Wajib Tahu! Ini Struktur Heading Artikel H1-H3 untuk Keperluan SEO!

  • by
struktur heading artikel

Ketika kalian masuk ke dunia jurnalistik, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan heading. Ketika menulis, struktur heading artikel harus diperhatikan dengan benar agar pembaca tidak merasa jenuh.

Keberadaan heading akan membuat artikel kalian mudah dipahami meskipun mengandung banyak informasi. Selain itu, aspek-aspek SEO juga tetap tercakup untuk menarik minat pembaca. Berikut pembahasan lengkap mengenai heading artikel:

Pengertian Heading Artikel

Diambil dari kata ‘head’, heading adalah suatu judul yang mengawali pembahasan tertentu. Heading bertujuan untuk membagi pembahasan menjadi beberapa subheading

Fungsi heading sendiri adalah untuk membedakan format dan ukuran tulisan. Tak hanya itu, heading juga memiliki fungsi untuk mengoptimalkan mesin pencarian Google agar artikel mudah terdeteksi.

Perlu kalian ketahui, heading dapat digunakan di berbagai platform, baik Ms Word, WordPress, dan lain sebagainya. Semua penulis wajib mengetahui cara menulis struktur heading artikel yang benar guna menghasilkan artikel berkualitas.

Perlu kalian ketahui, penyebutan heading di setiap platform berbeda-beda. Namun, fungsinya tetap sama. Sebagai contoh, di platform Ms Word, sebutannya adalah heading, tapi di Google Docs sebutannya adalah tajuk. Lain lagi, di wordpress kalian dapat menemukan keduanya, yakni heading dan tajuk.

Penerapan Heading Artikel

Bagi para penulis, apa itu H1, H2, H3 pasti sudah sangat familiar, bukan? Namun, apakah kalian sudah benar-benar paham penerapan struktur heading artikel yang tepat?

Dilihat dari sudut pandang SEO On Page, H1 disematkan untuk tag judul. Setelah itu, kalian bisa menyematkan H2, H3, H4, dan seterusnya sesuai keinginan. Meskipun sama-sama heading, tapi setiap heading memiliki arti yang berbeda.

H1 dianggap paling penting dari semua tag. Semakin kecil angka tag, maka akan semakin tinggi pula tingkat kepentingannya dalam suatu konten. Dengan kata lain, tag H1 akan lebih sering ada di mesin pencari Google dibandingkan tag H2. Namun, tag H2 akan lebih penting dari tag H3, begitu seterusnya.

Dari sekian banyaknya tag yang ada, kalian bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Perlu diketahui, kalian tidak harus menggunakan semua tag untuk menerbitkan suatu artikel.

Tips Menggunakan Struktur Heading Artikel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penulisan heading artikel harus benar-benar tepat agar tidak merusak keindahan dan keruntutan suatu artikel. Berikut beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk menggunakan heading artikel pada halaman SEO:

  • Perhatikan Susunan Heading

Susunan struktur heading artikel menjadi hal terpenting yang harus kalian perhatikan dalam penulisan artikel. Sebaiknya, susun heading mengikuti hierarki agar lebih SEO friendly. Adapun, susunan yang dimaksud adalah H1 untuk judul, H2 untuk subjudul, begitu seterusnya.

  • H1 Mengandung Keyword

Meskipun heading sangat berpengaruh dalam kesuksesan artikel kalian, nyatanya keyword memiliki peranan yang lebih besar. Sebelum kalian menulis artikel, sebaiknya riset keyword terlebih dahulu. Keyword sendiri merupakan tema atau pokok bahasan secara keseluruhan yang harus diulang beberapa kali dalam artikel secara utuh demi kepentingan SEO.

Agar bertengger di puncak mesin pencarian Google, kalian harus menyematkan keyword di bagian judul yang diberi heading 1. Selain keyword utama, kalian juga dapat mencari keyword sekunder dan tambahan untuk mengoptimalkan artikel.

Pada struktur heading artikel yang kedua, kalian dapat memasukkan keyword utama dan sekunder untuk memperkuat topik. Sementara itu, keyword tambahan bisa ditambahkan di H3 atau tersebar secara bebas.

  • Perhatikan Jumlah Heading

Tips penerapan struktur heading artikel yang terakhir adalah memerhatikan jumlah heading. Sebaiknya, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan tag heading.

Sebenarnya, tidak ada aturan yang pasti mengenai jumlah heading yang boleh digunakan. Akan tetapi, dalam satu artikel, sebaiknya gunakan satu H1 saja. Sementara itu, H2 dan H3 bisa ditulis lebih dari 1.

Cara Menggunakan Heading di Ms Word

Apakah kalian berpikir bahwa menggunakan struktur heading artikel akan menyita waktu lama dan membuat bingung? Jika iya, maka kalian salah. Membuat heading di Ms Word sangat mudah dan cepat. Kalian bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk membuatnya:

  • Buka aplikasi Ms Word dengan cara melakukan double click pada ikonnya
  • Pilih blank document atau new document 
  • Tuliskan judul artikel, lalu select
  • Pada bagian menu bar, pilih Home > Styles > H1

struktur heading artikel

  • Kemudian, tekan enter
  • Cara yang sama dapat kalian lakukan untuk heading 2 dan seterusnya

Cara Menggunakan Heading di Google Docs

Selain Ms Word, kalian juga bisa menerapkan struktur heading artikel di Google Docs. Untuk menggunakannya, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Tuliskan topik yang ingin kalian bahas pada halaman Google Docs
  • Select teks yang kalian tulis, lalu klik Normal Text
  • struktur heading artikelSetelah itu, kalian akan melihat berbagai pilihan heading

struktur heading artikel

  • Pilih heading yang sesuai, lalu klik dan format tulisan akan terganti secara otomatis

Contoh Heading Artikel

Penulisan heading yang benar bisa direalisasikan jika kalian mengetahui contohnya terlebih dahulu. Diharapkan, contoh yang akan diberikan dapat memberikan gambaran agar kalian semakin paham mengenai struktur heading artikel. Berikut contoh artikel dengan penerapan heading yang baik dan benar:

Rekomendasi Tempat Wisata di Pulau Dewata Bali (H1)

Pulau dewata Bali menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi, baik oleh wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing. Bukan tanpa alasan, Bali terkenal akan keindahan alam dan keunikan budayanya. Agar tidak ketinggalan, kami merangkum beberapa tempat wisata di Bali (paragraf).

Daftar Tempat Wisata di Bali (H2)

Seiring berkembangnya zaman, jumlah destinasi wisata di Tanah Air juga semakin banyak. Bila kalian sedang berkunjung ke Pulau Dewata, jangan lupa untuk mengunjungi 3 tempat wisata ini (paragraf):

  • Tanah Lot (H3)

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata Tanah Lot. Bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia, Tanah Lot memiliki makna daratan di tengah laut. Daya tarik utama tempat wisata ini adalah pemandangan matahari terbenam yang disempurnakan dengan siluet pura (paragraf).

  • Pantai Kuta (H3)

Bali memang sangat terkenal akan keindahan pantai dan lautnya. Saat berkunjung ke Bali, kalian harus datang ke Pantai Kuta untuk menikmati udara segar sambil memanjakan mata. Di pantai ini, kalian juga bisa menyantap makanan lezat khas Bali, loh (paragraf)

  • Bali Safari (H3)

Bosan dengan pemandangan alam? Tenang saja, kalian bisa datang ke Bali Safari. Untuk masuk ke kawasan ini, kalian perlu merogoh kocek mulai dari Rp150.000 (paragraf).

Mempelajari struktur heading artikel memang tidak sesulit yang dibayangkan. Jika kalian sering menulis artikel, kalian akan terbiasa dengan sendirinya. Secara otomatis, kalian akan semakin ahli dalam menempatkan heading dan menghasilkan artikel berkualitas tinggi.

Menulis artikel yang baik memang perlu latihan dan waktu agar terbiasa membuat karya tulisan bermutu. Namun, jika kalian tak punya waktu untuk membuat artikel dan bingung mau pesan jasa penulisan artikel kemana, Oryza Writer adalah jawabannya.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *