Biografi Dico Ganinduto, Suami Chacha Frederica yang Menjabat Bupati Kendal 2021

biografi dico ganinduto

Pemilihan kepala daerah atau Pilkada memang telah usai dilakukan pada tanggal 9 Desember 2020. Beberapa daerah melakukan pemilihan secara serentak, termasuk Kabupaten Kendal. Salah satu calonnya adalah Dico Ganinduto. Kini, beliau telah resmi dilantik menjadi Bupati Kendal karena telah mendapatkan suara terbanyak. Lalu seperti apakah biografi Dico Ganinduto selengkapnya?

Biografi Dico Ganinduto

Mungkin Anda hanya mengenal beliau sebagai suami dari artis cantik Chacha Frederica tanpa mengetahui latar belakang maupun biodata Dico M Ganinduto. Dico Mahtado Ganinduto atau kerap dipanggil Dico merupakan pria kelahiran Jakarta 19 Februari 1990.

Riwayat pendidikan yang beliau tempuh dimulai dari sekolah dasar Al-Azhar yang berada di Kemang Jakarta yang bisa diselesaikan tepat pada tahun 2002. Kemudian dilanjutkan ke tingkat SMP Global Jaya Bintaro yang mampu diselesaikan tahun 2005.

Setelah selesai, beliau melanjutkan pendidikan di luar negeri. Lebih tepatnya di SMA Pendleton School, Florida USA. Pada tahun 2008 beliau telah menyelesaikan sekolah menengah atas. Dunia pendidikan yang beliau jalankan tidak hanya sampai pada tahap tersebut saja.

Setelah lulus, beliau melanjutkan ke perguruan tinggi di University of Tulsa, Petroleum Engineering, Tulsa, Oklahoma. Beliau tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa lulus. Buktinya, beliau dapat menyelesaikannya pada tahun 2012.

biografi dico ganinduto

Jiwa memimpin ternyata sudah beliau miliki sejak lama. Hal ini terbukti dari beberapa kegiatan organisasi yang beliau ikuti. Seperti ketika beliau menjabat sebagai Wakil Presiden Perminas pada tahun 2011. Perminas merupakan sebuah organisasi persatuan mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat.

Tidak membutuhkan waktu lama untuk membuktikannya bahwa beliau bisa menjadi pemimpin dalam organisasi tersebut dengan baik. Tepat pada tahun 2012 beliau sudah bisa menyabet posisi sebagai ketua organisasi Perminas atau Persatuan Mahasiswa Indonesia Amerika Serikat.

Karir Dico Ganinduto

Perjalanan hidup yang beliau tempuh tak hanya berakhir pada masa pendidikan saja. Sebagai seorang pemuda yang baru menginjak usia 30 tahun pada tahun ini, bisa dibilang perjalanan karir yang dimilikinya terbilang cukup cemerlang dan membanggakan.

1. Bisnis Pertambangan

Kesuksesan itu dapat beliau buktikan ketika memulai sebuah usaha di bidang pertambangan. Usaha tersebut beliau mulai setelah menyelesaikan program perguruan tinggi. Jika dilihat dari usianya saat ini, bisa dibilang beliau merupakan salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia.

2. Karir Politik

Tak hanya berhenti di bidang usaha yang belau jalankan saja. Pasalnya beliau juga sudah mulai berkecimpung di dunia politik. Pemilu tahun 2019 merupakan gerbang awal dunia politik yang beliau lakukan setelah menjadi seorang pengusaha.

Pada saat itu belau maju sebagai Anggota legislatif dari Partai Golkar. Dimana beliau menjadi Dapil yang dipilih oleh masyarakat jawa tengah. Dapil 1 yang beliau miliki meliputi Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal.

Tak hanya sampai pada tahap tersebut saja, ketika beliau bisa menjadi anggota legislatif ternyata karir politiknya bisa menanjak dan berkembang menjadi lebih baik lagi. Bisa dibuktikan dari sikap aktif dalam menjadi salah satu bagian dari PP AMPG atau Angkatan Muda Partai Golkar.

3. Pelopor Gema Golkar

Saat menjadi bagian dari PP AMPG, beliau juga menjadi salah satu pelopor terbentuknya Gema Golkar. Posisi yang beliau diduduki tidak bisa dianggap remeh, beliau menjadi ketua Gema Golkar. Hal ini merupakan suatu kebanggaan dalam kiprahnya di dunia politik.

Ternyata dengan menjadikan Dico menjadi seorang ketua bukanlah keputusan yang salah. Hal ini ditunjukkan dari sepak terjang Gema Golkar itu sendiri. Gema Golkar memiliki banyak program yang fokusnya lebih ke pergerakan millenial.

Hal ini tentu bisa menjadi sebuah pendekatan yang ramah terhadap anak muda. Pasalnya, anak muda merupakan salah satu ujung tombak dari keberhasilan suatu bangsa. Namun masalahnya, tak jarang mereka lebih cuek dalam bidang politik, itulah mengapa Gema Golkar hadir.


Hadirnya Gema Golkar yang dipimpin oleh Dico Ganinduto yang menggunakan pendekatan milenial, ternyata sangat cocok sekali untuk kaum muda. Bahkan ditahun yang sama beliau juga sudah bisa menempati posisi lain yaitu sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar periode 2019-2024.

Setelah menduduki Anggota legislatif, ketua dari Gema Golkar dan menjadi wakil sekretaris tak membuatnya berhenti begitu saja. Pada tahun 2020 ini beliau berani menjadi salah satu calon kandidat Bupati Kendal.

Beliau didampingi oleh H Basuki yang merupakan perwakilan dari Kader Demokrat. Pasangan tersebut biasa dipanggil dengan (DIBAS). Sedangkan partai yang mengusung pasangan Dico Basuki adalah Golkar, Demokrat, PKS, PAN & Perindo.

Hasil Perhitungan Suara Pemilihan Bupati Kendal

Kendal merupakan suatu kabupaten di Jawa Tengah. Dimana di tahun 2020 ini kabupaten tersebut ikut  serta dalam melakukan pemilihan kepala daerah atau pemilihan bupati. Pemilihan tersebut memang serentak dilakukan pada tanggal 9 Desember 2020.

biografi dico ganinduto

Pada saat proses rekapitulasi suara Pilkada tahun 2020 ini, Kabupaten Kendal memiliki persentase jumlah pemilih hingga 87 % dari 115 TPS. Data tersebut dihasilkan dari halaman resmi Sirekap KPU pada tanggal 10 Desember 2020 lalu.

Kabupaten Kendal memiliki 3 calon pasangan sebagai kandidat yang bisa dipilih oleh masyarakat kabupaten tersebut. Ketiga kandidat tersebut adalah Dico-Basuki dengan nomor paslon 1, untuk nomor paslon 2 ada pasangan Ali-Yekti, sedangkan untuk paslon nomor 3 ada Tino-Mustamsikin.

Hasil dari KPU Kendal memberikan angka persentase sebesar 54,1 % pemilih suara untuk pasangan Dico-Basuki. Adapun partai pengusung dari pasangan tersebut adalah Golkar, Demokrat, PKS, PAN & Perindo. Kini, Dico-Basuki telah resmi dilantik menjadi Bupati dan siap untuk bertugas.

Hasil perhitungan pada posisi yang kedua diduduki oleh pasangan Ali Nurudin dan Yekti Handayani dengan perolehan angka sebesar 34,5 %. Pasangan ini diusung oleh partai PKB, nasdem, Gerindra.

Sedangkan untuk posisi ketiga diduduki oleh Tino Indra Wardono dan Mukh Mustamsikin dengan perolehan angka sebesar 11,3 %. Dimana untuk pasangan ini memiliki partai pengusung PDIP dan PPP.

Kini, masyarakat Kendal tengah bahagia menyambut Bupati baru mereka. Bahkan, Dico justru lebih terkenal dengan sebutan Dico Ganinduto Kendal. Semua tentu berharap, Dico-Basuki bisa bekerja secara jujur dan amanah dalam membangun Kabupaten Kendal.

 

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *