Statistik Liga Belanda, Ini Dia 5 Top Scorer

statistik liga belanda

Eredivisie musim ini sudah merampungkan 18 dari total 34 pertandingan. Angka tersebut tampaknya sudah cukup menarik untuk diketahui statistiknya. Statistik liga Belanda, sama seperti statistik pada liga lainnya, meliputi sekurang-kurangnya pencetak gol dan siapa si pembuat umpan.

Itu semua didata untuk dianalisis mana pemain dan tim terbaik serta pemain dan tim terburuk. Selain menonton pertandingan dan mengetahui skor akhirnya, statistik pada sepak bola juga dinanti oleh para pecintanya. Berikut ini statistik liga Belanda untuk Anda para pendukung Eredivisie.

Perolehan Gol

Pendataan perolehan gol digunakan untuk menentukan top scorer di akhir liga. Top scorer adalah pemain dengan gol terbanyak selama satu musim.

Karena liga Belanda baru sampai di pertandingan ke-18, maka Anda baru bisa mengetahui top scorer sementara. Berikut ini lima besar pencetak gol terbanyak Eredivisie musim 2020-2021.

1.  Giorgos Giakoumakis (VVV)

Di urutan pertama ada Giorgos Giakoumakis dari klub VVV. Pemain kelahiran 9 Desember 1994 ini berasal sekaligus bergabung dalam tim nasional Yunani. Giakoumakis mengawali karir sepakbolanya di asosiasi sepak bola Atsalenois, dan bergabung dengan klub Platanias pada tahun 2012.

statistik liga belanda

Ia mulai dipercaya di tim nasional saat usianya menginjak 21 tahun. Debutnya bersama Yunani U-21 adalah pertandingan persahabatan melawan Kroasia. Sementara itu, ia mencetak gol internasional pertamanya saat memperkuat timnas melawan Siprus pada 11 November 2020.

Giakoumanis baru bergabung Bersama VVV pada 11 Agustus 2020. Dalam permainan musim pertamanya di Eredivisie, ia telah mencetak 16 gol. Untuk ukuran total pertandingan yang baru 18 kali, angka tersebut termasuk banyak.

Fakta lain yang mencengangkan adalah Giakoumakis mencetak hattrick pada pertandingan pembuka musim ini. Namun, sayang, sumbangan gol yang diberikan oleh Giakoumakis belum bisa membuat VVV masuk sepuluh besar klasemen sementara.

2. Danilo (Twente)

Pemain dengan nama lengkap Danilo Pereira da Silva ini merupakan pemain berkebangsaan Brazil. Lahir pada tanggal 7 April 1999, Danilo bergabung dengan Ajax pada September 2017 dengan kontrak selama lima tahun. Penempatan pertamanya adalah di Jong Ajax dan Ajax U-19.

Selama memperkuat Ajax, Danilo telah mencetak 24 gol di Eerste Divisie. Sementara itu, di Eredivisie musim 2019-2020, ia hanya mampu menyumbangkan 1 gol. Setelah musim Eredivisie tersebut usai, Danilo dipinjam selama satu musim oleh Twente.

statistik liga belanda

Perpindahannya ke Twente tampaknya membuat pemain muda tersebut berproses dengan baik. Statistik liga Belanda menunjukkan bahwa selama 18 kali bertanding, ia sudah mencetak 11 gol.

3. Henk Veerman (Heerenveen)

Henk Veerman, yang bernama lengkap Hendrik Andreas Jacobus Veerman, merupakan pemain sepak bola asli Belanda. Ia lahir pada tanggal 26 Februari 1991. Pada tahun 2013 hingga 2015, Veerman bermain bersama Volendam di Eerste Divisie dengan total 25 gol dalam 50 permainan.

statistik liga belanda

Selanjutnya, ia mampu mencetak 21 gol dalam 107 pertandingannya bersama tim Heerenveen di Eredivisie pada 2014 hingga 2018. Dua tahun berikutnya, Veerman membersamai St. Pauli bermain di 2. Bundesliga dengan total 17 gol dari 39 kemunculannya di pertandingan.

Pada 2020, Veerman kembali bergabung dengan Heerenveen. Selama 18 pertandingan klubnya sekaligus kemunculannya, ia telah mencetak 11 gol.

4. Teun Koopmeiners (AZ Alkmaar)

Teun Koopmeiners merupakan pemain sepak bola Belanda kelahiran 28 Februari 1998. Ia aktif bermain di klub AZ Alkmaar sekaligus tim nasional Belanda. Pertama kali Koopmeiners masuk ke dunia sepak bola, dirinya bergabung Bersama klub Vitesse ’22.

Pada tahun 2016 hingga 2018, Koopmeiners bermain untuk Jong AZ. Dalam 25 penampilannya, ia menyumbangkan 3 gol. Memasuki musim 2017-2018, dirinya memperkuat tim AZ di Eredivisie. Dari musim pertama hingga 2019-2020, prestasi dalam mencetak golnya terus meningkat, yaitu 1, 9, dan 16.

Walaupun posisinya bukan penyerang, untuk sementara ini, ia adalah pencetak gol terbanyak di klubnya. Menurut data yang ditampung statistik liga Belanda, Koopmeiners telah menghasilkan 11 gol hingga pekan ke-18. Tampaknya ia akan kembali menambah total golnya dari musim lalu.

5. Steven Berghuis (Feyenoord)

Pencetak gol terbanyak lima besar yang terakhir dalam statistik liga Belanda yakni Steven Berghuis. Dirinya menjadi pemain sayap di Feyenoord maupun di tim nasional sepak bola Belanda. Berghuis merupakan salah satu pemain telah memperkuat banyak tim.

Pertama, ia memperkuat tim Twente di Eredivisie pada tahun 2010 hingga 2012. Selanjutnya, Berghuis dipinjam oleh Venlo pada musim 2011-2012. Lalu, AZ Alkmaar menjadi tim yang dibelanya. Setelah itu, ia kembali dipinjam, kali ini oleh Feyenoord pada 2016-2017.

Hingga pada 31 Juli 2017, ia dikontrak oleh Feyenoord untuk bergabung selama empat tahun. Selama tiga musim pertamanya, total gol yang telah dihasilkan yaitu sebanyak 58 dari 121 kemunculan. Statistik liga Belanda menunjukkan bahwa gol sementara yang telah dicetak pada musim ini adalah sebanyak 10 gol.

Umpan Gol Terbaik

Perolehan gol pada data statistik liga Belanda juga tidak luput dari umpan yang begitu epik dari pemain lain. Inilah pemain yang mampu memberikan umpan “empuk” demi mencetak gol terindah.

1. Antony (Ajax)

Dalam 18 pertandingan pertama Eredivisie musim 2020-2021, Antony berhasil membuat umpan sebanyak 8 umpan. Pada pertandingan melawan VVV tertanggal 24 Oktober 2020, Antony membuat 2 umpan sekaligus. Bahkan, di pertandingan tersebut, ia juga menyumbangkan 1 gol.

Umpan selanjutnya ia buat pada tanggal 28 November 2020 saat melawan Emmen. Lalu, dua pertandingan selanjutnya, yaitu Ketika melawan Zwolle pada 12 Desember 2020, Antony kembali menyumbangkan 2 umpan dan 1 gol.

Sebanyak 2 umpan kembali ia cetak tepat pada pertandingan setelahnya, yaitu saat melawan ADO. Umpan terakhir sementara yang ia buat untuk melengkapi statistik liga Belanda adalah tertanggal 14 Januari 2021 ketika Twente menjadi lawan main Ajax.

2. Joey Veerman (Heerenveen)

Umpan Veerman lebih banyak daripada perolehan golnya. Pada pertandingan pertama Heerenveen, Veerman sudah menyumbangkan umpannya. Hal tersebut turut membuat klubnya menang atas Willem II.

Selanjutnya, pada pertandingan pekan ke-6 melawan Emmen, ia kembali membuat umpan. Tepat pada pertandingan setelahnya, yaitu saat melawan Sparta, Veerman menyumbangkan 2 umpannya sekaligus.

Umpan sisanya sebanyak 3 buah, ia lancarkan saat pertandingan melawan PSV pada 6 Desember 2020, pertandingan melawan Fortuna Sittard pada 10 Januari 2021, serta pertandingan melawan Waalwijk pada 14 Januari 2021. Total, ia menyumbangkan 7 umpan.

3. Jesper Karlsson (AZ)

Pada pertandingan ke-4 melawan Sparta, ia menyumbangkan 2 umpan. Tiga pertandingan berselang, pada tanggal 1 November 2020 saat melawan Waalwijk, Karlsson menembakkan umpannya kembali.

Pada dua pertandingan berturut-turut, yaitu pertandingan ke-12 dan ke-13 saat melawan Twente dan Willem II, dirinya membuat 1 umpan lagi. Umpan terakhirnya ia buat pada tanggal 13 Januari 2021 saat melawan PSV. Jadi, jika dilihat pada statistik liga Belanda, jumlah umpannya yaitu 6 buah, sama seperti total gol sementaranya.

Statistik liga Belanda memang sangat sayang jika dilewatkan. Anda bisa tetap memantau perkembangannya melalui media online yang memang sudah terpercaya. Jangan sampai Anda melewatkan gol dari idola Anda.

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *