Ketahui 7 Perbedaan Wix dan WordPress Sebelum Membuat Web

  • oleh
perbedaan wix dan wordpress

Wix vs WordPress, dua platform untuk membuat website atau blog yang sering masyarakat Indonesia perbincangkan belakangan ini. Meski fungsinya sama, yaitu untuk membuat website, tetapi cara menggunakan dan fitur yang mereka miliki cukup berbeda. Jika Anda ingin memilih salah satu dari kedua platform pembuat website tersebut, ketahui dulu perbedaan Wix dan WordPress yang telah kami jabarkan berikut ini.  

7 Perbedaan Wix dan WordPress yang Harus Anda Ketahui 

Pada artikel ini, kami akan membahas semua hal yang perlu Anda ketahui mengenai Wix dan WordPress. Berikut ini tujuh perbedaan Wix dan WordPress yang harus Anda ketahui sebelum memilih platform website yang cocok untuk Anda.

  • Pembuat Sistem Web vs Sistem Manajemen Konten

perbedaan wix dan wordpress

pixabay.com/kreatikar

Sebenarnya, kedua platform pembuat website ini memiliki konsep yang berbeda. Wix adalah pembuat situs web, sementara WordPress merupakan sistem yang menangani manajemen konten atau CMS (Content Management System).

Perbedaan Wix dan WordPress ini hadir dengan fitur dan manfaat khasnya masing-masing. Wix yang merupakan pembuat situs web memang dibuat bagi mereka yang belum familiar dengan cara kerja dan tampilan web. Sehingga, orang yang masih awam tentang web bisa menggunakan Wix dengan mudah. 

Untuk mendukung kemudahan penggunaan ini, Wix telah menyediakan aneka template dan tema yang bisa digunakan sesuai seleranya masing-masing. Namun, keberadaan template dan tema ini membuat Wix kurang fleksibel, berbeda dengan WordPress.

WordPress dibuat sebagai sistem manajemen konten yang fleksibel, dimana penggunanya bisa mengatur konten seperti yang mereka inginkan. WordPress juga menyediakan berbagai tema dan plugin yang bisa Anda manfaatkan dalam membuat web. 

  • Closed vs Open source

Hal yang paling terlihat dari perbedaan Wix dan WordPress adalah sifat keduanya, dengan Wix yang tertutup untuk umum dan WordPress yang terbuka. Apa itu maksud tertutup dari Wix, hal ini berarti, Wix tidak bisa diubah oleh orang luar.

Hanya developer Wix saja yang bisa membuat dan mengubah fitur beserta plugin miliknya. Sedangkan, WordPress yang open source berarti semua orang bisa membuat situs web yang mereka inginkan dengan mudah.

Wix memang dirancang untuk para pemula yang hanya membutuhkan situs web standar dengan semua fitur yang diberikan. Sehingga, Wix bisa Anda gunakan tanpa bantuan oleh seorang ahli. Berbeda dengan WordPress yang memiliki banyak tema dan plugin.

Sehingga bila Anda belum mengerti dengan baik mengenai cara WordPress, Anda harus meminta bantuan seorang ahli atau belajar mengenalnya lebih jauh terlebih dahulu untuk dapat membangun situs web yang sesuai kebutuhan Anda. 

Jadi perbedaan Wix dan WordPress secara keseluruhan adalah, Wix dirancang untuk mudah digunakan. Sedangkan WordPress dirancang untuk bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan selera pemilik situs webnya. 

  • Biaya dan Harga

Biaya pembuatan situs web adalah salah satu faktor penting dalam memilih platform pembuatan web Anda. Oleh, karena itu, Anda harus mengetahui perbedaan Wix dan WordPress dari sisi biaya yang perlu Anda keluarkan sesuai dengan budget yang Anda punya.

Pada dasarnya, Wix merupakan platform pembuatan situs web gratis. Namun, beberapa fitur dalam Wix hanya ada pada versi berbayar. Misalnya, pada versi gratis Wix, Anda tidak akan dapat menggunakan plugin seperti Favicons, eCommerce, Google Analytics dan lain-lain.

Saat menggunakan Wix, Anda hanya bisa menggunakan nama domain khusus seperti username.Wix.co/sitename. Karena, Wix telah menyediakan fitur hosting di dalam paketnya. Sedangkan, WordPress hadir sebagai platform pembuat web yang gratis.

Walaupun, Anda bisa meningkatkannya ke versi premium dan mendapatkan kelebihan lainnya seperti tema dan plugin premium. Cara pembayaran kedua platform situs web ini cukup berbeda. Karena, Wix telah membuat hosting menjadi satu paket pelayanan yang mereka berikan.

Sedangkan, WordPress hanya menyediakan CMS tanpa adanya hosting, sehingga Anda harus membelinya sendiri. Perbedaan keduanya ini juga menyebabkan kesulitan dalam membandingkan harga keduanya.

  • Cara Penggunaan

perbedaan wix dan wordpress

pixabay.com/jamesmarkosborne

Perbedaan Wix dan WordPress selanjutnya terletak dari cara penggunaannya. Namun, keduanya memiliki satu kesamaan yaitu, kemudahannya dalam membuat situs web bagi pemula. Sehingga, banyak pemula yang memilih salah satu dari kedua platorm tersebut. 

Kebanyakan pemula lebih menyukai menggunakan Wix yang mudah untuk digunakan oleh para pemula. Karena, Wix memiliki semua fitur standar dalam sebuah web yang dibutuhkan. Tampilan dan cara menggunakannya pun mudah, sehingga para pemula pun bisa menggunakannya. 

Jika dalam perbedaan Wix dan WordPress penggunaan Wix lebih mudah, maka WordPress terbilang cukup sulit dan rumit bagi pemula. Karena, WordPress memiliki banyak fitur dan plugin yang bisa membuat Anda bingung saat pertama kali melihatnya. Namun, jika Anda melakukan sedikit pembelajaran, maka penggunaan WordPress pun akan terlihat mudah. 

  • Fitur

Kedua platform pembuat situs web ini memiliki fitur yang cukup berbeda. Anda dapat memilih platform pembuat situs web ini sesuai dengan kebutuhan Anda setelah meninjau perbedaan Wox dan WordPress. Jika Anda membutuhkan web konvensional dengan segala fitur pendukungnya, maka Anda dapat menggunakan Wix.

Sedangkan, jika Anda ingin membuat web yang berbeda dari biasanya dan sesuai selera Anda, maka WordPress yang memiliki aneka plugin dan tema adalah jawabannya. Dalam arti lain, Wix sudah memiliki tema khusus untuk restoran, fotografer atau bisnis kecil lainnya.

Dimana semua fitur yang Anda butuhkan untuk membuat web dengan tema di atas dapat Anda temukan dengan mudah di Wix. Misalnya, Anda membutuhkan formulir kontak, galeri foto, kalender hingga google map, semuanya dapat Anda temukan pada Wix.

Berdasarkan perbedaan Wix dan WordPress tersebut, Anda dapat menggunakan Wix untuk membuat web dan dengan mudah cepat. Sedangkan, saat menggunakan WordPress Anda bisa lebih berkreasi dengan ribuan tema dan plugin yang bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda.

Namun, banyaknya plugin dan tema ini Akan menghabiskan waktu Anda untuk memilih-milih fitur yang cocok untuk Anda. Seperti itu lah perbedaan Wix dan WordPress dari segi fitur.

  • Layanan Pelanggan

Perbedaan Wix dan WordPress selanjutnya terletak pada layanan pelanggan. Pelayanan ini adalah salah satu fasilitas yang wajib ada pada sebuah produk, sebagus dan semudah apapun penggunaanya. Kedua platform pembuat situs web ini juga memiliki layanan pelanggannya masing-masing.

Wix memiliki tiga fasilitas layanan pelanggan yang bisa Anda gunakan. Misalnya seperti, Call Center, Social Media dan Online Help Center. Ketiga layanan pelanggan ini memiliki cara penggunaan dan fungsi yang berbeda-beda.

Jika Anda ingin mengetahui hal-hal dasar mengenai Wix, maka Anda bisa mengunjungi Online Help Center. Karena, semua pertanyaan seputar layanan dasar Wix yang Anda butuh ada di sini. Anda bisa langsung mengetikkan topik yang Anda cari atau mencari topiknya sesuai topik yang telah banyak orang perbincangkan.

Jika pertanyaan Anda belum bisa terjawab dengan pengetahuan dasar, maka Anda bisa menghubungi call center atau media sosial milik Wix. Call Center milik Wix bisa Anda hubungi 24/7, namun Anda harus menjadwalkan waktu telepon Anda dan menggunakan bahasa Inggris.

Anda bisa menyampaikan pertanyaan seperti akun, domain, biaya langganan, kotak pesan, web editor hingga pengaturan web. Sedangkan, untuk menggunakan media sosial Anda bisa langsung menanyakannya pada akun media sosial Wix, tanpa perlu mengatur waktu terlebih dahulu. 

Lain halnya dengan WordPress, CMS ini hanya memiliki dua layanan pelanggan yaitu, pengetahuan dasar (knowledge base) dan forum. Untuk knowledge base, Anda bisa menggunakannya untuk mengetahui cara menggunakan WordPress hingga pertanyaan yang sering penggunanya tanyakan mengenai WordPress.

Namun, jika hal yang Anda tanyakan tidak terdapat dalam pengetahuan dasar, Anda dapat bertanya pada forum WordPress dan menunggu pengguna lainnya menjawab pertanyaan Anda. 

  • Plugin

perbedaan wix dan wordpress

pixabay.com/geralt

Perbedaan Wix dan WordPress berikutnya terletak dari fitur plugin. Aplikasi pendukung atau plugin adalah fitur wajib yang bisa Anda gunakan untuk mendukung tampilan dan fungsi situs web Anda. Wix memiliki semua fitur dasar yang cukup banyak seperti fitur blog, booking, chat, forum, Instagram feed, dan lain-lain.

Semua fitur dalam Wix ini merupakan buatan sendiri dari pihak Wix, sehingga kualitasnya terjamin. Cara memasang plugin dari Wix pun terbilang mudah. Anda hanya perlu meng-klik fitur yang Anda inginkan dan Wix akan melakukan semua hal sisanya sampai fitur tersebut bisa Anda gunakan. 

WordPress sendiri memiliki ribuan plugin yang bisa digunakan oleh penggunanya, hal ini merupakan kelebihan dari WordPress. Semua plugin ini memang bukan WordPress sendiri yang membuatnya, sehingga tidak semua aplikasi pendukung ini tidak memiliki kualitas yang baik dan dapat Anda gunakan dengan mudah.

Anda harus mencari aplikasi pendukung yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan penggunaannya juga mudah. Namun, karena sifat WordPress yang open source, Anda dapat menemukan aneka jenis plugin, bahkan untuk hal sepele sekalipun.

Misalnya seperti, plugin untuk memastikan keaktifan SSL pada web, dan masih banyak jenis plugin lainnya. Menyenangkan, bukan? Bisa memiliki situs web dengan fitur yang Anda inginkan. 

Itulah tujuh perbedaan Wix dan WordPress yang harus Anda ketahui sebelum memilih platform pembuat situs web yang sesuai dengan selera untuk blog atau bisnis Anda.

Jika Anda membutuhkan situs web yang bisa dikreasikan sesuai kebutuhan dan mudah digunakan, maka WordPress adalah jawabannya. Anda juga bisa menggunakan Oryza Writer untuk menangani konten yang akan Anda terbitkan pada situs web Anda.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *