4 Cara Daftar Google Adsense untuk Pemula

google adsense untuk pemula

Kali ini, kami akan memberikan panduan Google Adsense untuk pemula, mari kenali lebih jauh bisnis online paling profitable satu ini. Di banyak wilayah di dunia, para blogger menggunakan Google Adsense untuk membantu mereka agar lebih bersemangat dalam mengapresiasi passion-nya.

Mereka yang menyukai kegiatan menulis, akhirnya bisa tersenyum lega karena hasil tulisannya tidak hanya diapresiasi dalam bentuk ucapan terimakasih di kolom komentar saja, melainkan juga diapresiasi dalam bentuk uang. Anda mungkin sering mendengar istilah Google Adsense, namun belum terlalu familiar bagaimana cara kerjanya.

google adsense untuk pemula

Gambar oleh Firmbee dari Pixabay

Pengertian Google Adsense

Panduan Google Adsense untuk pemula, akan kami mulai dengan ulasan mengenai pengertian Google Adsense itu sendiri. Menurut Wikipedia, Google Adsense adalah program yang dijalankan Google, dimana Google memperbolehkan publisher (dalam jaringan Google) untuk menyajikan teks otomatis, gambar, video, atau iklan interaktif yang ditargetkan pada publik.

Jadi simpelnya, Google Adsense mengharuskan pemilik situs untuk menempelkan kode iklan HTML milik Adsense di situsnya, sehingga iklan milik advertiser bisa sampai pada audience yang ditargetkan.

Cara Mendapatkan Akun Google Adsense

Agar publisher dapat menampilkan iklan Adsense, otomatis publisher tersebut harus mendaftarkan situs miliknya. Setelah aplikasi pendaftaran diterima oleh Google, maka publisher tersebut berhak menampilkan iklan dari Google Adsense, dan mendapatkan uang jika ada pengunjung situs yang mengklik iklan tersebut.

Namun sebelum daftar Google Adsense untuk pemula, Anda mesti mengetahui beberapa poin dibawah ini:

  1. Umur Anda harus 18 tahun keatas. Jika dibawah itu, maka Anda harus menggunakan identitas orang tua atau saudara yang berusia 18 tahun keatas.
  2. Pada saat pendaftaran, pastikan Anda mencantumkan alamat yang jelas dan lengkap. Hal tersebut berguna pada saat proses pengiriman pin untuk pembayaran uang.
  3. Pastikan situs Anda memiliki konten yang banyak dan sudah memiliki sumber traffic dari search engine.
  4. Jangan mendaftarkan situs yang bertemakan pornografi, kekerasan, rasial, obat-obatan haram dan lainnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Lewat Google Adsense?

Setelah Anda mendapatkan akun Google Adsense, maka Anda mesti menerapkan strategi-strategi tertentu agar uang mengalir terus menuju dashboard akun Google Adsense Anda. Berikut beberapa cara untuk meningkatkan earning Google Adsense Anda:

google adsense untuk pemula

Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay

  1. Pastikan Anda sudah mematuhi kebijakan program Adsense. Selain itu Anda juga mesti menghubungkan situs Anda dengan Google Search Console.
  2. Jangan pernah berbuat curang seperti mengklik iklan sendiri atau membeli paid traffic.
  3. Buatlah konten-konten yang berkualitas tinggi, original, dan enak dibaca.
  4. Pastikan sumber traffic berasal dari mesin pencari, tekniknya bisa dengan SEO atau article marketing.
  5. Ketahui target market Adsense yang tepat. Jangan gunakan situs yang terlalu high-techuntuk menampilkan iklan Adsense karena pengunjung biasanya jarang mengklik iklan.

Susah Mendapatkan Google Adsense Non-hosted? Pahami Beberapa Trik Ini!

Susah mendapatkan Google Adsense non-hosted yang full approved? Tenang saja, Anda bukanlah satu-satunya orang yang mengalami hal tersebut. Terdapat banyak faktor mengapa banyak publisher atau blogger gagal mendaftar Adsense.

Beberapa diantaranya yaitu situs yang tidak terlihat profesional, konten hasil plagiat, mencari traffic dengan cara yang salah, klik iklan sendiri, dan lainnya. Padahal semua itu bisa dihindari jika memahami kebijakan program Adsense.

Buat akun Google Adsense untuk pemula memang mudah, namun diterimanya itu yang susah. Di bawah ini Anda bisa menemukan beberapa tips paling penting agar akun Google Adsense Anda diterima sepenuhnya oleh Google.

1. Pahami Kebijakan Program Adsense

Agar usaha Anda untuk mendapatkan akun Google Adsense tidak sia-sia, sebaiknya pahami dulu poin-poin yang ada di laman Kebijakan Program Adsense, Anda bisa mengeceknya di https://support.google.com/adsense/answer/48182?hl=en.

Laman tersebut berisikan hal-hal paling fundamental mengenai Adsense seperti sumber traffic, hal-hal yang tidak boleh dilakukan publisher, panduan konten, dan lainnya.

2. Daftarkan Blog/Website yang Berumur 6 Bulan Keatas

Trik lainnya agar akun Google Adsense Anda diterima sepenuhnya yaitu dengan mendaftarkan blog/website yang berumur minimal 6 bulan. Anda memang bisa saja mendaftarkan blog berusia dibawah 6 bulan, namun blog berusia 6 bulan keatas berpotensi lebih besar untuk diterima.

Jika Anda ngotot ingin mendaftarkan situs berumur pendek, maka pastikan situs tersebut memiliki desain situs yang profesional, memenuhi kebijakan program Adsense, konten harus original, dan sudah mempunyai sumber traffic dari mesin pencari Google.

3. Gunakan TLD

Trik lainnya yaitu mendaftarkan situs dengan TLD. TLD (Top Level Domain) merupakan kumpulan domain-domain level atas seperti .com, .org, .net, dan lainnya.

Banyak blogger yang menggunakan domain-domain TLD gratisan seperti tk, ml, ga, dan lainnya, namun kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan domain-domain seperti .com, net, atau .org karena lebih mudah diterima.

4. Konten Harus Original, Fresh dan Enak Dibaca

Mendapatkan Google Adsense untuk pemula agar bisa full-approved itu mudah jika Anda mendaftarkan situs dengan konten-konten yang original, fresh, dan juga enak dibaca.

Jika situs yang Anda daftarkan berisikan konten-konten hasil plagiat, temanya tidak menarik, dan juga susah untuk dibaca, maka bisa dipastikan Google akan menolak aplikasi Adsense Anda.

Selain itu Anda pun harus belajar mengenai teknik SEO onpage. Perlu Anda catat, Google benar-benar menggunakan tenaga manusia untuk me-review situs-situs yang telah didaftarkan di Google Adsense.

Jadi pastikan Anda mengisi blog atau website Anda dengan artikel-artikel berkualitas, enak dibaca, dan informatif. Selain itu, sebaiknya minimal kata per artikelnya yaitu 500 kata, namun banyak pakar Adsense menyarankan lebih dari 1000 kata untuk proses approval Adsense.

Satu lagi, jangan sampai memenuhi situs Anda dengan artikel-artikel hasil copy paste! Blog dengan konten-konten berkualitas jauh lebih berpotensi diterima Google daripada faktor-faktor lainnya, jadi pastikan hal ini menjadi prioritas Anda!

5. Buat Situs yang Terlihat Profesional

Google menyukai situs dengan elemen-elemen yang terlihat profesional. Berikut ini adalah beberapa elemen kunci yang harus Anda masukan dalam situs Anda:

  1. Template situs yang responsif, minimalis dengan loading cepat.
  2. Buat sub-sub halaman yang terlihat profesional dan kongruen dengan homepage.
  3. Buat laman khusus privacy policy, disclaimer, dan terms of service.
  4. Buat juga laman contact us dan about us.
google ads untuk pemula

Gambar oleh Firmbee dari Pixabay

6. Kerucutkan Tema Situs Anda

Selain itu, Google juga sangat menyukai situs dengan tema-tema tertentu seperti kesehatan, lifestyle, travel, bisnis, teknologi, dan lainnya. Setelah Anda menemukan tema umum, maka Anda harus mengerucutkan tema menjadi lebih spesifik lagi, sehingga Anda dapat lebih mudah mendapatkan ranking di mesin pencari Google.

Belajar Google Adsense di Oryza

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, buat akun Google Adsense memang lumayan susah. Terkecuali jika Anda terus menyimak konten-konten tentang Adsense di Oryza, buat akun Google Adsense akan terasa sangat mudah dan cepat.

Bersama kami, Anda bisa merasakan legitnya earning yang melimpah sehingga Anda bisa gajian setiap bulannya. Oryza juga menyediakan layanan pembuatan artikel SEO. Ingat, content is the king dalam dunia SEO, dan tentu akan berimbas positif untuk Google Adsense.

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *