13+ Khasiat Buah Naga yang Bermanfaat Bagi Anda

  • oleh
khasiat buah naga

Khasiat Buah Naga sangat banyak bagi kesehatan Anda. Buah Naga adalah buah dengan nama latin Hylocereus yang akan Anda temukan di daerah tropis di seluruh dunia.

Nama ilmiah tanaman ini berasal dari kata Yunani “hyle”, yang berarti “kayu” dan kata Latin “cereus” yang berarti “pucat”. Dari luar, buah ini tampak seperti bola lampu berwarna merah muda atau kuning cerah dengan daun berwarna hijau seperti paku yang keluar seperti nyala api di sekitarnya.

Khasiat Buah Naga Ungu

 

khasiat buah naga ungu

Ketika Anda membelah Buah Naga, Anda akan menemukan daging buah berwarna putih dengan biji-biji hitam di dalamnya yang bisa Anda makan. Buah ini hadir dalam varietas berkulit merah, kuning dan ungu.

Meksiko Selatan, Amerika Selatan dan Amerika Tengah, merupakan wilayah awal tumbuhnya Buah Naga.  Pada awal abad ke-19, Perancis membawa Buah Naga ke Asia Tenggara.

Orang Amerika Tengah menyebut Buah Naga dengan sebutan “pitaya”. Di Asia, buah ini sering disebut sebagai “pir stroberi”. Buah Naga digambarkan oleh beberapa orang sebagai memiliki campuran rasa antara semangka, pir dan kiwi.

Selain itu, rasa dan khasiat Buah Naga juga segar dan manis dengan struktur daging yang berair. Dalam 6 ons Buah Naga ungu, Anda akan mendapatkan:

 

Nutrisi Jumlah Kandungan
Kalori 102
Lemak 0 gram
Protein 2 gram
Karbohidrat 22 gram
Serat 5 gram
Gula 13 gram
Vitamin A 100 IU
Vitamin C 4 mg
Kalsium 31 mg
Zat Besi 1 gram
Magnesium 68 mg

 

Buah Naga ungu memiliki banyak manfaat kesehatan, diantaranya:

1.   Kaya Antioksidan

Khasiat Buah Naga ungu kaya akan antioksidan seperti betacyanin flavonoid dan asam fenolik. Zat-zat alami tersebut dapat melindungi sel Anda dari kerusakan akibat molekul radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit seperti penuaan dini dan kanker.

2.   Bebas Lemak dan Berserat Tinggi

Buah Naga ungu mengandung 0% lemak dan tinggi serat. Hal tersebut membantu membuat Anda kenyang lebih lama di antara waktu makan sehingga Buah Naga ungu bisa menjadi camilan yang baik.

3.   Membantu menurunkan gula darah

Buah Naga ungu juga dapat membantu menurunkan gula darah Anda. Para peneliti mengatakan, Buah Naga ungu dapat menggantikan sel-sel rusak pada pankreas Anda.

Namun masih belum ada informasi pasti mengenai berapa banyak Buah Naga yang harus Anda makan untuk mendapatkan manfaat tersebut.

4.   Mengandung Prebiotik

Buah Naga Ungu juga mengandung prebiotik, zat yang dapat memberi makanan kepada bakteri sehat di usus Anda. Memiliki banyak prebiotik dalam sistem pencernaan Anda dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik daripada bakteri jahat di usus Anda.

Secara khusus, khasiat Buah Naga ungu mendorong pertumbuhan bifidobacteria dan probiotic lactobacilli. Di dalam usus Anda, bakteri-bakteri baik bermanfaat dalam membunuh virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, mereka juga membantu mencerna makanan Anda.

5.   Memperkuat Sistem Kekebalan

Buah Naga ungu bisa memperkuat sistem kekebalan Anda. Untuk sistem kekebalan Anda, Buah Naga kaya akan vitamin C dan antioksidan lain.

6.   Meningkatkan Kadar Zat Besi

Buah Naga ungu dapat meningkatkan kadar zat besi Anda. Memindahkan oksigen ke seluruh tubuh dan memberi Anda energi merupakan sebagian fungsi dari zat besi. Vitamin C dalam Buah Naga juga membantu tubuh Anda menyerap dan menggunakan zat besi secara maksimal.

Khasiat Buah Naga untuk Kulit

khasiat buah naga untuk kulit

Di antara sekian banyak buah-buahan eksotis dan berwarna-warni, Buah Naga menempati tempat teratas. Buah ini tidak hanya menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh tetapi juga untuk kulit.

Buah Naga mengandung antioksidan, vitamin dan nutrisi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan termasuk masalah yang berhubungan dengan kulit termasuk tanda-tanda penuaan, jerawat dan sunburn.

Mengkonsumsi Buah Naga sangat dianjurkan bagi orang dengan kulit yang rentan berjerawat dan bila Buah Naga dioleskan secara rutin, ia bekerja secara ajaib untuk menyembuhkan kulit yang meradang. Sangat disarankan untuk menambahkan buah ini ke dalam perawatan kecantikan Anda.

Beberapa khasiat Buah Naga untuk kulit Anda, diantaranya:

1.   Membantu Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Buah Naga mengandung vitamin B3 yang memungkinkannya untuk menenangkan kulit yang terbakar matahari dan memberikan penyembuhan secara cepat pada peradangan kulit, kemerahan dan gatal yang disebabkan paparan sinar ultraviolet secara langsung.

2.   Membantu Mengurangi Jerawat

Berkat adanya kandungan vitamin C dalam Buah Naga, Buah Naga dapat membantu mengurangi jerawat. Antioksidan tersebut mencegah kulit Anda menjadi ‘pecah’ dan membuatnya tetap sehat dan bercahaya.

3.   Membuat Kulit Bercahaya

Membantu melindungi dari kulit kusam dan membuat kulit Anda terlihat segar dan terasa diremajakan merupakan manfaat vitamin C yang terdapat dalam khasiat Buah Naga.

4.   Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Radikal Bebas

Merusak sel dan menyebabkan kulit mengalami stres oksidatif (membuat kulit Anda terlihat kusam dan dehidrasi) merupakan efek samping dari terpaparnya radikal bebas. Termasuk menyebabkan kulit Anda menua sebelum waktunya.

Mengkonsumsi Buah Naga secara teratur dapat mencegah radikal bebas sehingga kulit bebas kusam.

5.   Membantu Melawan Penuaan Dini

Beberapa hal yang dapat mempercepat proses penuaan kulit diantaranya gaya hidup yang buruk, kurang tidur, paparan langsung sinar matahari, pola makan yang tidak teratur serta radikal bebas. Tanda-tanda penuaan dini meliputi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Mengkonsumsi Buah Naga secara teratur dapat mencegah radikal bebas untuk merusak kulit.

6.   Bertindak sebagai Pelembab Alami

Dengan kandungan kurang lebih 80% air, vitamin dan antioksidan yang penting untuk kulit menjadikan Buah Naga sebagai moisturizer alami. Mengoleskan Buah Naga langsung pada kulit merupakan salah satu cara terbaik untuk menggunakan Buah Naga.

Khasiat Buah Naga untuk Ibu Hamil

khasiat buah naga untuk ibu hamil

Fenomena anemia selama kehamilan paling umum disebabkan oleh kekurangan zat besi. Buah Naga memiliki banyak zat besi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit. Oleh karena itu, jus Buah Naga dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan untuk mengatasi anemia pada ibu hamil.

Pertanyaan Seputar Buah Naga

1.   Apa Keburukan dan Bahaya Buah Naga?

Buah Naga umumnya aman untuk dikonsumsi meskipun penelitian juga melaporkan terdapat reaksi alergi yang muncul. Namun jangan terlalu khawatir karena gejala berupa pembengkakan pada lidah, gatal-gatal dan muntah sangat jarang terjadi.

Jika Anda memakan Buah Naga berwarna merah dalam jumlah yang banyak, kencing Anda mungkin akan berubah menjadi berwarna merah muda atau merah. Hal yang sama saat Anda terlalu banyak memakan Buah Bit.

Kencing Anda akan kembali ke warna normal setelah semua sisa sari Buah Naga keluar dari sistem pencernaan Anda.

2.   Buah Naga untuk Menyembuhkan Penyakit Apa?

Khasiat Buah Naga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes, prediabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas dan banyak penyakit lainnya.

3.   Buah Aaga Apakah Baik untuk Asam Lambung?

Buah Naga cocok untuk diet seimbang apapun, terutama untuk diet diabetes dan setiap kasus sakit perut dan tukak lambung.

4.   Apakah Penderita Darah Tinggi Boleh Makan Buah Naga?

Menambahkan buah-buahan yang dapat dimakan seperti Semangka, Pisang, Tomat, Schisandra, Buah Ara dan Buah Naga ke dalam makanan akan membantu dalam pencegahan hipertensi. Buah Naga adalah alternatif terbaik untuk obat hipertensi dengan cara alami.

Pada dasarnya khasiat Buah Naga sangat banyak bagi kesehatan. Meskipun asupan gula yang berlebihan bisa berbahaya, hal tersebut tidak berlaku dalam mengkonsumsi Buah Naga secara utuh. Sebaliknya, Buah Naga adalah makanan tinggi nutrisi dan mengenyangkan.

Untuk kumpulan artikel seputar sains dan wawasan lainnya, Anda dapat mengunjungi oryzawriter.com dan temukan artikel menarik lainnya.

 

 

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *