7 Plugin SEO WordPress Terbaik untuk Optimasi Website

  • oleh
apa itu WordPress

Salah satu cara untuk mengoptimasi website agar muncul di halaman depan pencarian Google adalah dengan menggunakan plugin SEO. WordPress sendiri memiliki banyak plugin SEO yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai tujuh plugin SEO WordPress terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk optimasi konten website

Apa Saja Plugin di WordPress? 

WordPress merupakan salah satu platform yang digunakan oleh banyak orang untuk membuat website. WordPress sendiri memiliki berbagai jenis plugin yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan fungsi dan tampilan website tersebut. 

Mengapa di WordPress ada plugin? Plugin merupakan aplikasi tambahan yang berguna untuk memperkaya fungsi serta fitur website WordPress Anda. WordPress yang awalnya hanya berupa situs kosong, bisa berubah menjadi situs yang memiliki banyak fitur dan fungsi menarik karena keberadaan plugin.

Kegunaan plugin ini membuat website Anda menjadi lebih menarik bagi orang yang mendatanginya.  Apakah plugin WordPress berbayar? Anda tidak perlu khawatir, tidak semua plugin yang WordPress miliki berbayar.

Ada plugin yang mengharuskan Anda untuk membayar saat menggunakannya, ada yang perlu membayar untuk mendapatkan fitur premium. Namun, ada juga plugin yang gratis 100%, dimana Anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk menggunakan semua fitur dalam plugin tersebut.  

Plugin yang dimiliki oleh WordPress pun sangat beragam. Mulai dari plugin backup, kalender, music untuk keamanan, plugin SEO, hingga plugin optimasi. Banyaknya ragam plugin dalam WordPress ini bisa Anda manfaatkan guna membuat website impian. 

Walaupun, WordPress memiliki aneka ragam plugin, Anda tidak boleh menginstallnya terlalu banyak. Karena, plugin yang terlalu banyak akan membuat website menjadi lambat dan tentunya tidak disukai oleh pengunjung. Oleh karena itu, Anda hanya perlu menginstall plugin SEO WordPress terbaik untuk website Anda. 

7 Rekomendasi Plugin SEO pada WordPress

WordPress menyediakan berbagai jenis plugin SEO, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Berikut ini daftar rekomendasi plugin SEO  WordPress terbaik yang bisa membantu Anda mengoptimalkan website agar berada pada halaman satu pencarian Google.

  • All in One SEO Pack

plugin seo wordpress terbaik

Plugin SEO WordPress terbaik yang pertama terbilang yang paling mudah untuk digunakan, terutama untuk para pemula. Pemakaiannya yang mudah serta fitur-fiturnya yang cukup apik bisa membantu Anda dalam mengoptimalkan website Anda.

Hal ini juga terlihat dari pengguna plugin ini yang cukup banyak, hingga mencapai 3 juta pengguna aktif. Fitur-fitur yang hadir pada plugin All in One SEO Pack ini beragam. Mulai dari fitur dukungan Google Analytics, membuat sitemap XML, mengoptimalkan judul serta meta tag secara otomatis.

Anda bisa menggunakan plugin yang satu ini secara gratis maupun berbayar. Walaupun menggunakan versi yang gratis, Anda sudah bisa menggunakan fitur SEO Friendly yang cukup untuk meningkatkan peringkat website Anda.

  • Broken Link Checker

https://wordpress.org/support/plugin/broken-link-checker/

Plugin SEO WordPress terbaik yang satu ini bekerja dengan cukup berbeda daripada plugin sebelumnya. Plugin ini hadir untuk menjawab masalah yang sering terjadi pada website yaitu link dan gambar yang menjadi hilang. Plugin Broken Link Checker ini berfungsi untuk memperbaiki link dan gambar yang rusak pada website Anda.

Dengan menginstall plugin ini, Anda dapat terhindar dari masalah Google yang sering menganggap bahwa link dan gambar yang rusak merupakan tanda bahwa web tersebut tidak dikelola dengan baik. 

Sehingga, Anda bisa lebih fokus untuk membuat konten yang sesuai dengan SEO, daripada mengurusi masalah link dan gambar yang rusak. Cara kerja plugin yang gratis ini cukup sederhana, Broken Link Checker akan mengumpulkan link dan gambar yang hilang ke dalam sebuah daftar.

Kemudian, Anda akan mendapatkan notifikasi mengenai daftar tersebut pada email Anda yang nantinya bisa Anda edit dan ubah sesuai keinginan. 

  • Google XML Sitemaps

plugin seo wordpress terbaik

Salah satu komponen lainnya yang penting dalam mengoptimalkan web adalah sitemap. Sitemap berfungsi untuk memudahkan mesin pencari seperti Google dan Bing untuk mengindex website Anda. Google XML Sitemaps ini merupakan plugin SEO WordPress terbaik yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan fungsi tersebut. 

Tak hanya membantu mengindex website Anda, sitemap berguna untuk memberitahu mesin pencari setiap ada postingan baru dari website Anda.

Sitemap juga akan mengecek struktur website Anda untuk memudahkan plugin ini untuk optimasi web. Plugin ini bisa Anda gunakan tanpa biaya apapun, sehingga Anda bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • SEMRush

plugin seo wordpress terbaik

Fungsi utama dari plugin SEO WordPress terbaik SEMRush adalah untuk menampilkan berbagai data mengenai kata kunci atau keyword. Plugin ini akan membantu Anda dalam mengoptimalkan penggunaan kata kunci. Mulai dari keyword gap, pencarian organik hingga trafik organik, Anda bisa melakukannya dengan plugin ini. 

Mengetahui kata kunci yang tepat dan terbaik untuk SEO, akan membantu Anda untuk menaikkan peringkat web dalam pencarian Google. Tak hanya berfungsi sebagai pencari kata kunci, plugin ini juga dapat Anda gunakan untuk mencari kata kunci konten pemasaran serta konten sosial media.

  • SEOPress

plugin seo wordpress terbaik

SEOPress adalah salah satu plugin SEO WordPress terbaik yang memiliki fitur yang lengkap dan gratis, Anda akan terbebas dari iklan saat menggunakan plugin yang satu ini. Plugin ini hadir dengan fitur komprehensif yang memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan website dengan sepenuhnya.

Mulai dari membuat peta situs XML khusus, mengelola pengalihan, menganalisis konten berdasarkan kata kunci, dan sebagainya. SEOPress juga sudah sepenuhnya terintegrasi dengan Google Analytics, sehingga lebih memungkinkan bagi Anda untuk melacak upaya SEO Anda.

Tak hanya itu, plugin ini juga memiliki alat analisis konten yang akan memberikan fungsi pengoptimalan untuk membantu Anda menulis artikel atau konten lainnya dengan lebih baik.

Fitur lainnya yang dimiliki oleh plugin ini antara lain adalah dukungan kata kunci yang tidak terbatas, membuat judul dan meta deskripsi yang dinamis serta optimal, pemantauan media sosial hingga tutorial SEO gratis bagi para pemula yang baru terjun ke dalam dunia SEO. 

  • Rank Math

plugin seo wordpress terbaik

Plugin SEO WordPress terbaik Rank Math memiliki banyak fitur dan sangat mudah untuk digunakan. Anda bisa menemukan banyak fitur menarik yang bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan website Anda.

Salah satu fitur yang akan menarik perhatian Anda adalah fitur otomatisasi cerdas yang akan membantu pemula mengoptimalkan konten mereka dalam beberapa klik saja. Tak hanya memiliki banyak fitur canggih, Rank Math juga sudah terintegrasi dengan Google Search Console dan alat pencari kata kunci lainnya.

Integrasi ini akan berguna bagi Anda untuk tetap berada dalam barisan depan daripada para pesaing lainnya. Plugin ini juga memiliki fitur yang berbasis modul yang memungkinkan Anda memilih fitur yang Anda perlu tanpa membebani situs Anda dengan fungsi yang tidak perlu.

Beberapa fitur lainnya yang akan Anda temui pada plugin SEO WordPress terbaik yang satu ini adalah audit SEO, dukungan kata kunci yang tak terbatas, mark up skema, peta situs XML dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan website Anda masing-masing.

  • Yoast SEO

plugin seo wordpress terbaik

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO WordPress terbaik dan terpopuler yang menjadi idaman banyak orang. Hal ini tidak terlepas dari berbagai fitur dan kemudahan yang ada dalam plugin ini. Plugin Yoast ini memiliki fungsi utama untuk mengoptimalkan posting dan halaman web.

Sehingga, web Anda terlihat lebih SEO friendly daripada saat menggunakan plugin lainnya. Plugin yang memiliki rating 4.7 ini memang patut untuk tidak Anda lewatkan, karena fitur-fitur yang dimiliki akan sangat membantu Anda dalam optimasi web.

Mulai dari fitur optimasi kata kunci yang berfungsi untuk mengoptimasi halaman dan post dengan judul yang SEO-friendly, deskripsi meta serta kata kunci meta.

Selain fitur di atas, Yoast SEO yang telah lama dikenal sebagai plugin SEO WordPress terbaik ini juga memiliki fitur yang dapat memberikan tampilan awal kepada pengguna tentang bagaimana halaman web akan terlihat pada hasil pencarian Google.

Sehingga, Anda bisa mengetahui tampilan awal dari halaman yang Anda buat dan bisa mengubahnya sebelum memposting. Masih ada fitur lainnya dari Yoast SEO yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan website Anda. Anda hanya perlu menemukan fitur yang sesuai dengan kebutuhan web Anda sendiri. 

Itulah tujuh plugin SEO WordPress terbaik yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan SEO dan optimasi website Anda. Sehingga, website Anda bisa muncul pada halaman depan pencarian Google serta bisa memiliki banyak pengunjung.

Anda juga bisa menggunakan Oryza Writer untuk menangani konten yang SEO friendly dan bisa Anda terbitkan pada situs web Anda, sehingga produk atau jasa Anda bisa tampil pada halaman pertama pencarian Google.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *