Biografi dr Richard Lee, Sang Pahlawan Wanita Indonesia

biografi dr richard lee

Richard Lee adalah seorang dokter, youtuber, dan influencer yang banyak membahas permasalahan terkait dengan produk kecantikan abal-abal. Produk abal-abal tersebut memang sudah banyak ditemukan di pasaran sejak lama. Namun rasanya, baru dr. Richard Lee yang berani speak up dengan “lantang” tentang masalah ini. Lalu, bagaimana sih biografi dr Richard Lee?

Biodata dr. Richard Lee

Salah satu cerita menarik yang masuk ke dalam biografi dr Richard Lee adalah perjalanan kehidupan dari seorang anak biasa hingga berhasil meraih berbagai kesuksesan sampai saat ini. Pria kelahiran Medan, tepatnya pada tanggal 11 Oktober 1985 ini ternyata tumbuh besar di kota Palembang.

Bisa dibilang, dokter kecantikan ini memiliki latar belakang keluarga kurang mampu. Awalnya, beliau dan keluarganya hanya tinggal satu lantai di dalam rumah susun. Rumah susun tersebut memang biasa dihuni oleh keluarga yang notabene kurang mampu dalam masalah ekonomi.

Tak hanya itu, ketika beliau mulai menempuh jalur pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, beliau terpaksa memberanikan diri untuk menemui seorang pastor paroki untuk meminta kompensasi atau berkurangnya biaya sekolah yang harus dibayarkan.

Hal ini dikarenakan latar belakang keluarganya yang kurang mampu sehingga mempengaruhi proses pembayaran biaya sekolah. Namun, terlepas dari hal tersebut, dokter kecantikan ini mendapatkan motivasi hingga memiliki berbagai kesuksesan hingga saat ini.

Prestasi dr. Richard Lee

Ada hal lain yang sangat menarik untuk diketahui dari biografi dr Richard Lee. Jika dilihat dari segi prestasi, ternyata dokter kecantikan ini awalnya hanya murid biasa. Bahkan beliau juga pernah mendapatkan peringkat ke-28 dari total siswa 32 orang.

Meskipun begitu, ternyata dr. Richard Lee mampu membalikkan keadaan dan membuktikan bahwa dirinya memiliki otak yang cerdas. Jika dilihat dari catatan biografi dr Richard Lee, ternyata sejak duduk di bangku SMA Xaverius 1, beliau pernah tercatat sebagai salah satu siswa berprestasi.

Prestasi yang beliau miliki dapat mengantarkannya mengikuti berbagai kompetisi bergengsi seperti olimpiade matematika tingkat nasional untuk menjadi wakil kota Palembang.

Memilih Meniti Karir Menjadi Seorang Dokter

Salah satu hal yang membanggakan dari catatan biografi dr Richard Lee adalah kemampuannya untuk menjadi seorang dokter. Namun, untuk bisa mencapai gelar dokter, diperlukan perjuangan yang cukup berat.

Pasalnya, beliau tak mendapatkan restu dari ayahnya untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan kedokteran. Alasannya? Ya, apalagi kalau bukan terkait masalah ekonomi.


Jika dilihat dari latar belakang keluarganya, hal tersebut sangat wajar dirasakan oleh kedua orang tuanya. Meskipun begitu, akhirnya beliau berhasil menjadi salah satu mahasiswa kedokteran Universitas Sriwijaya menggunakan jalur SPMB kala itu.

Karir yang Mulai Memuncak

Meskipun lewat jalur SPMB, beliau dapat menyelesaikan program studi tersebut dengan baik. Tentunya beliau berhasil mendapatkan gelar kedokteran. Namun, menurut catatan biografi dr Richard Lee, ternyata awal karir yang dimiliki olehnya dimulai dari bekerja di anak perusahaan Sinarmas Group.

Kala itu, perusahan tersebut berada di kota Palembang. Perjalanan kariernya tak hanya berhenti sampai disitu saja. Beliau masih harus berjuang untuk bisa mendapatkan berbagai pencapaian terbaiknya.

Salah satu pencapaian yang dapat belau raih adalah ketika menjadi seorang direktur utama di bidang kesehatan pada perusahaan yang sama. Dengan adanya pencapaian tersebut, beliau mampu membantu perekonomian keluarga menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Dengan posisi yang berhasil beliau capai, beliau dapat menghasilkan beberapa aset masa depan. Dimulai dari membeli sebuah rumah, kendaraan pribadi, hingga mulai membuat sebuah usaha klinik kecantikan dengan nama Athena.

Beliau benar-benar memulai usaha tersebut dari nol hingga berproses menjadi lebih besar. Hal ini ditunjukkan dari hanya memiliki satu buah klinik kecantikan hingga sampai saat ini berkembang menjadi lima buah klinik yang tersebar secara luas di beberapa kota besar di Indonesia.

Tak hanya itu saja, klinik kecantikan yang beliau bangun sudah menjadi langganan tetap artis ternama Indonesia. Hal tersebut juga menjadi salah satu catatan kebanggaan di dalam biografi dr Richard Lee.

Menjadi Youtuber

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dr. Richard Lee juga aktif dalam channel Youtubenya. Sampai saat ini, akun Youtubenya sudah memiliki jumlah subscribe sebanyak 1,6 juta lebih. Dengan total subscribe yang beliau miliki, maka dapat diasumsikan jika jumlah pemasukan setiap bulannya mencapai Rp 118 juta.

Topik yang beliau angkat lebih ke edukasi tentang produk kecantikan bermutu rendah yang dijual secara massal di pasaran. Bahkan, tak jarang konten yang beliau buat banyak dijadikan sebuah rujukan oleh sebagian orang.

Kedepannya, dr. Richard Lee berharap jika wanita Indonesia harus lebih berhati-hati ketika menggunakan produk kecantikan yang ramai dijual di pasaran. Mereka harus mengecek kandungan produk tersebut. Dokter Richard juga mengajak audiensnya untuk selalu mengecek nomor BPOM pada setiap produk.

Meskipun memiliki catatan biografi dr Richard Lee yang begitu menakjubkan, baru-baru ini beliau menjadi sorotan karena kasus perseteruan yang menimpanya. Kasus tersebut membawa nama artis tanah air dan juga brand kosmetik. Kasus-kasus tersebut kini sedang diproses hukum.

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *