh pada peringkat mesin pencari
  • Google memberikan prioritas indexing pada website yang mobile version, jika Anda menggunakan website non mobile friendly, tentunya akan lebih sulit terindex
  • Jumlah kunjungan pada website versi mobile lebih banyak dibandingkan dengan website versi desktop
  • Menggunakan website non mobile friendly akan mempengaruhi skor DA Anda. Hal ini disebabkan karena Google memasukkan mobile friendly ini ke dalam persyaratan pemeringkatan.

Cara yang digunakan untuk membuat website Anda menjadi lebih mobile friendly ada berbagai macam. Misalnya dengan penggunaan mengurangi pop-up, pemilihan font yang sesuai, pemilihan tema, optimasi gambar, dan lain-lain.

  • Optimasi SEO

Setelah Anda paham tentang apa itu DA PA blog, Anda juga perlu tahu tentang apa itu optimasi SEO. Optimasi merupakan salah satu metode utama dalam pengelolaan website.

Hal ini bisa menjadi faktor pendukung dalam Google menempatkan domain Anda di posisi teratas mesin pencari. Terdapat dua metode dalam optimasi ini, yaiti Optimasi SEO On-Page dan Off-Page.

  • SEO On-Page

Teknik SEO On-Page dapat memudahkan Google dalam memahami konten dalam website Anda. Apakah isi yang disajikan relevan dengan permintaan pengguna, atau belum. Dalam teknik ini terdapat beberapa faktor yang harus diutamakan.

Beberapa faktor ini yaitu, optimasi judul dan deskripsi, penggunaan keyword yang natural, menambahkan internal links, optimasi gambar atau video, dan memperbarui konten baru yang berkualitas.

  • Optimasi SEO Off-Page

Satu lagi, yaitu optimasi SEO Off-Page. Lain halnya dengan SEO On-Page, teknik ini memanfaatkan peluang secara eksternal. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan link building.

Link building merupakan suatu teknik untuk memperoleh backlinks. Atau mengarahkan suatu link pada website tertentu untuk mengarahkannya ke website Anda. Selain link building, dapat juga dilakukan dengan cara review, listing bisnis, atau promosi medsos.

  • Meningkatkan Kecepatan Page Website

Setelah mengetahui apa itu DA PA blog, Google menyediakan suatu tools untuk mengecek kecepatan website Anda. Kecepatan website juga menjadi salah satu faktor penentu peringkat website Anda dalam mesin pencari. Google sudah menerapkan faktor ini sejak 2010 lalu.

  • Terbitkan Konten Baru Secara Rutin

Satu faktor lagi yang bisa menaikkan skor DA PA website Anda adalah dengan membuat konten yang up to date secara rutin. Hal ini tidak hanya bisa menaikkan skor PA saja, tapi juga bisa meningkatkan jumlah pengunjung website Anda.

Bagi beberapa orang yang baru terjun ke dunia blogging, mungkin masih merasa kebingungan mengenai penjelasan dan penerapan apa itu DA PA blog di atas. Mengelola sebuah website memang menjadi pekerjaan yang gampang-gampang sulit. Tapi, sekarang Anda tak perlu banyak khawatir lagi.

Oryza Writer menyediakan layanan jasa tulis artikel untuk website Anda. Artikel yang dibuat tentunya telah melalui beberapa tahap analisis yang dibuat juga untuk membantu menaikkan performa website Anda. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, bisa Anda pesan sekarang juga. 

 

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *