Mengenal Apa itu WooCommerce, Plugin Populer untuk Pebisnis Online Mulai $59

  • oleh
apa itu woocommerce

Anda ingin menjual barang secara online? Atau mau membuka situs toko online sendiri? Jika iya, Anda bisa menggunakan WooCommerce untuk mengatur semua kebutuhan toko online Anda. Simak penjelasan apa itu WooCommerce secara lengkap dalam artikel ini. 

Apa Itu WooCommerce?

apa itu woocommerce

wordpress.org

Apa itu WooCommerce? WooCommerce merupakan sebuah plugin yang terdapat dalam WordPress. Plugin ini digunakan untuk membuat toko online dengan berbagai jenis fitur yang mendukung fungsi toko online Anda. 

Plugin WooCommerce dikembangkan oleh WooThemes, mereka mengembangkan plugin ini secara open-source. Sehingga, orang yang menggunakannya bisa mengubah isinya dengan mudah. Jadi, Anda juga bisa mendesain toko online Anda sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda sendiri.

Apakah WooCommerce gratis? Sebenarnya, plugin dari WooThemes ini bisa Anda gunakan secara gratis. Namun, mereka juga menyediakan beberapa fitur yang hanya bisa Anda gunakan dengan membeli versi berbayarnya. 

Berapa biaya WooCommerce? Anda bisa membayar biaya sebesar $59 per situs atau $149 untuk satu tahun langganan. Dengan membayar biaya ini, Anda bisa meningkatkan situs Anda seperti pemfilteran, pelaporan hingga cara pembayaran.

Bagaimana Cara Menggunakan WooCommerce?

apa itu woocommerce

woocommerce.com

Setelah mengetahui apa itu WooCommerce, Anda juga harus tahu cara menggunakan plugin ini. Penggunaannya tidak terlalu sulit. Namun, Anda perlu memiliki WordPress terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda bisa menginstall plugin ini pada WordPress Anda. Kemudian, Anda bisa menggunakannya dengan menyimak tahapan tutorial WooCommerce berikut ini.

  • Menginstall Plugin

Pemasangan plugin ini cukup mudah, tidak jauh berbeda dengan cara install WordPress. Anda hanya perlu login ke dashboard WordPress Anda. Kemudian, pilih menu Plugin -> Add New, setelah itu cari “WooCommerce” pada kolom pencarian. 

Setelah itu, Anda tinggal memilih WooCommerce dan klik “Install Now” dan “Activate”. Maka, plugin ini telah siap untuk Anda gunakan. 

  • Melakukan Setting WooCommerce

Saat Anda telah menyelesaikan proses install dan aktivasi, Anda tinggal mengatur pengaturan WooCommerce. Gunakanlah Setup Wizard untuk memudahkan Anda mengatur WooCommerce dengan membuka menu WooCommerce -> Help -> Setup Wizard. 

Dalam fitur apa itu WooCommerce, Anda bisa mengatur berbagai hal. Mulai dari alamat toko, jenis bisnis, detail toko hingga jenis produk yang ingin Anda jual.

  • Memasukkan dan Mengelola Produk

Setelah melakukan semua pengaturan yang dibutuhkan, Anda bisa memasukan produk yang ingin Anda jual dan kelola semua produk tersebut agar terlihat rapi dan menarik. 

Isikan semua data produknya masing-masing seperti jenis, stok dan lain-lain. Anda juga bisa mengelola produk sesuai jenisnya atau menghapus produk yang sudah habis dengan menggunakan plugin apa itu WooCommerce ini.

  • Mengelola Pesanan dan Konsumen

Plugin WooCommerce juga menyediakan fitur untuk mengelola pesanan dan konsumen. Setiap ada pesanan baru, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk mengecek dan memproses pesanan tersebut sebelum dikirimkan.

WooCommerce juga memiliki menu konsumen yang bisa memudahkan pekerjaan Anda. Adanya menu konsumen ini dapat memudahkan Anda untuk mendata data konsumen. Sehingga, Anda memiliki database konsumen yang bisa Anda kirimkan promosi atau diskon di kemudian hari.  

  • Mengelola Laporan

Setelah mengetahui apa itu WooCommerce, Anda tidak perlu repot untuk instalasi plugin lainnya untuk membuat laporan penjualan online Anda. Karena, WooCommerce telah menyediakan fitur ini dalam pluginnya. 

WooCommerce telah menyediakan tiga jenis laporan yaitu laporan konsumen, laporan pesanan dan laporan stok barang. Untuk mengaksesnya Anda hanya perlu ke menu WooCommerce -> Reports. Setelah itu, Anda bisa melihat semua laporan yang Anda butuhkan dengan plugin ini.

  • Memeriksa Status Toko Online

Plugin dari WooThemes ini juga telah dilengkapi fitur yang cukup penting, yaitu fitur untuk mengetahui status dari toko online. Baik itu dari sistemnya, servernya maupun databasenya. 

Apa itu WooCommerce? Anda bisa melihat status toko online dengan mengunjungi menu WooCommerce -> Status. Jadi, Anda bisa melihat semua laporan yg ela disediakan oleh plugin keluaran WooThemes ini

6 Kelebihan WooCommerce

apa itu woocommerce

wordpress.org

Belanja online memang sudah menjadi gaya baru penduduk Indonesia. Menurut data dari Kominfo, per tahun 2020 pengguna internet di Indonesia telah mencapai 82 juta orang. Sehingga tidak aneh jika belanja online telah menjadi kebiasaan baru yang disukai oleh banyak orang. 

Maka daripada itu, kehadiran plugin WooCommerce sangat disukai oleh banyak pemilik bisnis online. Karena, kemudahan dan kelebihan WooCommerce yang membuat transaksi online lebih mudah. Setelah mengetahui apa itu WooCommerce, berikut ini enam kelebihan yang dimiliki oleh WooCommerce.

  • Bisa Digunakan Secara Gratis

Plugin ini tersedia secara gratis. Anda bisa menggunakannya hanya dengan mengunduh, menginstalasi dan mengaktivasinya pada WordPress Anda. Kemudian Anda bisa menggunakan semua fitur gratis yang telah disediakan.

  • Fitur Analytic dan Laporan yang Lengkap

WooCommerce juga telah memiliki fitur analytic dan laporan yang lengkap. Keberadaan dua fitur ini akan mempermudah Anda dalam mengelola toko online. 

Dengan fitur analytic, Anda bisa melihat interaksi, produk populer hingga konsumen mana saja yang bisa Anda jadikan target pasar. Fitur laporan juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan produk Anda dengan mengetahui kebutuhan dari konsumen.

  • Memiliki Keamanan yang Tinggi

Setelah mengetahui apa itu WooCommerce, Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan WooCommerce. Karena, WooCommerce mengerti bahwa keamanan adalah hal yang penting dalam proses jual beli online, terutama transaksi yang menggunakan website.

WooCommerce telah melalui audit oleh Sucuri, otoritas keamanan website global yang telah diakui dunia. Sehingga, semua persoalan transaksi dan keamanan pada script yang dimiliki WooCommerce telah aman. 

  • Memiliki Komunitas yang Banyak

WooCommerce yang terintegrasi dengan WordPress membuatnya memiliki banyak komunitas. Walaupun WooCommerce sendiri tidak memiliki layanan pelanggan, Anda bisa bertanya tentang penggunaan WooCommerce pada forum WordPress yang terkenal besar dan tersebar di seluruh dunia. 

  • Mudah Digunakan

Plugin yang berasal dari WooThemes ini memang dirancang untuk mudah digunakan oleh siapa saja yang menggunakannya. Bahkan, jika Anda orang yang awam dengan dunia toko online.

Karena, WooThemes telah memberikan panduan yang mudah dimengerti oleh siapa saja.  Selain itu, WooCommerce telah melalui proses desain yang membuatnya dapat Anda akses dari berbagai jenis perangkat, baik itu smartphone maupun desktop. 

WooThemes merancang WooCommerce untuk tampil baik dalam semua jenis perangkat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir tampilan toko online Anda akan berubah-ubah menjadi tidak baik pada perangkat yang berbeda. 

  • Kustomisasi Mudah

Plugin yang satu ini juga bersifat open source, sehingga, Anda bisa mengutak-atik WooCommerce sesuai dengan kebutuhan dan keperluan toko online Anda.

Jika kebanyakan plugin versi gratisnya hanya menyediakan fitur standar, maka WooCommerce berbeda. Karena, pada versi gratis WooCommerce Anda sudah bisa menikmati banyak fitur yang bagus dan menarik untuk toko online Anda. 

Setelah mengetahui apa itu WooCommerce dan bagaimana cara menggunakannya, Anda sudah bisa membuat toko online sendiri dengan menggunakan WordPress beserta plugin ini. 

Anda juga bisa menggunakan jasa Oryza writer, untuk membuat copywriting yang powerful sebagai bentuk promosi produk yang Anda miliki pada situs toko online.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *