Beasiswa S2 Dalam Negeri Paling Recommended

  • oleh
beasiswa s2 dalam negeri

Saat ini, ada banyak sekali badan yang menyediakan beasiswa S2 dalam negeri untuk para mahasiswa yang sudah selesai menempuh pendidikan S1 mereka. Berbagai jenis beasiswa yang tersedia ini tentunya memiliki karakteristik dan kriteria tersendiri yang bisa Anda pilih.

Pertanyaan-pertanyaan Seputar Beasiswa S2

Karena saking banyaknya beasiswa yang tersedia, terutama untuk tahun ajaran 2021-2022, Anda mungkin kebingungan dan memiliki banyak sekali pertanyaan mengenai beasiswa-beasiswa ini. 

Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui informasi yang komprehensif mengenai program-program beasiswa. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menentukan beasiswa mana yang ingin Anda ikuti dan bagaimana cara mendaftarkan diri Anda.

Berikut ini adalah rangkuman pertanyaan sekaligus jawaban yang bisa Anda baca untuk menambah pengetahuan Anda mengenai beasiswa S2 Dalam Negeri:

  • Apakah Ada Beasiswa untuk S2?

Jawabannya tentu saja ada. Sekarang ini pemerintah dan juga berbagai badan swasta telah menyediakan berbagai program beasiswa yang tersedia untuk Anda yang sudah lulus pendidikan S1.

Di era ini, mencari beasiswa untuk pendidikan S2 merupakan hal yang cukup mudah. Ada banyak program yang tersedia. Bahkan di beberapa program beasiswa, Anda bisa mengikuti 2 program beasiswa sekaligus.

Hal ini tentunya akan sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan, terutama bantuan biaya untuk menunjang pendidikan S2 Anda. 

Syarat yang biasanya diberikan oleh penyedia beasiswa juga tidak muluk-muluk, Anda hanya tinggal mencari beasiswa mana yang syaratnya bisa Anda penuhi.

  • Apa Saja Beasiswa S2 Dalam Negeri?

Sebenarnya ada banyak sekali jenis beasiswa s2 dalam negeri yang bisa Anda pilih. Setiap jenis program beasiswa yang tersedia di dalam negeri biasanya memiliki spesialisasi tertentu yang membedakannya dengan program beasiswa lainnya.

Beasiswa-beasiswa ini ada yang merupakan beasiswa full dan juga beasiswa separuh. Beasiswa full adalah beasiswa yang menanggung semua biaya pendidikan S2 Anda. 

Sedangkan sesuai dengan namanya, beasiswa separuh adalah beasiswa yang hanya menanggung sebagian biaya pendidikan S2 Anda. Anda bisa memilih sendiri mana program beasiswa yang cocok dengan kriteria dan juga kebutuhan Anda.

Beberapa contoh beasiswa S2 dalam negeri yang biasanya menjadi incaran banyak orang adalah beasiswa LPDP, beasiswa GSEP, beasiswa Unggulan, beasiswa UGM, dan masih banyak lainnya.

  • Daftar S2 Kapan?

Mendaftarkan diri untuk program studi S2 merupakan suatu hal yang perlu Anda siapkan dengan baik. Untuk mendaftarkan diri Anda ke S2, ada banyak sekali persiapan dan hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan dan tidak bisa dianggap sepele.

Anda dapat mendaftarkan diri Anda ke program S2 saat Anda telah menyelesaikan program studi S1 Anda. Namun di beberapa kampus, Anda dapat mendaftarkan diri Anda bahkan sebelum program S1 Anda selesai.

Hal yang terpenting, Anda harus mendaftarkan diri Anda untuk program S2 setelah Anda benar-benar yakin untuk melanjutkan program studi Anda. Biasanya pendaftaran untuk S2 dibuka bersamaan dengan program studi lainnya seperti S1.

Pendaftaran dibuka sekitar bulan Mei awal tahun ajaran itu. Contohnya jika Anda ingin mendaftar untuk menempuh pendidikan S2 tahun ajaran 2021-2022, maka Anda sudah dapat mendaftarkan diri Anda di bulan Mei 2021.

Anda juga bisa senantiasa memantau informasi mengenai jadwal pendaftaran di kampus yang ingin Anda tuju. Pastikan untuk selalu mengupdate berita terbaru mengenai pendaftaran agar Anda tidak ketinggalan informasi atau terlambat mendaftarkan diri Anda.

Beasiswa S2 Dalam Negeri yang Paling Direkomendasikan untuk Anda

Anda masih kebingungan ingin memilih program beasiswa yang mana? Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai jenis beasiswa dalam negeri yang bisa menjadi pertimbangan Anda:

  • Beasiswa LPDP

beasiswa s2 dalam negeri

Beasiswa LPDP adalah sebuah program beasiswa yang disediakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Beasiswa LPDP termasuk beasiswa fully funded, yang artinya semua biaya pendidikan akan ditanggung oleh program beasiswa ini.

Tak hanya itu saja, selain biaya pendidikan, beasiswa LPDP juga akan menanggung biaya hidup dan juga biaya-biaya penting lainnya. Beasiswa ini juga bisa diakses oleh mahasiswa yang telah menerima program bidikmisi.

Selain dapat diakses untuk mahasiswa yang sudah terdaftar di bidikmisi, beasiswa LPDP juga menyediakan jalur khusus untuk PNS.

Tak sembarangan orang dapat masuk program beasiswa ini. Ada banyak sekali persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum Anda dapat terdaftar di program beasiswa s2 dalam negeri LPDP. Salah satu syarat utamanya adalah Anda harus berprestasi.

Anda harus menunjukkan bukti bahwa Anda memiliki kemampuan akademik yang unggul agar dapat menerima program beasiswa prestise yang satu ini. Setiap tahunnya, ada ribuan orang yang bersaing untuk mendapatkan program beasiswa LPDP.

Anda mungkin bertanya, LPDP 2021 S2 kapan? Pendaftaran beasiswa LPDP dibagi menjadi 2, yaitu beasiswa umum dan juga beasiswa afirmasi. 

Untuk beasiswa umum sendiri, pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 4 Mei 2021. Sedangkan untuk beasiswa afirmasi, pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 8 Mei 2021.

  • Beasiswa Dexa Award

beasiswa s2 dalam negeri

Hampir semua beasiswa S2 yang tersedia mewajibkan Anda untuk memiliki skor TOEFL yang tinggi. Tenang saja, jika Anda sedang mencari beasiswa s2 dalam negeri yang tanpa TOEFL, program beasiswa Dexa Award mungkin bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Syarat-syarat yang diajukan oleh Dexa Award juga tidak sulit untuk dipenuhi. Anda harus mengajukan sebuah proposal yang terkait dengan dunia kesehatan. Selain itu, Anda juga harus terdaftar di sebuah universitas yang terakreditasi A untuk dapat mengikuti program beasiswa.

Nantinya Dexa Group yang merupakan penyedia dari program beasiswa ini akan menyaring semua peserta hingga tersisa 3 kandidat utama yang akan mendapatkan bantuan beasiswa.

  • Beasiswa S2 Kominfo

beasiswa s2 dalam negeri

Kementerian Komunikasi dan juga Informatika telah merealisasikan sebuah program beasiswa yang ditujukan untuk karyawan

Beasiswa ini nantinya akan membantu para karyawan, baik swasta maupun negeri, untuk melanjutkan studi S2 di dalam negeri. Sekarang ini Anda bisa melanjutkan studi S2 Anda sambil bekerja.

Beasiswa S2 dalam negeri dari Kominfo ini akan mengadakan kerja sama dengan berbagai universitas negeri yang ternama. Beberapa universitas tersebut antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Andalas, Institut Teknologi Bandung, UNS, USU, dan masih banyak lainnya.

Namun beasiswa ini kebanyakan hanya mencakup jurusan ilmu komunikasi dan juga manajemen keamanan jaringan komunikasi saja. Hal ini dikarenakan tujuan Kominfo yang ingin mencetak lebih banyak masyarakat yang memiliki keahlian dalam bidang CIO dan juga humas.

Pendaftarannya sendiri tidak dipungut biaya sama sekali. Syarat-syarat yang diajukan oleh Kominfo juga tidak muluk-muluk. Yang terpenting, Anda tidak boleh berusia lebih dari 33 tahun saat Anda mendaftarkan diri untuk program beasiswa s2 dalam negeri ini.

Banyaknya beasiswa S2 dalam negeri yang tersedia telah membantu banyak lulusan S1 yang ingin menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Program beasiswa ini tentunya meringankan beban mahasiswa terutama dalam bidang biaya pendidikan.

Ingin tahu informasi seru dan edukatif lainnya, silakan kunjungi oryzawriter.com lebih lanjut.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *