Lompat ke konten
Beranda » Blog » Ciri-Ciri Wawancara + Pengertian, Fungsi, Jenis dan Etika

Ciri-Ciri Wawancara + Pengertian, Fungsi, Jenis dan Etika

ciri-ciri wawancara

,Anda tentu pernah bukan menemui seseorang yang tengah melakukan kegiatan tanya jawab antara dua orang ataupun lebih? Yang demikian Anda lihat termasuk kedalam salah satu ciri-ciri wawancara.

Wawancara seringkali dilakukan oleh perusahaan, instansi, ataupun perorangan. Terlaksananya proses wawancara harus dengan tujuan tertentu sesuai yang kebutuhan pewawancara. Berikut ini adalah bahasan seputar informasi wawancara untuk anda.

Pengertian Wawancara

Apa itu wawancara? Wawancara disebut juga interview yakni sebuah kegiatan bercakap dengan maksud atau tujuan tertentu dengan melibatkan komunikasi dan bertukar perilaku melalui interaksi yang dikemas dalam tanya jawab. Kegiatan wawancara dapat terjadi jika ada dua orang ataupun lebih. 

Wawancara sendiri ada yang  secara langsung dan ada juga yang tidak langsung. Definisi wawancara langsung adalah wawancara yang dilakukan secara langsung dengan menemui tokoh sumber.

Kemudian, pengertian wawancara tidak langsung adalah wawancara yang menggunakan perantara yakni seseorang yang mampu menyampaikan informasi terkait sumber pada wawancara langsung. 

Ciri-Ciri Wawancara

Wawancara cukup mudah dibedakan karena merupakan kegiatan yang seringkali ditemui dan dengan ciri-ciri wawancara yang baik dan bersifat khas. Berikut penjelasannya:

  • Ada Tatap Muka 

Ciri-ciri wawancara yang pertama adalah dilakukan dengan tatap muka yang dimaksud adalah wawancara harus memiliki arus komunikasi 2 arah dimana pewawancara dan narasumber saling aktif dalam memberikan tanggapan.

Tatap muka baik secara langsung ataupun daring juga sama-sama sebagai wawancara bertatap muka.

  • Memiliki Tujuan

Jika Anda seorang pewawancara, tentu Anda memiliki tujuan awal mengapa Anda harus melakukan wawancara. Dengan tujuan yang jelas, Anda bisa fokus mengumpulkan informasi melalui fakta dari narasumber.

  • Pewawancara

Ciri-ciri wawancara selanjutnya adalah pewawancara atau orang yang mengajukan pertanyaan. 

  • Narasumber

Sedangkan narasumber adalah orang yang bersedia memberikan informasi dengan menjawab pertanyaan dari Pewawancara. Narasumber bisa satu orang ataupun lebih.

ciri-ciri wawancara

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Fungsi Wawancara 

Wawancara merupakan hal yang krusial dalam mendapatkan informasi. Wawancara merupakan salah satu cara yang efektif bagi Anda menemukan data. Di bawah ini adalah fungsi dari wawancara:

  • Data Analisis

Pada praktisi pendidikan, wawancara tentu seringkali ada. Salah satu fungsi wawancara adalah hasil datanya bisa berperan sebagai bahan dasar untuk analisis penelitian dan juga bagaimana pemecahan suatu masalah melalui data wawancara sebelumnya.

  • Bukti 

Wawancara juga sebagai bukti mengenai suatu informasi ataupun keterangan pada terjadinya sesuatu. Dengan wawancara, Anda akan memiliki lebih banyak landasan bukti untuk memulai suatu penelitian. Sehingga Anda lebih yakin untuk menentukan analisis data.

  • Membuat Ide

Dalam wawancara, tentu setiap orang memiliki pendapat yang berbeda walaupun dengan pertanyaan yang sama.

Hal ini menunjukkan betapa manusia memang sangat kreatif dan beragam. Dari data yang muncul pada wawancara, Anda bisa menemukan ide baru kolaborasi melalui berbagai sudut pandang jawaban wawancara.

  • Memahami Subjek

Dengan mengetahui secara detail tentang sesuatu melalui sumber yang juga terpercaya, Anda akan lebih mudah dalam memahami subjek ataupun peristiwa.

Anda akan lebih mudah melakukan analisis dan memahami bagaimana karakter subjek. Sehingga Anda bisa melakukan pertimbangan dan penilaian pada subjek sesuai dengan kualifikasi yang Anda butuhkan. 

Jenis Wawancara

Berdasarkan dari waktu pelaksanaan wawancara, ada 3 jenis yang harus Anda ketahui yakni sebagai berikut:

  • Wawancara Bebas

Jenis wawancara ini akan memberikan kebebasan pada pewawancara untuk mengajukan pertanyaan pada narasumber, dengan syarat jenis pertanyaanya harus sesuai dengan informasi yang memang cukup penting.

Jenis interview ini biasanya muncul di acara yang lebih santai dan terbuka, seperti untuk kalangan selebriti ataupun hiburan lainnya yang tidak membutuhkan panduan pertanyaan secara detail.

  • Wawancara Bebas Terpimpin

Pewawancara sebelumnya sudah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan penting. Namun, untuk mendukung kelengkapan informasi, pewawancara juga mengajukan pertanyaan secara bebas namun tetap sesuai dengan alur.

Wawancara jenis ini lebih fleksibel untuk dilakukan dan penggunaannya lebih mudah karena mendukung di hampir seluruh situasi. Pewawancara bisa mengajukan pertanyaan sesuai daftar namun selain itu juga bisa memberikan pertanyaan bebas untuk memperjelas informasi. 

  • Wawancara Terpimpin

Wawancara ini harus berlangsung sesuai pedoman pertanyaan yang sudah pewawancara siapkan sebelum sesi wawancara. Jenis wawancara ini umumnya mengenai tentang hal-hal yang sensitif seperti politik, sehingga benar-benar harus pewawancara perhatikan secara hati-hati agar hasil datanya tidak menimbulkan kegaduhan.

Dengan adanya wawancara, Anda bisa terhindar dari informasi palsu ataupun ambigu. Namun sebelum melakukan wawancara, baiknya memang Anda melakukan penulisan pertanyaan apa saja yang ingin diajukan. 

Jika Anda menemui kesulitan dalam membuat pertanyaan seputar wawancara, Anda juga bisa menggunakan jasa dari Oryza Writer untuk membantu Anda menemukan pertanyaan yang tepat.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.