Lompat ke konten
Beranda » Blog » Contoh Kalimat Saran, Karakteristik, dan Perbedaannya dengan Kritik

Contoh Kalimat Saran, Karakteristik, dan Perbedaannya dengan Kritik

penulisan unsur serapan

Untuk dapat mengungkapkan pendapat atau opini tentang suatu hal, Anda tentu harus menyusun kalimatnya dengan benar. Hal tersebut bertujuan agar pesan tersampaikan tanpa menyinggung pihak terkait. Untuk itu, Anda perlu mengetahui contoh kalimat saran yang benar.

Kalimat saran adalah kalimat imbauan atau harapan yang diungkapkan oleh seseorang untuk orang lain. Kalimat ini sering terungkap bila ada seseorang yang ingin meminta atau menganjurkan sesuatu kepada orang lain.

Contoh Kalimat Saran

Kalimat saran sudah seharusnya Anda sampaikan dengan santun dan benar agar harapan dan himbauan Anda terdengar bahkan bisa mempengaruhi orang lain. Karena selain ada dalam percakapan sehari-hari, kalimat saran juga biasanya terdapat dalam sebuah surat kabar, resensi, serta teks lainnya.

Memberi saran harus dilakukan dengan menggunakan bahasa yang halus. Penggunaan bahasa tentunya harus Anda perhatikan agar saran tidak terkesan memaksa. Agar lebih jelas, simak beberapa contoh kalimat-kalimat saran berikut ini.

  1. Sebaiknya jangan biasakan tidur terlalu malam agar badan tetap sehat dan bisa kembali fokus bekerja besok pagi.
  2. Agar tidak terlambat berangkat ke sekolah, sebaiknya kamu bangun lebih pagi.
  3. Usahakan perbanyak makan buah dan sayur, itu akan membuat pencernaan lebih lancar.
  4. Tabung sebagian uang jajan yang diberikan oleh ibu, usahakan agar kamu tetap berhemat.
  5. Kamu sudah mengerjakan tugas dengan benar, tapi akan lebih baik jika kamu mengumpulkan tugas tersebut tepat waktu.
  6. Tidak apa-apa kalau kamu mau bermain, tapi lebih baik jika kamu makan terlebih dahulu.
  7. Seharusnya bantuan dari pemerintah tidak salah sasaran, agar masyarakat yang membutuhkan dapat menikmatinya juga.
  8. Seharusnya kamu berteduh saat hujan, agar tidak terkena flu.
  9. Karena saat ini tindak kriminal semakin meningkat, alangkah baiknya kamu untuk selalu waspada.
  10. Alangkah baiknya jika kamu memasak sendiri, itu akan mengurangi jumlah pengeluaran.
  11. Perlu Anda ingat bahwa ujian tengah semester (UTS) semakin dekat, jadi coba belajar lebih giat.
  12. Perlu diingat bahwa kedisiplinan itu penting, jadi datanglah tepat waktu.

Karakteristik Kalimat Saran

contoh kalimat saran

Karena merupakan sebuah ungkapan harapan terhadap seseorang, seperti contoh yang telah ada di atas, kalimat saran biasanya menggunakan kata “sebaiknya”, “lebih baik jika…”, “seharusnya”, “usahakan”, “perlu Anda ingat bahwa”, dan lainnya sebagai ciri khas.

Selain itu, kalimat saran juga memiliki karakteristik lain yaitu tidak boleh memuat tanda seru sebagai tanda baca. Tanda seru akan membuat kalimat saran terkesan seperti kalimat perintah atau larangan. Sebagai informasi, saran berbeda dengan paksaan.

Saran yang cenderung memaksa atau memerintah tidak efektif karena akan membuat seseorang merasa tidak nyaman bahkan kadang merasa sakit hati.

Jika saran tersebut terucap secara langsung oleh lisan, maka Anda harus memperhatikan intonasi kalimatnya. Saat mengucapkan kalimat saran, sebaiknya intonasi yang Anda gunakan cenderung rendah dan menurun di akhir kalimat.

Perbedaan Saran dan Kritik

Meski sama-sama memiliki tujuan untuk membangun, menganjurkan, dan mengimbau, ternyata terdapat perbedaan antara saran dan kritik. Meski berbeda, Anda harus menyampaikan keduanya dengan mempertimbangkan berbagai hal terlebih dahulu.

Jika saran cenderung memiliki citra yang positif karena menggunakan pesan-pesan himbauan bernada baik, berbeda dengan kritik yang tanggapannya bernada mengecam. Kritik merupakan sebuah pengoreksian yang melibatkan seseorang dengan orang lain.

Kritik biasanya berupa komentar negatif dengan bahasa yang lebih gamblang. Hal tersebut membuat masyarakat menganggap kritik sebagai pesan yang lebih negatif daripada saran. Walaupun dalam beberapa kesempatan terdapat kritik membangun dengan saran.

Selain itu, jika mengucapkannya langsung secara lisan, Anda perlu menyampaikan kritik dengan nada dan gaya bahasa yang lebih tajam daripada saran.

Setelah mengetahui contoh kalimat saran di atas serta perbedaannya dengan kritik, diharapkan Anda untuk mampu menyampaikan kalimat-kalimat saran dengan pola serta gaya berbahasa yang benar. Seseorang akan lebih mudah menerima saran bila penyampaiannya benar.

Jika Anda masih ragu untuk menyampaikan saran tertulis maupun lisan, Anda bisa segera menghubungi Oryza Writer. Oryza Writer akan membantu Anda dalam membuat kalimat saran sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tidak perlu khawatir, perusahaan ini merupakan penyedia jasa penulisan yang berisi penulis-penulis kreatif berkualitas tinggi serta berkompeten.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.