10+ Sumber Daya Alam Paling Bermanfaat

Negara Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam. Saat ini kekayaan alam milik Indonesia memang banyak dimanfaatkan dalam berbagai hal. Tentunya pemanfaatan tersebut bisa membantu kenaikan devisa Negara maupun kesejahteraan rakyat.

Apa Manfaat Sumber Daya Alam?

Keberadaan sumber daya alam memang banyak memberikan berbagai manfaat, baik bagi lingkungan maupun bagi manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari SDA yang berguna bagi kehidupan manusia.

1. Sebagai Bahan Bakar

Beberapa kekayaan alam sering kali digunakan untuk bahan bakar maupun sumber energi. Sebagai contohnya adalah pemanfaatan minyak bumi maupun gas alam. Minyak bumi banyak diolah menjadi berbagai macam bahan bakar.

sumber daya alam

Bahan bakar tersebut adalah seperti minyak tanah, solar, pertamax, pertalite dan bio solar. Pastinya Anda tidak asing dengan beberapa nama tersebut, bukan? Sedangkan untuk gas alam berguna untuk sumber energi listrik.

Walaupun saat ini, sudah banyak yang menggunakan beberapa alternatif sumber lainnya, misalnya seperti matahari dan juga air. Penggunaan sumber alternatif guna membangkitkan listrik bertujuan agar keberadaan gas alam yang ada di Negara Indonesia tidak habis digunakan.

2. Memenuhi Kebutuhan Pangan

Selain minyak bumi yang digunakan untuk bahan bakar, ternyata ada kekayaan alam yang banyak digunakan sebagai bahan pangan. Dengan pemanfaatan sumber pangan yang baik, maka kelangsungan hidup manusia  bisa lebih terjamin.

Sebagai contohnya adalah pemanfaatan bahan baku gandum, padi, umbi-umbian dan masih banyak lagi. Bukan hanya hal tersebut saja, pasalnya ada beberapa bahan rempah yang dihasilkan dari hutan Indonesia.

Pemanfaatan bahan rempah tersebut bisa berguna untuk membantu menjaga kesehatan manusia. Perlu diketahui bahwa kekayaan alam yang digunakan sebagai bahan baku pangan maupun obat-obatan bisa dibilang “dapat diperbarui”.

Sehingga kelestarian dari kekayaan alam tersebut memang harus dijaga agar bisa digunakan untuk anak cucu kita semua kelak.

3. Pengembangan Teknologi

Teknologi yang sedang Anda nikmati saat ini merupakan suatu hal dengan perkembangan yang begitu pesat. Perkembangan tersebut dilakukan agar kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan lebih baik lagi.

Setiap perkembangan selalu membutuhkan beberapa faktor pendukung salah satunya adalah sumber daya alam. Dimana energi listrik yang terbuat dari kekayaan alam bisa membantu perkembangan pada setiap teknologi yang tercipta.

4. Sumber Oksigen

Manusia bisa hidup dengan adanya bantuan oksigen yang sehat. Indonesia merupakan sebuah Negara yang kaya akan kehidupan floranya. Selain itu, Negara Indonesia juga merupakan salah satu Negara yang memiliki potensi besar akan hutan yang ada di dalamnya.

Sehingga hal tersebut bisa membantu untuk menghasilkan oksigen dengan kondisi sehat dan bersih. Harusnya kita sebagai manusia bisa ikut melestarikannya dengan cara mengurangi pencemaran lingkungan, pencemaran udara, hingga mengurangi aktivitas penebangan hutan secara liar.

5. Sumber Pendapatan

Setiap pengelolaan kekayaan alam yang ada di negara Indonesia pastinya membutuhkan bantuan dari manusia. Hal tersebutlah yang bisa membantu masyarakat mendapatkan penghasilan untuk kehidupannya.

Contoh lainnya adalah penjualan ikan yang dilakukan oleh nelayan. Orang yang ada di daerah pesisir akan memanfaatkan kekayaan laut sebagai sumber pencaharian dan sumber kehidupan mereka dengan keluarga.

Dengan melihat beberapa contoh di atas bisa diartikan bahwa kekayaan alam di Negara Indonesia sangat berguna untuk sumber mata pencaharian.

Sumber Daya Alam di Pulau Kalimantan

Kalimantan merupakan salah satu kepulauan yang kaya akan hasil alamnya. Pengelolaan kekayaan alam yang begitu baik bisa memberikan manfaat bagi kehidupan manusia maupun kenaikan devisa Negara. Lantas apa saja kekayaan yang ada di kepulauan Kalimantan?

1. Batubara

Batubara adalah salah satu sumber daya alam yang dimiliki oleh pulau Kalimantan. Perlu Anda ketahui bahwa pulau Kalimantan merupakan penghasil tambang batubara terbesar di Negara Indonesia.

sumber daya alam

Kabupaten Kutai Timur di Provinsi Kaltim, merupakan salah satu daerah dimana batubara bisa dihasilkan. Bukan hanya pada daerah tersebut saja, Anda juga bisa menemukan area pertambangan batubara di daerah lainnya seperti Kalteng, Kalsel dan Kalbar.

2. Besi

Selain batubara, ternyata pulau Kalimantan memiliki sebuah area yang bisa menghasilkan sumber daya alam berupa besi. Akan tetapi luas area penghasil besi tidaklah sebesar area pertambangan batubara. Salah satu daerah yang bisa menghasilkan besi adalah Pulau Sebuku di Kalimantan Selatan.

3. Minyak bumi

Kekayaan alam lain yang dimiliki oleh pulau Kalimantan adalah minyak bumi. Dimana jika dilihat dari luas area penghasil minyak bumi, pulau Kalimantan berada di urutan kedua setelah kepulauan Riau. Bahkan beberapa area penghasil minyak bumi berada daerah laut lepas.

4. Kayu

Kekayaan alam yang selanjutnya adalah kayu. Pulau Kalimantan merupakan daerah penghasil kayu terbesar. Untuk kualitas kayu yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi. Hal ini dikarenakan banyaknya konstruksi bangunan menggunakan kayu dari daerah tersebut.

Tak jarang orang menyebutkan bahwa kualitas kayu dari pulau Kalimantan tidak kalah dengan kualitas kayu dari Sumatera maupun Jawa.  Beberapa contoh kayu yang dihasilkan oleh hutan Kalimantan adalah kayu jati, kayu ulin, kayu meranti, dan masih banyak kali.

5. Rotan

Selain terkenal menjadi penghasil kayu dengan kualitas terbaiknya, pulau Kalimantan juga memiliki sumber daya alam berwujud rotan yang tak bisa dianggap remeh. Pasalnya daerah Kab. Kotawaringin dan Kab. Kasongan merupakan sebagian daerah yang menjadi komoditas pengrajin rotan.

Beberapa hasil yang bisa diciptakan dari bahan dasar rotan adalah tas, topi, tikar, dan masih banyak lagi.

6. Bauksit

Bauksit merupakan salah satu hasil alam yang dimiliki oleh kepulauan Kalimantan. Beberapa orang masih belum begitu mengerti tentang bauksit. Bauksit merupakan biji aluminium. Bauksit banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan badan dan kerangka pesawat.

7. Emas

Selain memiliki potensi penghasil batubara dan hutan kayunya, ternyata pulau Kalimantan juga bisa menghasilkan emas. Salah satu daerah penghasil emas yang ada di kepulauan Kalimantan adalah daerah Sambas (Kalimantan Barat).

Emas merupakan hasil tembang yang memiliki nilai jual tinggi selain batubara, minyak bumi, maupun kayu yang ada di kepulauan Kalimantan.

Sumber Daya Alam Jawa Timur

Selain pulau Kalimantan Negara Indonesia juga memiliki daerah lain yang menjadi penghasil sumber daya alam terbaiknya, misalnya seperti daerah Jawa Timur. Daerah tersebut memang memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah.

Berikut ini adalah beberapa contoh kekayaan alam yang dimiliki oleh daerah Jawa Timur.

1. Biji Kopi

Biji kopi merupakan salah satu hasil kekayaan alam yang dimiliki oleh Jawa Timur. Beberapa daerah penghasil biji kopi adalah Magetan, Situbondo, Kediri, dan masih banyak lagi.

sumber daya alam

2. Buah Mangga

Selain menjadi salah satu penghasil biji kopi, daerah Situbondo merupakan daerah penghasil buah mangga. Kualitas rasa yang dimiliki oleh buah mangga dari Magetan sangat tidak mengecewakan.

3. Tembakau

Daerah Jawa Timur juga menjadi salah satu daerah penghasil tembakau. Beberapa daerah penghasil tembakau adalah seperti Tuban, Bondowoso dan Jombang.

4. Telur

Telur adalah hasil kekayaan alam yang dimiliki oleh daerah Tulungagung. Tak jarang orang menyebut daerah tersebut sebagai peternakan ayam unggulan.

Beberapa penjelasan diatas bisa menunjukkan bahwa Negara Indonesia merupakan Negara yang kaya akan sumber daya alam. Bahkan kekayaan tersebut bisa memberikan kesejahteraan kepada seluruh rakyat Negara Indonesia.

Tidak hanya sumber daya alam, Indonesia juga memiliki banyak tokoh yang “berharga”. Klik disini untuk artikel selengkapnya.

 

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *