Lompat ke konten
Beranda » Blog » Strategi Promosi Lewat Artikel SEO, Terbukti Ampuh!

Strategi Promosi Lewat Artikel SEO, Terbukti Ampuh!

  • oleh
strategi promosi lewat artikel seo

Algoritma mesin pencari raksasa seperti Google selalu mengalami perubahan secara berkala. Pembaruan algoritma tersebut akan mempengaruhi strategi marketing, termasuk strategi promosi lewat artikel SEO untuk website maupun blog bisnis Anda. 

Menyikapi hal ini, maka sudah saatnya pemilik blog berorientasi pada konten-konten segar, berkualitas, dan memenuhi standar SEO, terutama konten tulisan seperti artikel. Lantas, apa saja trik promosi lewat artikel SEO yang bisa Anda lakukan? Berikut ulasannya.

Apa Itu Strategi SEO?

Sebelumnya, Anda mungkin masih belum memahami apa itu SEO? SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik mengoptimasi website agar mendapat peringkat teratas di halaman pencarian Google. Setiap hari, ada sekitar 3,5 miliar penelusuran di mesin pencari raksasa ini. 

Sehingga tak heran jika Google menguasai 90% pangsa pasar pengguna internet. Oleh sebab itu, SEO Google merupakan cara efektif menentukan keberhasilan web terutama untuk promosi bisnis atau usaha. Adapun salah satu teknik optimasi SEO adalah lewat konten tulisan atau artikel. 

Strategi Promosi Lewat Artikel SEO

  • Memperbarui Keyword Artikel 

Agar website semakin menarik banyak pengunjung, Anda harus mengetahui keyword apa yang paling dibutuhkan pelanggan. Dalam strategi SEO, penggunaan keyword sangat membantu marketing website agar berada di posisi pertama mesin pencari.  

Cobalah untuk sering memperbarui atau riset keyword artikel SEO agar website tetap ter-update oleh Google. Kini mesin pencari pun bisa menjadi acuan untuk menentukan keyword yang hendak Anda gunakan untuk artikel blog dan deskripsi produk.

  • Gunakan Meta Title dan Meta Deskripsi 

Masih banyak penulis konten blog dan website yang melewatkan title tags dan meta description yang unik. Padahal, selain menggunakan keyword dan SEO yang sedang tren, optimasi web yang tepat adalah melalui meta title dan meta deskripsi. 

Title tags adalah judul yang akan muncul di halaman pencarian search engine. Sedangkan meta description merupakan tulisan singkat dari penjelasan mengenai isi atau produk sebuah website. Deskripsi itu hanya terdiri dari 100-160 karakter.

  • Penggunaan Tag & Sub Heading (H1, H2, H3) 

Judul konten artikel secara otomatis sudah memiliki tag heading H1, sedangkan sub heading atau tag H2 merupakan penanda sih judul sebuah artikel. Sedangkan tag H3 merupakan poin penting tambahan dari tag H2 yang bertujuan membuat struktur halaman website lebih tertata  

Penulis artikel SEO harus angkat memperhatikan keyword dalam setiap tag tersebut. Sehingga keyword harus masuk dalam tag-tag tersebut, namun tetap jangan dipaksakan. Terlalu memasukkan keyword pada tag heading dan sub heading akan membuat konten terasa kaku bagi pembaca.

  • Atur Permalink Menjadi Ramah SEO 

Sama seperti judul dan deskripsi, mengatur optimasi URL/permalink juga merupakan salah satu strategi promosi lewat artikel SEO yang tidak boleh Anda abaikan. Mesin pencari akan lebih menyukai URL/permalink website yang mengandung kata kunci relevan. 

Selain membidik keyword, ada sejumlah cara membuat permalink menjadi SEO-friendly, di antaranya panjang URL tidak lebih dari 100 karakter. Kemudian URL tidak mengandung lebih dari 3 sub kategori, misalnya bisnis/toko online/online shop. 

  • Jangan Salah Internal Link 

Internal link merupakan salah satu aspek penting dalam penerapan strategi promosi lewat artikel SEO, terutama untuk meningkatkan performa website toko online. Internal link merupakan sebuah link yang tertutup pada konten blog. 

Kegunaan internal link adalah menghubungkan pengunjung untuk melihat sumber, referensi, atau rujukan dari artikel yang Anda buat. Adapun kesalahan yang sering kali terjadi adalah penempatan link yang tidak relevan dengan kata kunci.

  • Hindari Melakukan Keyword Stuffing 

Hal lain yang tak boleh dilakukan dalam strategi cara mempromosikan website berdasarkan teknik SEO adalah keyword stuffing. Istilah ini merujuk pada tindakan terlalu banyak menulis keyword dalam artikel. Langkah ini akan membuat artikel yang Anda buat terdeteksi spam oleh Google.

Tindakan ini sangat terlarang dalam penulisan artikel SEO karena Google bisa melakukan bancontent yang berakibat pada website hilang di mesin pencari. Agar tidak salah langkah, cukup masukkan 3 sampai 4 kali keyword yang menyebar di seluruh tubuh artikel.

  • Lakukan Analisis pada Konten yang Sudah Tayang 

Setelah memahami strategi promosi lewat artikel SEO, masih ada beberapa hal perlu Anda lakukan agar website tetap bertahan di hasil pencarian teratas Google, yaitu lakukan analisa konten yang telah dibuat.

Untuk cara ini, Anda bisa menggunakan bantuan sejumlah tools seperti Google Analytics. Dengan bantuan tools ini, Anda bisa memantau seberapa banyak pengunjung yang datang ke website atau blog. Kemudian lakukan analisa bagaimana interaksi pengunjung di dalam website.

  • Atur Category Topik 

Agar semakin akurat, Anda bisa mengkategorikan topik artikel yang akan dimuat pada blog atau website berdasarkan pengalaman pelanggan. Misalnya, jika tujuan artikel untuk menaikkan awareness, maka Anda bisa menulis artikel tentang masalah yang customer hadapi. 

Sementara jika tujuan artikel adalah memikat dan meyakinkan pengunjung untuk membeli produk, maka tuliskan artikel yang mengulik manfaat dan keunggulan produk Anda. Bisa juga dengan membuat kolom review atau testimoni pelanggan sebelumnya. Jangan lupa, tetap masukkan keyword sesuai tujuan artikel. 

  • Buat Judul Menarik dan SEO Friendly 

Artikel tidak hanya menarik dari isinya, tetapi juga judul memberikan kesan pertama. Judul jadi penentu apakah seseorang akan lanjut membaca artikel Anda atau tidak. Oleh karena itu, SEO memiliki ketentuan sendiri terkait judul. Mulai dari menarik, memuat kata kunci, dan menambahkan power words. 

Contoh, jika target keyword artikel Anda adalah ‘makanan sehat’, maka di dalam judul bisa tambahkan power words seperti ‘praktis’, dan ‘hemat’. Judul seperti ini tidak hanya lebih menarik, tapi juga membuat pembaca penasaran dengan isi artikelnya.

  • Masukkan Gambar 

Artikel hanya berisi tulisan pasti mudah membuat bosan, namun akan berbeda jika ditambah gambar. Selain lebih menarik, artikel juga akan membuat pembaca lebih memanjakan visualnya. 

Anda bisa masukkan gambar jepretan sendiri ataupun dari website penyedia gambar gratis. Pilih gambar yang relevan dengan topik artikel. Kemudian, sebelum artikel naik ke postingan blog, klik alt + text dengan keyword yang ada pada artikel.  

  • Sertakan Call to Action (CTA) 

Terakhir, jangan lupa selalu sertakan Call to Action (CTA) di akhir paragraf artikel dalam bentuk kalimat ajakan dengan Hyperlink. Gunakan kata kerja yang menggoda pengunjung untuk menekan link tautan atau tombol CTA. 

Arahkan pengunjung ke artikel, konten, atau halaman website yang memiliki topik relevan dengan artikel yang mereka baru baca. Dengan begitu, artikel buatan Anda tidak hanya meningkatkan traffic website, tetapi juga berkontribusi terhadap kenaikan penjualan. 

  • Tautkan ke Halaman yang Relevan 

Setelah mengikuti semua teknik di atas, Anda bisa membaca kembali artikel tersebut guna memastikan keruntutan artikel. Membaca ulang juga membuat Anda di posisi pembaca dan menangkap pembahasan yang kurang nyaman. 

Di tahap ini, Anda juga bisa menautkan keyword pada artikel dengan halaman lain yang relevan. Maksudnya adalah, melakukan tanam link pada artikel atau konten lain yang membahas topik relevan dengan artikel milik Anda.  

Itu dia strategi promosi lewat artikel SEO yang bisa langsung Anda terapkan pada website atau blog. Namun jika masih bingung dan tidak ada perubahan hasil, jangan khawatir. ORYZA Writer menyediakan jasa artikel SEO berkualitas harga murah yang akan membuat website Anda muncul di halaman pencarian pertama.  

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.