6 Buku Paling Berpengaruh Di Dunia yang Sukses Menggegerkan Umat Manusia

buku paling berpengaruh di dunia

Buku paling berpengaruh di dunia. — Sebuah mahakarya yang ditulis dan dicetak menjadi lembaran-lembaran dan dijilid menjadi satu kesatuan, mungkin itu adalah definisi formal sebuah buku. Namun, akankah ia dianggap bermakna dan berarti bagi kehidupan, jika ia tak dapat memberi pengaruh pada kehidupan?

Layaknya seorang sahabat, keberadaannya dapat mempengaruhi watak dan karakter seseorang. Begitu pun dengan buku, ia memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan seseorang, hal ini disebabkan karena buku mampu mempengaruhi pola pikir dan emosi dalam diri seseorang.

Maka tidak salah jika pepatah mengatakan, “Cerminan seseorang dapat dilihat dari buku apa yang ia baca,” buku dianggap berhasil tatkala ia dapat menggugah minat pembaca dalam memahami isi dari buku tersebut.

Munculnya para tokoh dan ilmuan dunia tentunya tidak lepas dari buku apa yang mereka baca, hingga menjadikan mereka mempunyai pengaruh besar bagi dunia. Jika ada tokoh berpengaruh di dunia, tentunya ada pula buku paling berpengaruh di dunia, yang menggugah khalayak dan memberi sumbangsih besar pada kelangsungan umat manusia.

Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi dan informatika, dengan mudah Anda dapat menjumpai buku ada dimana-mana, dan dengan mudah pula Anda dapat mengaksesnya. Maka tidak heran jika muncul banyak buku paling berpengaruh di dunia.

Deretan Judul Buku Paling Berpengaruh di Dunia dalam Bidang Politik dan Pemerintahan

1.    The Republik

Buku yang masuk dalam deretan buku klasik ini ditulis sekitar 380 SM oleh Plato. Meskipun terbilang buku yang sangat kuno. Namun, buku ini merupakan salah satu karya yang sangat berpengaruh. Pasalnya banyak dari konsep intelektual dalam buku ini yang masih dibahas hingga saat ini.

Dalam bukunya Plato memaparkan tentang analisis yang ia lakukan dalam mengamati keadilan pada manusia dan politik. Selain itu, Plato juga membahas tentang apa saja peran filsuf dalam kehidupan masyarakat.

Beberapa teks dalam buku ini merupakan dokumen sejarah yang penting, karena memberikan snapshot sejarawan Yunani pada saat penulisan. Maka tidak mengherankan jika buku ini masuk dalam deretan buku paling berpengaruh di dunia.

2.    Rights of Man

Buku paling berpengaruh di dunia yang satu ini ditulis oleh Thomas Paine, sebagai pembelaan atas revolusi Prancis. Pada buku ini, Paine memaparkan akan hak-hak manusia dalam berpendapat, dimana semua orang mempunyai hak yang sama dalam berbicara.

Dalam salah satu kutipan bukunya Paine menulis bahwa revolusi politik tidak dapat diterima, dan tidak diizinkan tatkala pemerintah gagal dalam mengemban amanahnya saat melakukan tugasnya, dan salah satu tugasnya yaitu melindungi hak-hak alami warganya.

Buku ini diedarkan secara luas pada tahun 1791, dan menentang semua institusi sosial yang akan merugikan rakyat, termasuk institusi aristokrasi dan monarki, serta tidak menguntungkan bangsa secara keseluruhan.

Deretan Buku Paling Berpengaruh di Dunia dalam Bidang SAINS

1.    The Selfish Gene

Buku ini merupakan karya dari Richard Dawkins, salah satu buku yang menjadi terobosan revolusioner dalam ilmu Biologi, dan lebih spesifik pada lingkup genetika dan gen.

Tidak heran jika buku ini masuk dalam deretan buku paling berpengaruh di dunia, khususnya dalam bidang SAINS. Dalam bukunya, Dawkins menjelaskan tentang fenomena sosial dalam ekosistem sebagai individu dan organisme jika dilihat dari sudut pandang gen yang ada dalam tubuh manusia.

Salah satu topik yang diangkat yakni “mengapa manusia cenderung lebih peduli pada seseorang yang memiliki gen yang sama?”. Selain itu, ada beberapa topik penting lainnya yang dibahas secara tuntas.

Pernahkah Anda membayangkan, mengapa manusia memilih untuk berkeluarga? Mengapa manusia dapat peduli pada sesama, dan mengapa interaksi pada manusia dapat sedinamis ini? Hingga bagaimana manusia dapat bertahan untuk melangsungkan hidupnya sampai saat ini?

Itulah inti dari buku ini, yang menjelaskan bagaimana dan mengapa human species dapat survive dalam 200 ribu tahun terakhir ini. Buku ini juga membahas, bahwa manusia dapat melewati semua tantangan dan seleksi alam, serta dapat membentuk peradaban sekompleks ini. Semua ini terbingkai dalam konsep evolusi dan genetika.

2.    Cosmos

Buku paling berpengaruh di dunia berikutnya yakni sebuah karya dari seorang astrophysicist legendaris Carl Sagan. Sagan adalah salah satu orang yang paling berpengaruh dalam mempopulerkan SAINS di era modern saat ini. Dalam bukunya, Sagan mencoba mendesain SAINS agar terlihat keren dan menakjubkan untuk dipelajari.

Buku ini mengupas secara rinci tentang segala hal yang berkaitan dengan SAINS. Mulai dari peran para filsuf Yunani kuno dalam menguak tanda-tanda alam, sampai pada usaha para ilmuwan yang berjuang di Era Dark Age hingga Age of Enlightenment.

Buku yang masuk dalam kategori buku paling berpengaruh di dunia ini juga bercerita tentang bagaimana para ilmuwan mengungkap tabir misteri alam semesta, saat dunia sedang disibukkan dengan Perang Dunia II.

Hingga kini pun para ilmuwan masih terus mencoba dan memahami tentang bagaimana alam ini bekerja dengan teleskop Hubble, Hadron Collider, sampai pada peluncuran Voyager-1 yang menjadi satu-satunya objek terjauh yang melewati batas orbit tata surya.

Selain itu, buku ini membuka alam pikiran Anda, dari sudut pandang SAINS yang katanya penuh dengan rumus yang rumit, ternyata SAINS juga sangat keren dan menakjubkan. Maka tidak heran jika banyak ditemui para scientist yang akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang ilmuwan.

Deretan Buku Paling Berpengaruh di Dunia dalam Bidang Sastra

1.    Bumi Manusia

Buku ini Merupakan karya monumental yang ditulis oleh anak bangsa, yang bernama Pramoedya Ananta Toer. Meskipun tergolong dalam sastra klasik Indonesia, ternyata buku ini masih populer di kalangan para intelektual.

Buku ini menceritakan tentang pertentangan batin yang dialami oleh intelektual muda Indonesia di era pra-kemerdekaan. Dimana mereka berjuang dalam pendidikan, mendobrak pendidikan kaum muda Indonesia, serta merubah paradigma.

Sehingga pendidikan dapat merubah derajat manusia dan juga nasib bangsa Indonesia. Buku ini dianggap sebagai salah satu karya terbesar yang dimiliki Indonesia.

Pasalnya Pram adalah salah satu sastrawan terbesar Indonesia, namun siapa yang tahu kalau ternyata Pram menghabiskan hampir setengah hidupnya di penjara. Ia pernah masuk dalam tahanan colonial, tahanan politik, tahanan rumah, dan tahanan kota.

Jika ditotal Pram berada dalam penjara kurang lebih selama kurun waktu 37 tahun. Dan naskah buku ini ditulis oleh Pram saat berada dalam pengasingan di pulau Buru.

Namun di dunia Internasional, Pram dikenal sebagai salah satu sastrawan terbesar dunia, pasalnya Pram telah berkali-kali mendapatkan penghargaan tingkat Internasional.

Wajar saja, jika buku ini masuk dalam kategori buku paling berpengaruh di dunia. Pram juga menjadi satu-satunya pribumi Indonesia yang beberapa kali masuk nominasi penghargaan Nobel Prize for Literature.

2.    Harry Potter and The Philosopher’s Stone

Siapa yang tidak kenal dengan buku ini? Buku yang cukup populer ini ditulis oleh J.K. Rowling. Buku ini sukses meluncur di belahan negeri dan membuat semua kalangan muda membacanya.

Selain memiliki pengaruh besar di kalangan muda, buku ini juga masuk dalam kategori buku populer yang terjual hingga 450 juta eksemplar. Novel ini mengisahkan tentang seorang penyihir muda, Harry Potter.

Bersama dengan sahabat-sahabatnya, ia berupaya untuk mengalahkan penyihir hitam yang ingin menguasai dunia, dan berambisi untuk menjadi makhluk abadi.

Rowling memadukan banyak genre dalam penulisan novelnya, hingga alur ceritanya dapat mengalir dengan sendirinya. Mulai dari fantasi, misteri, petualangan, roman, cerita seru, dan lain-lain.

Kesuksesan Rowling dalam novel Harry Potter menjadikannya sebagai penulis terkaya dalam sejarah kesusastraan.

Buku manakah yang sudah Anda baca? Jika Anda merasa berat membaca buku dengan jumlah halaman yang tebal, maka Anda bisa membaca bacaan lainnya. Misalnya, artikel atau ebook yang jumlah halamannya lebih sedikit dan bisa dibaca secara fleksibel melalui smartphone.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *