Kartu Prakerja, Cara Cepat Dapat Transferan 600 Ribu

kartu prakerja

Kartu prakerja merupakan sebuah program dengan maksud untuk membantu lulusan-lulusan baru atau pekerja yang terkena PHK. Salah satu upaya yang dijalankan yakni mengembangkan keterampilan dan kompetensi mereka dengan melakukan pelatihan-pelatihan. Program ini akan membiayai setiap pelatihan yang diikuti.

Penerima biaya adalah mereka yang telah menerima kartu prakerja, tentu dengan melalui seleksi terlebih dahulu. Kartu prakerja sendiri merupakan kartu yang akan diperoleh oleh orang yang telah melakukan tes dan lolos dalam seleksi akhir dalam program pelatihan tersebut.

Gambar oleh shahbazshah91 dari Pixabay

Sistem Kartu Prakerja

Kartu prakerja adalah kartu yang digunakan sebagai penanda atau pemberi identitas pada penerima bantuan biaya dalam program. Bagi Anda yang ingin mengikuti program ini, Anda harus membuat akun terlebih dahulu pada situs www.prakerja.go.id.

Setelah memiliki akun, barulah Anda dapat mendaftarkan diri untuk melakukan seleksi. Sebelum melakukan pendaftaran, Anda harus memperhatikan beberapa kriteria agar dapat mendaftar dan melakukan tes pada program kartu prakerja ini.

  1. Pendaftar merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia minimal 18 tahun.
  3. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Selain itu, terdapat tujuh golongan yang telah dipastikan gagal untuk mendapat insentif menurut situs resmi kartu prakerja. Tujuh golongan tersebut diantaranya adalah:

  1. Pejabat Negara.
  2. Aparatur Sipil Negara.
  3. Prajurit Tentara Nasional Indonesia.
  4. Anggita Kepolisian Negara Republik Indonesia.
  5. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
  6. Kepala dan Perangkat Desa.
  7. Komisaris, Direksi, dan Dewan Pengawas pada usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Apabila Anda memenuhi tiga kriteria di atas dan bukan merupakan salah satu dari tujuh golongan tersebut, Anda dapat langsung mendaftar pada situs resmi program kartu prakerja.

Gambar oleh GraphicMama-team dari Pixabay

Setelah mendaftar, Anda akan menerima sebuah tes dan seleksi gelombang. Apabila Anda terpilih dalam tahap seleksi gelombang, maka Anda akan mendapat kartu prakerja dan bantuan biaya berupa saldo non tunai yang akan diterima pada platform digital.

Biaya ini dapat digunakan oleh penerima untuk mengikuti berbagai pelatihan yang akan menunjang kemampuan penerima sebelum mencari kerja. Tunjangan biaya ini diberikan dengan jangka waktu kurang lebih 6 hingga 12 bulan.

Setelah selesai mengikuti pelatihan-pelatihan, penerima bantuan program kartu prakerja akan mendapat insentif. Insentif akan disalurkan melalui rekening e-wallet atau rekening bank yang telah didaftarkan sebelumnya oleh penerima.

Insentif tersebut ditujukan untuk membantu peserta yang telah menyelesaikan pelatihan dalam mencari pekerjaan. Insentif yang diberikan akan dibayarkan tiap bulan dengan jumlah kurang lebih 600 ribu rupiah selama jangka waktu 4 bulan. Biaya ini akan diberi setelah peserta selesai melakukan pelatihan dan telah memberi peringkat juga ulasan pelatihan.

Login Kartu Prakerja

Login pada akun kartu prakerja hanya dapat dilakukan oleh orang yang telah memiliki akun sebelumnya. Apabila Anda belum memiliki akun kartu prakerja, maka Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Anda dapat melakukan registrasi dengan memasukan alamat e-mail atau nomor telepon aktif serta membuat password.

Setelah melakukan registrasi, Anda akan mendapat notifikasi dari akun email untuk melakukan proses verifikasi. Setelah Anda berhasil melakukan verifikasi, maka Anda telah memiliki akun untuk mengakses segala hal mengenai program kartu prakerja, termasuk untuk mendaftar.

Apabila Anda telah memiliki akun kartu prakerja, maka Anda dapat melakukan login dengan memasukan email atau nomor telepon yang telah Anda daftarkan, serta password yang sebelumnya telah Anda buat.

Apabila Anda lupa dengan password yang telah dibuat, Anda dapat menekan “lupa password” untuk melakukan verifikasi pada alamat email. Setelah melakukan verifikasi, Anda dapat membuat password baru dengan menekan link yang telah diberikan.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Tahap selanjutnya untuk mendapat bantuan biaya dalam program ini adalah  dengan mendaftarkan diri Anda. Proses pendaftaran ini dapat dilakukan secara online maupun offline dan terdapat biaya pendaftaran apabila Anda ingin mendaftarkan diri. Berikut cara-cara untuk mendaftar dalam program kartu prakerja.

1. Mendaftar Secara Online

Apabila Anda memilih untuk mendaftar secara online, maka Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Anda harus melakukan registrasi dan login pada akun tersebut. Apabila Anda telah memiliki akun, maka Anda dapat langsung mendaftarkan diri pada program ini.

  1. Masuk ke situs prakerja.go.id.
  2. Klik “daftar sekarang” dan lakukan registrasi, bisa juga langsung login dengan email atau nomor telepon aktif, serta masukan password.
  3. Isi data diri pada form yang tersedia.
  4. Setelahnya, Anda akan mengikuti proses tes dan seleksi gelombang.
  5. Klik “gabung” pada gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

2. Mendaftar Secara Offline

Apabila Anda ingin melakukan pendaftaran program kartu prakerja secara offline, maka Anda harus mendatangi Kementerian Ketenagakerjaan atau melalui Pemerintah Daerah seperti Dinas Ketenagakerjaan.

Anda akan mengisi formulir dengan format yang sama seperti yang diisi oleh pendaftar online. Setelah selesai mengisi formulir tersebut, Anda dapat memberikannya kembali dan mengikuti tes.

Data diri yang harus diisi dalam formulir pendaftaran diantaranya adalah:

  1. Nama lengkap yang sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Nomor Induk Keluarga (NIK).
  3. Nomor Kartu Keluarga.
  4. Tanggal lahir.
  5. Surat elektronik (surel).
  6. Nomor telepon yang aktif (dan akan aktif hingga 5 bulan seterusnya).
  7. Alamat sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  8. Alamat domisili saat ini.
  9. Jenis kelamin.
  10. Pendidikan terakhir.
  11. Status kebekerjaan.
  12. Jenis pelatihan yang diinginkan.
  13. Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Gambar oleh OpenClipart-Vectors dari Pixabay

Setelah melakukan pendaftaran dan mengikuti tes, Anda harus menunggu hasil seleksi yang akan diputuskan oleh manajemen pelaksana pada gelombang yang Anda pilih.

Apabila Anda diterima sebagai penerima bantuan dalam program kartu prakerja ini, maka Anda akan mendapat notifikasi melalui SMS atau dapat dicek melalui dashboard akun kartu prakerja Anda.

Perlu Anda ketahui pula bahwa manajemen pelaksana memiliki wewenang dalam memberikan penetapan atau penolakan atas pendaftaran dalam proses seleksi penerima program kartu prakerja.

Saat ini, gelombang 11 merupakan gelombang terakhir pada tahun 2020 ini. Pada gelombang 11 ini, terdapat 380 ribu dari 4 juta pendaftar yang lolos dan menerima bantuan kartu prakerja.

Keputusan ini diumumkan pada Selasa, 10 November 2020 lalu. Bagi Anda yang ingin mendaftar, Anda dapat menunggu gelombang selanjutnya dibuka. Gelombang selanjutnya diprediksi akan keluar tahun depan, walau belum diketahui pasti pada bulan apa.

Bagi Anda yang telah mendaftar dan mengisi data diri, Anda juga tinggal menunggu pembukaan gelombang 12 dan tidak perlu mendaftar ulang saat gelombang selanjutnya dibuka.

Program kartu prakerja ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan melalui pelatihan-pelatihan digital yang telah dilakukan.

Anda dapat mulai mendaftarkan diri Anda untuk melakukan program kartu prakerja ini mulai sekarang apabila Anda ingin meningkatkan keterampilan, kompetensi, dan wawasan Anda. Jangan lupa untuk memeriksa segala persyaratannya sebelum mendaftar.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *