9 Cara Optimasi SEO Off Page Mudah untuk Menaikkan Traffic

  • oleh
cara optimasi seo off page

SEO merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menaikkan rank pada website dalam mesin pencari. Teknik ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu SEO off page dan on page. Di bawah ini, akan dibahas mengenai beberapa cara optimasi SEO off page yang bisa Anda lakukan. 

Apa SEO Off Page?

Pernahkah Anda mendengar, apa SEO off page? SEO off page dapat dikatakan sebagai suatu usaha yang dilakukan untuk mengoptimalisasi website dari luar. Usaha yang dilakukan yaitu dengan menggunakan backlink, link building, dan lainnya.

Cara Kerja SEO Off Page

Bagaimana cara kerja dan keyword SEO Off Page? Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan backlink. 

Backlink merupakan suatu link yang ditambahkan dalam website lain, kemudian diarahkan ke website yang Anda kelola. Backlink yang ditambahkan perlu diperhatikan, agar tidak dianggap spam oleh Google.

Jadi, dapat dikatakan, cara optimasi SEO off page ini merupakan suatu usaha mempromosikan website melalui website lain. Hal yang dilakukan bisa dengan beberapa cara/metode. 

Cara Optimasi SEO Off Page

cara optimasi seo off page

Unsplash.com/Myriam Jessier

Apa saja contoh cara optimasi SEO Off Page? Untuk mendapatkan banyak keuntungan seperti di atas, Anda bisa melakukannya dengan berbagai macam cara. Berikut cara optimasi SEO off page yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan peringkat website.

  • Listing Bisnis

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan Listing Bisnis. Caranya yaitu dengan memasukkan identitas bisnis Anda ke dalam listing bisnis. Cara yang satu ini bisa menjadi lebih efektif jika Anda memiliki bisnis di bidang penginapan, rekreasi, maupun makanan dan minuman.

Anda bisa menggunakan website pemberi ulasan, seperti TripAdvisor atau Zomato. Dengan memanfaatkan hal ini, Anda bisa menempatkan info mengenai bisnis yang dijalankan.

  • Link Building

Cara optimasi SEO off page yang satu ini dilakukan dengan cara menambahkan tautan website yang Anda kelola dalam website lain. Namun, untuk melakukan cara ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Anchor text
  • Link Nofollow dan Dofollow
  • Page Authority dan Domain Authority
  • Traffic
  • Manfaatkan Google Bisnisku

Cara optimasi SEO Off Page selanjutnya adalah Anda bisa menambahkan informasi bisnis pada fitur yang disediakan Google, Namanya Google Bisnisku atau Google MyBusiness. Hal ini perlu Anda manfaatkan karena dalam satu hari, ada milyaran pengguna yang mengakses Google.

Yang perlu Anda lakukan cukup mudah, hanya dengan menambahkan foto, informasi dasar, serta alamat website.

  • Lakukan Kerja Sama dengan Media Online

Jika bisnismu baru mendapatkan prestasi, mengadakan event, atau hubungan kerja sama, Anda bisa membuat sebuah press release. Press release yang telah dibuat kemudian dapat dimuat dalam media-media online. Dalam tulisan tersebut, Anda bisa menyelipkan backlink ke website Anda.

  • Membagikan ke Media Sosial

Media sosial dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan dalam segi off-page. Jika Anda baru menerbitkan sebuah konten atau artikel, Anda bisa membagikan informasinya melalui media sosial.

  • Ulasan Produk

Salah satu cara optimasi SEO off page lain yang bisa Anda coba yaitu dengan menambahkan ulasan produk. Dengan adanya ulasan produk, pelanggan tentunya akan lebih merasa puas dalam mengetahui kondisi detail produk.

Namun, menambahkan ulasan ini memerlukan usaha yang cukup ekstra. Anda perlu memberikan kepercayaan kepada pelanggan dengan menyajikan produk yang berkualitas, agar ulasan yang diberikan memiliki nilai yang positif.

  • Influencer Marketing

Beberapa tahun ke belakang, memanfaatkan influencer dalam mempromosikan bisnis dinilai cukup menguntungkan. Promosi bisnis ini dilakukan melalui konten media sosial. Dengan cara ini, Anda bisa menjangkau banyak audience baru, menambah brand awareness, dan memperkuat konten. Sangat efektif untuk melakukan cara optimasi SEO Off Page.

  • Mengadakan Event

Event bisa menjadi salah satu cara yang dapat Anda manfaatkan dalam promosi bisnis. Anda bisa memanfaatkan platform webinar, seperti Zoom, YouTube, atau Google Meet.  Dengan cara ini, maka akan ada banyak pengguna yang antusias dengan bisnis Anda.

Hal ini menjadi angin segar dalam proses pencarian di Google. Dengan begitu, kehadiran bisnis atau website Anda akan dikonfirmasi oleh Google.

  • Mengirim Email Marketing

Cara optimasi SEO off page terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengirim email marketing. Cara ini dapat Anda manfaatkan sebagai ajang mempromosikan website/bisnis yang Anda kelola.

Dengan menggunakan media Email, maka hubungan Anda dengan pengguna dirasa akan lebih personal. Hal ini dapat meningkatkan respon para penerima Email. Dalam Email yang dikirimkan, Anda bisa melampirkan artikel atau konten yang sedang dikelola. 

Cara Optimasi SEO On Page

cara optimasi seo off page

Unsplash.com/Diggity Marketing

Selain menggunakan metode SEO off page, optimasi website juga dapat dilakukan dengan cara on page. Salah satu cara yang umum digunakan yaitu bermain dengan kata kunci atau keyword. Dalam melakukan teknik ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:

Bagaimana cara menyeleksi kata kunci SEO On Page?

  • Gunakan keyword yang sedikit panjang
  • Hindari keyword satu kata
  • Manfaatkan tools periset keyword
  • Sisipkan keyword pada judul artikel
  • Pilih keyword yang memiliki sedikit pesaing

Ada dua metode optimasi SEO yang dapat Anda lakukan. Kedua cara ini sama-sama memiliki tujuan untuk meningkatkan peringkat website dalam mesin pencari. Cara-cara yang Anda lakukan harus memenuhi syarat dan tidak melanggar aturan dari Google.

Salah satu cara yang tidak tepat yaitu dengan melakukan link farming. Cara ini dilakukan dengan membuat halaman baru pada sebuah website untuk membuat backlink, membuat judul konten yang clickbait, atau mengirim Email spam.

Keuntungan Cara Optimasi SEO Off  Page

cara optimasi seo off page

Unsplash.com/Myriam Jessier

Optimasi SEO off page memiliki tujuan utama untuk menaikan rank pada mesin pencari. selain itu, cara ini juga dapat membuat traffic website Anda meningkat hingga menambah conversion rate. Selain hal tersebut, teknik ini juga menghasilkan beberapa keuntungan lain, di antaranya:

  • Branding

Optimasi SEO bisa membantu Anda meningkatkan brand image pada website. Baik website yang dimanfaatkan sebagai toko online, portofolio, atau media online. Melakukan teknik optimasi yang tepat dapat meningkatkan nilai kredibilitas website yang sedang Anda kelola.

  • Promosi Marketing Content

Peluang ini sangat pas untuk Anda yang memanfaatkan website sebagai toko online. Dengan teknik ini, pengunjung website Anda akan lebih mudah mengetahui detail produk yang Anda jual. Dengan optimasi SEO, Anda bisa mempromosikan produk ke khalayak yang lebih luas.

  • Membangun Reputasi

Jika website Anda berhasil menempati peringkat atas, maka reputasi website Anda juga akan ikut meningkat. Peningkatan peringkat ini juga tentunya perlu dibarengi dengan konten yang informatif, bermanfaat, dan berkualitas. 

Jika masih kebingungan dalam hal ini, Anda bisa menggunakan jasa penulisan artikel, Oryza Writer. Oryza Writer melayani pembuatan beragam jenis artikel dengan menerapkan teknik SEO on page dan off page. Artikel yang dihasilkan tentunya berkualitas karena telah melewati proses analisis.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *