Lompat ke konten
Beranda » Blog » Tutorial dan Cara Menggunakan WordPress, Anda Wajib Tahu!

Tutorial dan Cara Menggunakan WordPress, Anda Wajib Tahu!

Meski namanya sudah tidak asing di telinga, tapi sebagian orang ternyata banyak yang belum mengetahui cara menggunakan WordPress. WordPress sendiri merupakan sebuah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat serta mengelola sebuah website.

Rilis pada tahun 2004 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little, WordPress akan membantu Anda untuk dapat mengatur tampilan serta menambahkan berbagai fitur pada website. Selain itu, WordPress juga akan membantu Anda untuk membuat konten dengan lebih mudah.

Cara Menggunakan WordPress Terlengkap

Sebenarnya, WordPress merupakan platform blogging sama seperti Blogspot. Namun, apa bedanya blog dengan WordPress? Meski sama-sama platform blogging dan merilis artikel, WordPress telah memiliki fitur lebih lengkap karena selain untuk blogging, aplikasi ini juga merupakan platform CMS.

Untuk dapat menikmati fitur-fitur unggulan WordPress, tentu saja Anda perlu mengetahui bagaimana cara menggunakannya terlebih dahulu. Namun, bagaimana cara memulai penggunaan WordPress?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan membuat website WordPress terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah menggunakan WordPress lengkap di bawah ini.

Cara Menggunakan WordPress

Gambar dari Pinterest

1. Login WordPress

Seperti aplikasi kebanyakan, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menjalankan WordPress yaitu dengan melakukan login. Anda harus melakukan login pada halaman admin WordPress serta melakukan beberapa tahapan ini:

  • Masuk ke bagian dashboard WordPress milik Anda dengan mengetik domain-(nama website Anda).com/wp-admin pada bagian address bar.
  • Anda akan melihat kolom username dan password setelah pemuatan selesai. Masukkan username serta password milik Anda sesuai dengan yang Anda buat saat proses instalasi WordPress. setelah itu, tekan Login.

Setelah melakukan serangkaian langkah di atas, Anda akan berhasil masuk ke dashboard WordPress. fitur-fitur WordPress dapat Anda akses melalui halaman dashboard ini.

Saat melakukan login dengan memasukkan username dan password, Anda bisa mencentang kolom Remember Me untuk mencegah Anda lupa password akun WordPress.

2. Sesuaikan Tema

Setelah berhasil melakukan login, Anda bisa menyesuaikan tema WordPress dengan konten website yang ingin Anda kelola. Dengan menggunakan tema yang sesuai, maka halaman web Anda akan lebih menarik di mata pengunjung.

Selain itu, mengubah dan menyesuaikan tema pada WordPress tidak begitu sulit. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Untuk menyesuaikan tampilan halaman web, Anda bisa menginstall tema terlebih dahulu. Penginstalan tema tersebut bisa Anda lakukan setelah berhasil melakukan login pada WordPress.
  • Pada dashboard WordPress Anda, pilih Appearance lalu pilih Themes.
  • Setelah tema WordPress berhasil ditampilkan, Anda bisa langsung menginstall tema yang Anda pilih dengan menekan ikon Add New.
  • Penginstalan tema WordPress bisa Anda lakukan dengan dua cara yaitu cara manual dan cara langsung yang lebih praktis.
  • Jika Anda memilih cara manual, Anda bisa mengganti tema dengan memilih Upload Theme. Sedangkan jika Anda memilih cara lebih praktis, Anda bisa mengganti tema melalui dashboard. Anda tinggal memilih tema yang sesuai atau dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian.
  • Install tema yang telah Anda pilih atau Anda bisa juga melihat contoh tampilannya terlebih dahulu dengan memilih Preview. Pilih ikon Activate setelah penginstalan selesai untuk mengatur tema sebagai tampilan utama halaman web Anda.

3. Install Plugin

Jika Anda merupakan seorang pemula dan tidak mengetahui bagaimana bahasa pemrograman, maka Anda bisa menginstall plugin gratis khusus WordPress sebagai bantuan. Plugin tersebut nantinya dapat menambahkan berbagai fitur sesuai dengan jenis website Anda.

Plugin milik WordPress tersebut tersedia untuk berbagai jenis website seperti plugin untuk toko online, plugin page builder, plugin SEO, serta plugin-plugin lainnya. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti jika hendak menginstall plugin:

  • Pilih menu Plugins lalu pilih Add New. Dengan dua langkah tersebut, Anda sudah bisa langsung melihat daftar plugin yang bisa Anda pilih.
  • Anda bisa mencari plugin berdasarkan dari berbagai kategori yang disediakan atau dengan menulisnya pada kolom pencarian.
  • Pilih plugin yang Anda inginkan dan sesuai dengan website Anda lalu klik Install Now.
  • Setelah itu, Anda bisa pilih ikon Activate jika penginstalan sudah selesai.

4. Atur Permalink

Jika Anda membuka sebuah website, maka pasti Anda akan melihat link pada bagian address bar. Link yang Anda lihat itulah yang bernama permalink.

Setiap website pasti memiliki permalink yang berbeda-beda. Sayangnya, permalink yang terdiri dari tanggal postingan dan judul konten itu biasanya sangat panjang secara otomatis. Hal tersebut kerap kali mempengaruhi performa SEO sebuah website.

Selain itu, permalink yang terlalu panjang juga akan menyulitkan pengguna saat hendak mengakses website atau konten dalam website milik Anda. Hal tersebut karena link yang terlalu panjang akan lebih sulit untuk Anda ingat dan Anda hapalkan.

Untuk mengatur permalink sebuah website, Anda bisa melakukan langkah-langkah sederhana di bawah ini:

  • Pilih menu Settings lalu pilih Permalinks.
  • Pilih Post Name lalu klik ikon Save Change. Anda bisa melihat permalink milik Anda setelah pengaturan akan lebih sederhana, pendek, dan mudah Anda ingat.

5. Tambahkan Halaman Website

Tampilan halaman sebuah web tentunya harus Anda atur. Hal tersebut agar website Anda bisa menampilkan bagian-bagian penting dalam website Anda yang akan sangat berguna baik bagi Anda ataupun pengunjung.

Tidak sulit, berikut ini beberapa cara untuk mengatur tampilan halaman website serta mengatur website untuk menampilkan informasi penting pada halaman yang lebih tepat:

  • Pilih Pages kemudian pilih bagian Add New.
  • Tulis judul halaman pada bagian yang kosong. Judul tersebut harus Anda sesuaikan dengan isi atau konten halamannya. Jika pada halaman tersebut Anda menampilkan informasi mengenai Anda atau website Anda, maka Anda bisa memberi judul halaman dengan “About Us” atau lainnya.
  • Setelah selesai, terbitkan halaman tersebut dengan memilih ikon Publish. Namun, Anda juga bisa menyimpannya terlebih dahulu jika tidak mau segera diterbitkan dengan menekan ikon Save Draft.

6. Menu Navigasi

Untuk memudahkan pengunjung saat menjelajahi website Anda, maka Anda perlu menyediakan menu navigasi. Menu navigasi ini akan menunjukkan bagian-bagian atau halaman-halaman pada website milik Anda.

Untuk membuat menu navigasi pada halaman website, Anda bisa mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Pilih menu Appearance lalu pilih Menu jika Anda sudah melakukan login dashboard WordPress.
  • Tampilan menu akan memperlihatkan kolom Menu Name yang bisa Anda masukkan atau tuliskan sebuah nama. Jika nama tersebut sudah pas, Anda bisa langsung menyimpannya dengan menekan Save Menu.
  • Agar ketika pengguna menekan salah satu menu website dan halaman yang dimaksud langsung tampil, maka Anda harus mengaturnya kembali. Pada kolom Pages, pilih salah satu halaman lalu tambahkan pada menu dengan klik Add to Menu.
  • Setelah itu, pilih Automatically add new top-level to dan pilih posisi navigasi.
  • Simpan pengaturan dengan memilih ikon Save Menu.

7. Menerbitkan Konten

Jika Anda mengelola sebuah website, maka pastinya Anda ingin menerbitkan berbagai konten di dalamnya. Karena, konten merupakan bagian yang paling penting dari sebuah website.

Tidak jauh berbeda dengan menambah halaman, berikut cara-cara yang wajib Anda ikuti jika hendak merilis konten:

  • Pilih Post lalu pilih Add New.
  • WordPress akan menampilkan sebuah halaman di mana Anda bisa memasukkan judul serta artikel di dalamnya. Anda bisa langsung menulis judul dan artikel Anda pada kolom-kolom yang telah tersedia.
  • Pada isi artikel, Anda bisa menambahkan tautan (interlink) sehingga sebuah kata atau kalimat artikel bisa mengarahkan pengunjung pada konten lainnya. Blok kata atau kalimat yang Anda maksud lalu pilih ikon rantai untuk memasukkan tautan yang Anda maksud. Jika sudah, tekan enter.
  • Selain itu, Anda juga bisa menambahkan gambar pada artikel Anda. Pilih menu Add Media dan pilih gambar yang Anda inginkan.
  • Tentukan kategori artikel dengan memilih menu Categories lalu pilih kategori yang Anda inginkan. Atau jika belum ada kategori, Anda bisa klik +Add New Category.
  • Di bawah menu Category, Anda bisa menambahkan Tags untuk konten website Anda yang hendak diterbitkan.
  • Pilih menu Featured Image lalu pilih Set Featured Image untuk menambahkan gambar utama pada konten.
  • Setelah selesai, Anda bisa menerbitkan artikel tersebut dengan memilih ikon Publish.

Jasa Penulisan Artikel WordPress

Cara Menggunakan WordPress

Gambar dari Pinterest

Konten yang dimuat dalam sebuah website WordPress biasanya adalah sebuah blog atau artikel. Tentunya, Anda harus mengetahui tata cara menulis artikel yang baik dan benar terlebih dahulu. Karena penulisan yang sesuai akan membuat website Anda dikunjungi banyak pengguna.

Jika Anda tidak mengetahui langkah membuat blog menggunakan WordPress, maka Anda bisa menggunakan jasa kami yaitu Oryza Writer. Kami merupakan tim yang berisi para penulis SEO profesional sehingga konten website Anda sudah pasti disukai pengunjung.

Kami menjamin artikel dalam website Anda lebih menarik untuk dibaca sehingga performa website Anda akan meningkat. Website dengan performa yang baik akan ditempatkan pada peringkat atas di mesin pencarian Google.

Tidak perlu khawatir, kami dari Oryza Writer akan memberikan Anda pelayanan terbaik kami dengan penawaran harga terbaik

Itu dia langkah-langkah serta cara menggunakan WordPress yang benar dan mudah. Anda yang merupakan pemula tidak ada salahnya untuk mengikuti langkah-langkah dasar tersebut. Tentu saja, untuk melakukannya Anda membutuhkan internet karena tidak bisa dikerjakan selagi Anda offline.

Setelah mengetahui cara-cara di atas, ternyata saat ini WordPress telah mengeluarkan aplikasi resmi yang bisa digunakan dalam android. Hal tersebut tentunya akan menguntungkan karena penggunaan ponsel jauh lebih mudah.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.