8 Cara Menulis Essay Mahasiswa dengan Mudah

  • oleh

Salah satu jenis tugas yang sering diterima mahasiswa yaitu menulis essay. Topik yang dibahas pun beragam, tergantung program studi masing-masing. Lantas, apa itu esai sebenarnya? Bagaimana ciri-ciri, struktur, serta cara menulis essay mahasiswa yang baik dan benar? Simak ulasan berikut.

Pengertian Essay

Mungkin, Anda pernah kebingungan ketika pertama kali masuk dunia perkuliahan dan mendapatkan tugas esai dari dosen. Anda pun bertanya-tanya, format essay seperti apa? Bagaimana cara menulis essay mahasiswa? Memangnya, apa itu essay dalam kuliah? Berikut pengertiannya.

Essay (esai) merupakan tulisan nonfiksi yang membahas suatu topik, peristiwa, atau isu tertentu yang dibalut dengan argumentasi penulis. Tujuan penulisan esai yaitu untuk mempengaruhi pembaca. Biasanya membahas topik-topik penting, aktual, dan berpengaruh luas untuk kehidupan masyarakat.  

Artikel ini sendiri sering kita temui di berbagai kolom media massa. Mulai dari surat kabar, majalah, hingga media online. Para penulis esai pun beragam. Biasanya mereka mempunyai topik esai tersendiri sesuai minat dan bidang keahliannya. 

Meskipun bersifat subjektif, cara menulis essay mahasiswa tidak boleh dilakukan asal-asalan. Esai mempunyai struktur khusus yang perlu dijadikan acuan penulisan. Argumentasi yang disampaikan dalam esai juga tidak boleh sembarangan. Harus disertai data pendukung yang relevan dan penjelasan logis.

Ciri-Ciri Essay

contoh menulis essay mahasiswa

Untuk lebih memahami definisi esai dan bisa membedakannya dari jenis tulisan lainnya, sebaiknya ketahui ciri-ciri esai berikut ini:

  • Berisi Gagasan dan Analisis Pembahasan

Esai merupakan tulisan yang membahas suatu peristiwa atau topik tertentu berdasarkan gagasan pribadi penulis. Gagasan tersebut harus didasarkan pada fakta dan data yang relevan. Jadi, Anda perlu menerapkan cara menulis essay mahasiswa yang dilengkapi dengan data analisis atau interpretasi yang tajam dan masuk akal.

  • Merupakan Tulisan Nonfiksi

Esai termasuk tulisan nonfiksi yang berbeda dengan puisi, cerpen, novel, atau karangan fiksi lainnya. Karena termasuk non-fiksi, maka esai tidak boleh ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan. Penulis esai harus mampu menyuarakan gagasan pribadinya dengan analisis yang logis dan masuk akal.

  • Terdiri dari 3 Struktur Umum

Esai mempunyai 3 struktur umum, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Pada bagian pendahuluan, penulis perlu menguraikan latar belakang pentingnya penulisan esai, lalu dibahas dengan data yang relevan pada bagian pembahasan. Sedangkan bagian penutup dalam cara menulis essay mahasiswa adalah harus memuat kesimpulan.

  • Gaya Penulisan Bebas

Tidak ada aturan khusus mengenai gaya penulisan esai. Setiap penulis punya gaya khasnya sendiri-sendiri dalam menuliskan gagasannya tentang suatu topik atau peristiwa. Ada yang menulis dengan gaya formal, tapi ada juga yang informal dan cenderung santai.

  • Relatif Singkat  

Cara menulis essay mahasiswa umumnya memiliki panjang yang relatif lebih singkat daripada penulisan karya tulis ilmiah. Yang penting isinya jelas, runtut, dan pembahasan argumentasinya lengkap. Jadi, jika Anda bertanya berapa halaman membuat essay? Jawabannya tergantung dari tujuan penulisan esai itu sendiri.

Jika ditujukan untuk artikel media massa, biasanya media menentukan panjang tulisan yang beragam. Umumnya, berkisar antara 600-1500 kata (2-5 halaman). Sedangkan esai mahasiswa yang biasanya ditugaskan dosen bisa mencapai lebih dari 1500 kata, tergantung ketentuan dari dosen. 

Struktur Essay

Untuk memudahkan cara membuat essay mahasiswa, silakan ikuti struktur umum penulisan esai yang terdiri dari pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Berikut penjelasan masing-masing unsur tersebut.

  • Pendahuluan

Di bagian cara menulis essay mahasiswa kali ini, Anda perlu menulis latar belakang tentang mengapa Anda membahas topik dalam esai tersebut. Uraikan apa saja arti penting dari topik tersebut, sehingga pembaca perlu memahaminya. Coba tambahkan data statistik, kutipan berita, atau pendapat ahli untuk mendukung gagasan Anda.

Misalnya saja, contoh pendahuluan dalam artikel tentang Covid. Tuliskan data kasus Covid terbaru, berapa jumlah korban meninggal, dst. Lalu kaitkan besarnya data tersebut terhadap berbagai dampak yang terjadi. Mulai dari banyaknya usaha gulung tikar, meningkatnya angka pengangguran, dll. 

  • Pembahasan  

Di bagian pembahasan, masukkan gagasan atau interpretasi Anda pribadi tentang topik yang diangkat. Lalu analisis secara mendalam menggunakan teori dan data yang relevan. Anda juga bisa mengaitkannya dengan contoh konkret di kehidupan nyata untuk mempertajam gagasan.

  • Penutup  

Pada bagian cara menulis essay mahasiswa yang terakhir umumnya berisikan ringkasan atau kesimpulan dari keseluruhan gagasan yang telah dipaparkan. Anda juga bisa menambahkan saran tertentu berkaitan dengan masalah yang Anda bahas dalam esai. Atau Anda juga bisa membiarkannya menggantung, sehingga pembaca bisa menyimpulkannya sendiri.

Cara Menulis Essay Mahasiswa

cara menulis essay mahasiswa

Jika baru pertama kali menulis esai, Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana cara menulis essay yang benar? Tidak perlu khawatir. Keterampilan menulis bisa dipelajari secara perlahan, termasuk dalam menulis esai. Berikut langkah-langkah cara menulis essay mahasiswa yang bisa Anda terapkan.

  • Tentukan Topik

Sebelum menulis esai, pastikan Anda telah menentukan topik apa yang akan dibahas. Sebaiknya fokus pada satu permasalahan, sehingga gagasan yang akan disampaikan tidak melebar kemana-mana. Jika kesulitan mengerucutkan masalah, coba berpikir dari umum ke khusus.

Misalnya saja esai tentang Covid-19. Topik tersebut tentu sangatlah luas. Lebih baik fokuskan pada satu permasalahan berkaitan dengan Covid-19. Contohnya pengaruh Covid-19 di bidang pendidikan, lalu fokuskan lagi pada pengaruhnya terhadap siswa-siswi tingkat SD-SMP di lingkungan Anda.

  • Lakukan Riset dan Pengumpulan Data

Setelah fokus pada satu topik permasalahan, sekarang kumpulkan data yang relevan untuk lebih mempelajari topik bersangkutan. Baca literatur, berita terbaru, kumpulan riset, atau artikel faktual tentang permasalahan yang Anda angkat.

Selain menjadi pendukung tulisan, semua data itu juga penting untuk menentukan sikap, sudut pandang, serta posisi Anda dalam melihat suatu peristiwa. Karena dalam penulisan esai Anda perlu mencantumkan argumentasi pribadi tentang topik yang dibahas.

  • Buatlah Kerangka Tulisan

Tidak semua orang bisa langsung menerapkan cara menulis essay mahasiswa secara lancar dan mengalir. Tapi tidak perlu khawatir bagaimana memulainya. Daripada langsung menulis esai, coba buatlah kerangka tulisan terlebih dahulu. Mulai dari pembagian struktur umum berupa pendahuluan, pembahasan, dan penutup.

Setelah itu buatlah heading atau penajukan dari masing-masing struktur tersebut. Misalnya, pada bagian pendahuluan Anda ingin memasukkan data A, B, dan C, lalu pada pembahasan ingin menambahkan memperdalam gagasan dengan penjelasan D, E, F, dst.

  • Mulai Menulis 

Setelah menentukan penajukan atau poin-poin penting yang akan dibahas, sekarang waktunya eksekusi cara menulis essay mahasiswa dengan benar. Langsung tulis semua gagasan beserta data pendukung yang relevan untuk menguatkan argumentasi. Tulis secara mengalir dan tidak perlu terburu-buru mengeditnya.

  • Lakukan Penyuntingan

Jika sudah sampai pada bagian penutup, cek lagi dari awal untuk melakukan penyuntingan. Mulai dari tata bahasa, cara penulisan, hingga data pendukung untuk memperkuat gagasan. Lakukan secara teliti sehingga tidak ada kesalahan yang luput dari pengeditan, termasuk jika ada salah ketik.

Contoh Essay

Untuk memudahkan Anda dalam memahami esai, perhatikan contoh cara menulis essay mahasiswa tentang pengaruh Covid-19 terhadap dunia pendidikan berikut ini. 

[Pendahuluan]

Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak sisi kehidupan, termasuk pendidikan. Sejak corona mewabah di Indonesia tahun 2020 lalu, semua aktivitas sekolah terpaksa dilakukan secara online. Akibatnya, proses pembelajaran tidak berjalan maksimal dan beberapa program pun terhambat.

Yang paling merasakan dampaknya adalah para guru dan siswa yang berada di pelosok desa atau daerah-daerah terpencil. Pasalnya, kebanyakan siswa di sana tidak memiliki gadget kompatibel dan jaringan internet yang memadai. Sehingga pembelajaran online pun semakin terseok-seok.

Kondisi ini dibuktikan oleh hasil penelitian INOVASI terhadap 300 responden di 18 daerah di Indonesia. Ternyata dari keseluruhan responden, hanya 28% yang menyatakan anak-anaknya menggunakan media daring selama sekolah di masa pandemi.

[Pembahasan]

Itu artinya, pembelajaran daring tidak merata di seluruh Indonesia.  Kesenjangan akses pendidikan ini pun memunculkan banyak masalah terhadap siswa dan para guru yang terlibat. Mulai dari materi pelajaran yang tidak tersampaikan secara efektif hingga minimnya aktivitas sosial.

Berikut beberapa dampak yang terjadi akibat pelaksanaan sekolah daring  yang tidak merata di semua daerah:

  • Pembelajaran Kurang Maksimal

Kelemahan sekolah online paling utama yaitu kurang maksimalnya aktivitas belajar siswa. Guru yang biasanya mengajar secara langsung, kini harus melalui platform teleconference terlebih dahulu. Siswa pun kesulitan saat ingin bertanya lebih lanjut tentang materi yang kurang dipahami.

  • Minimnya Aktivitas Sosial Siswa

Kegiatan sekolah yang dialihkan secara online juga berdampak pada minimnya kegiatan sosialisasi siswa. Mereka lebih banyak melakukan kegiatan di rumah secara individual dan minim interaksi dengan teman maupun guru-gurunya. Sehingga kemampuan komunikasi pun kurang terlatih.

  • Siswa Lebih Rentan Mengalami Kejenuhan

Terus-terusan menghadap layar ponsel dan laptop juga menimbulkan siswa cepat merasa bosan. Apalagi jika ditambah dengan banyaknya tugas dan minimnya aktivitas fisik di luar rumah. Tentu para siswa lebih rentan mengalami stress dan berpengaruh buruk untuk kesehatannya. 

[Kesimpulan]

Pembelajaran daring selama pandemi memiliki banyak kekurangan yang perlu segera diperbaiki. Jika masih belum memungkinkan melakukan pembelajaran tatap muka, setidaknya akses internet di semua daerah perlu disamaratakan. Sehingga tidak ada lagi kesenjangan pendidikan antar daerah.

Cara menulis essay mahasiswa yang bagus perlu latihan panjang. Tapi jika Anda membutuhkan berbagai jenis tulisan berkualitas sesegera mungkin, gunakan jasa penulisan profesional dari Oryza Writer. Mulai dari esai, copywriting, hingga artikel SEO untuk meningkatkan konversi penjualan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *