Cara Investasi Cryptocurrency Beserta 2 Rekomendasi Aplikasinya

  • by
cara investasi cryptocurrency

Beberapa tahun belakangan, istilah cryptocurrency memang tengah populer di berbagai kalangan, termasuk anak muda. Maka tak heran, banyak yang mencari tahu tentang cara investasi cryptocurrency agar meraih keuntungan sebesar-besarnya. 

Jika Anda merupakan salah satu orang yang tertarik mengetahui lebih dalam tentang investasi ini, maka Anda sedang berada pada halaman artikel yang tepat. Namun, sebelum mengetahui cara investasinya, ada baiknya Anda menyimak penjelasan tentang apa itu cryptocurrency dan bagaimana cara investasi cryptocurrency.

Pengertian Cryptocurrency

cara investasi cryptocurrency

Seperti namanya, cryptocurrency berasal dari gabungan kata cryptography dan currency. Cryptography adalah teknik pengamanan data secara digital, sedangkan currency adalah mata uang. Jika disimpulkan, cryptocurrency adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi. 

Lalu, apa sih beda cryptocurrency dengan mata uang tradisional? Cryptocurrency tidak diatur oleh lembaga maupun pemerintah sehingga terbebas dari permasalahan ekonomi, krisis moneter, dll. Sedangkan mata uang tradisional dinaungi oleh pihak ketiga seperti bank. 

Hal yang membuat cara investasi cryptocurrency kian populer adalah tren crypto investment yang mengizinkan Anda untuk berinvestasi untuk meraih keuntungan. Hal ini karena cryptocurrency yang Anda investasikan dapat dijual, dibeli, maupun disimpan.

Apa Itu Bitcoin?

cara investasi cryptocurrency

Selain istilah cryptocurrency, mungkin Anda sering mendengar istilah bitcoin. Sebenarnya Anda tidak perlu bingung dengan kedua hal tersebut. Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency yang paling populer di berbagai Negara, termasuk Indonesia

Selain harganya yang bisa meroket naik, cara investasi cryptocurrency dengan bitcoin disenangi karena relatif lebih mudah digunakan terutama bagi pengguna bitcoin pemula

Panduan Investasi Bitcoin Bagi Pemula

Untuk cara investasi cryptocurrency bitcoin dan mendapatkan keuntungan yang fantastis, tentu membutuhkan kerja keras yang fantastis pula, salah satunya modal. Semakin besar modal yang Anda tanamkan, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk meraup keuntungan yang besar. 

Permasalahan yang kerap dialami oleh pemula adalah minimnya modal. Pada dasarnya, dengan modal minim, Anda masih dapat mencoba berinvestasi. Namun, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan lebih cepat dan besar, ada baiknya Anda menyimak beberapa panduan cara investasi cryptocurrency (bitcoin) berikut:

  • Memahami Cara Kerja Bitcoin 

Hal pertama yang harus dilakukan, terutama untuk pemula adalah memahami cara kerja bitcoin atau cryptocurrency lainnya. Pasalnya, banyak dari pengguna yang mencoba berinvestasi tanpa memahami konsep bitcoin itu sendiri. 

Jika nekad berinvestasi tanpa memahami konsepnya, alih-alih mendapatkan keuntungan, Anda bisa merugi karenanya. Itulah mengapa Anda harus mempelajari terlebih dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Bagi pemula, sebelum Anda berinvestasi, ada baiknya jika Anda mencoba simulasi bitcoin di aplikasi seperti mining bitcoin. Dengan menjalankan simulasi tersebut, Anda bisa berlatih dan membiasakan diri dengan cara kerja bitcoin yang sesungguhnya.

  • Mempelajari Pergerakan Harga

Jika Anda sudah merasa terbiasa dengan cara investasi cryptocurrency dengan bitcoin, Anda perlu mempelajari pergerakan harga dari bitcoin. Dengan mempelajarinya, Anda dapat membuat keputusan yang tepat kapan waktu yang baik untuk membeli, menjual, atau tetap menyimpannya saja agar tidak rugi. 

Tips Membeli Bitcoin 

Setelah memahami cara kerja bitcoin, Anda juga harus memiliki pengetahuan tentang strategi-strategi investasi, terutama jika Anda pemula. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah cara investasi cryptocurrency, dalam hal ini bitcoin, termasuk cara membelinya. 

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa ini merupakan hal yang penting untuk dibahas. Apa yang penting dari pembahasan cara beli bitcoin?

Layaknya investasi emas, beli lah bitcoin ketika harga sedang turun dan jual kembali ketika harga meroket tajam agar Anda mendapat keuntungan seperti yang Anda harapkan. Jika harganya belum naik, ada baiknya Anda menyimpannya terlebih dahulu hingga harga naik. 

Rekomendasi Aplikasi Cryptocurrency

cara investasi cryptocurrency

Berikut merupakan rekomendasi aplikasi cryptocurrency yang dapat Anda coba. Aplikasiaplikasi berikut telah banyak digunakan sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang keamanannnya. Anda dapat memilih berdasarkan kebutuhan Anda.

  • Tokocrypto

Tokocrypto merupakan salah satu tempat jual beli cryptocurrency yang populer, termasuk bagi pemula. Didirikan pada tahun 2017, tokocrypto telah resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). 

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan jika memilih tokocrypto sebagai sarana investasi crypto Anda.

  1. Ramah Bagi Pemula: tokocrypto hadir dengan desain user-interface yang sederhana dan mudah dimengerti. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan kebingungan dalam berinvestasi.
  2. DIlengkapi Teknologi Binance: Teknologi binance merupakan sebuah teknologi yang dapat meningkatkan keamanan pengguna. Selain itu, teknologi ini menyediakan likuiditas yang baik. 
  3. Dapat Berinvestasi dengan Modal Minim: Salah satu hal menarik dari Tokocrypto ini adalah syarat berinvestasi dengan modal minim, yakni Rp. 50.000,-.

Jika Anda tertarik cara investasi cryptocurrency di Tokocrypto, simak penjelasan berikut agar Anda mengerti cara beli crypto di Tokocrypto. 

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun tokocrypto. Akun dapat dibuat secara mudah melalui aplikasi mobile.
  2. Dalam proses pembuatan akun, Anda akan diarahkan pada proses e-KYC (Know Your Customer).
  3. Klik “Dompet”.
  4. Pilih menu “Setoran”.
  5. Klik tombol “IDR”, lalu transfer dana melalui virtual account.
  6. Setelah proses pembayaran selesai, pantau status pembayaran hingga berubah menjadi status “Sukses”.
  7. Lalu Anda dapat melihat saldo Anda dengan cara memilih menu “Dompet”, lalu pilih “Saldo”.
  8. Saldo Anda otomatis akan tertera sebagai BIDR (Binance IDR).
  9. Jika anda ingin membeli bitcoin, klik menu “Pertukaran” untuk mengkonversikan BIDR menjadi BTC.
  10. Untuk membeli BTC, klik “Perdagangan”, lalu tulis total BIDR yang akan Anda tukarkan ke BTC.
  11. Setelah proses selesai, dana Anda telah berubah menjadi BTC yang dapat Anda jual ketika harga sedang meroket. 
  • Indodax

Telah beroperasi semenjak tahun 2014, Indodax merupakan salah satu tempat jual beli jual beli crypto terbesar di Indonesia. Selain bitcoin, terdapat puluhan aset digital lainnya yang dapat Anda investasikan disini. 

Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang cara investasi cryptocurrency di Indodax, simak ulasan tentang keuntungan yang mungkin Anda dapatkan dengan berinvestasi di platform ini.

  1. Ramah Bagi Pemula: sama seperti Tokocrypto, Indodax juga hadir dengan tampilan layar yang sederhana dan mudah dimengerti bagi orang awam atau pemula yang baru saja terjun ke dunia investasi digital ini.
  2. Menyediakan Banyak Aset Digital: Selain bitcoin, masih banyak pilihan aset digital lain yang dapat Anda coba.
  3. Deposit dan Withdraw yang Relatif Mudah: Tergolong lebih mudah dalam deposit dan withdrawal mata uang rupiah. Dengan demikian, memudahkan pembelian dan penjualan aset digital. 

Setelah mengetahui keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan berinvestasi di Indodax, Apakah Anda penasaran dengan cara beli crypto di Indodax? Jika iya, simak penjelasan berikut ini. 

  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah memliki akun Indodax.
  2. Lalu, Pastikan juga bahwa Anda memiliki saldo Rupiah.
  3. Untuk membeli bitcoin, Anda dapat memilih “Marketplace”, lalu “Bitcoin”.
  4. Masukkan jumlah rupiah untuk membeli bitcoin, lalu masukkan harga bitcoin yang diinginkan.
  5. Klik “Beli Bitcoin”.

Selain cara investasi cryptocurrency tersebut, Anda dapat membeli bitcoin dengan cara kedua yang disebut cara instan. Caranya cukup mudah. Masukkan nominal rupiah untuk membeli bitcoin, lalu klik “calculate/hitung” untuk melihat perkiraan nilai bitcoin yang akan Anda peroleh. 

Mau baca artikel edukatif lainnya? Kunjungi oryzawriter.com dan temukan wawasan seru selengkapnya.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *