Tanaman Hias Janda Bolong, Laku Keras Meski Seharga 120 Juta

tanaman hias janda bolong

Bercocok tanam saat ini memang sedang booming di Indonesia. Bercocok tanam ini bisa dikatakan sebagai hobi atau kebiasaan baru di saat pandemi. Salah satu tanaman yang saat ini sedang populer dijadikan “objek” cocok tanam adalah tanaman hias Janda Bolong.

Ya, Anda jangan salah sangka dulu dengan nama yang unik ini. Janda bolong hanyalah sebuah “nama” untuk sebuah tanaman hias yang konon harganya mencapai ratusan juta rupiah.

Tentang Janda Bolong Secara Umum

Janda Bolong atau secara ilmiah disebut dengan Monstera Adansonii ini memang sedang ramai diperbincangkan warganet, khususnya bagi kaum pecinta tanaman. Janda Bolong ini dianggap memiliki harga yang sangat mahal.

Bahkan, per daun saja harganya bisa mencapai 40 juta rupiah. Tetapi jangan salah, tanaman Janda Bolong yang lebih mahal ini merupakan tanaman import yang memiliki bentuk menarik dan berbeda dari tumbuhan lainya.

Janda Bolong ini merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Serikat. Tanaman ini juga tergolong dalam  tanaman yang merambat, sehingga cocok digunakan untuk tanaman teralis.

Tanaman hias janda bolong yang harganya mahal ternyata yang sudah mengalami mutasi genetik secara alami. Maksud dari mutasi genetik adalah, Janda Bolong yang mengalami perubahan warna dari hasil mutasi.

Hasilnya, tanaman ini memiliki perpaduan warna hijau dan putih yang sangat indah. Terkadang, ada juga yang berwarna kuning pada setiap daunnya daunnya.

Bagi Anda yang ingin mengoleksi tanaman hias Janda Bolong, maka perlu berhati-hati. Anda harus mengenalnya terlebih dahulu agar tidak tertipu.

Bagi para pemula, tanaman ini akan terlihat sama dan mengira bahwa spesies Janda Bolong ini hanya ada satu, padahal ada banyak jenis dengan karakter yang berbeda-beda.

Janda Bolong Tanaman Hias Termahal Hingga Ratusan Juta

Kita tahu bahwa tanaman hias Janda Bolong memiliki harga yang sangat tidak wajar. Tetapi jangan salah, ternyata Janda Bolong yang harganya puluhan juta itu berbeda dari Janda Bolong yang biasa kita temui.

Tanaman hias Janda Bolong yang seharga puluhan juta itu memiliki ciri-ciri yang unik karena mengalami mutasi genetik. Selain itu, ada juga yang lebih mahal yaitu Janda Bolong Monstera Obliqua.

Janda Bolong Monstera Obliqua ini adalah tipe Janda Bolong dengan harga termahal, siapa sangka harga satu potnya saja mencapai 120 juta dengan jumlah daun 3 helai saja.

Janda Bolong Obliqua ini memang sangat langka dan juga jarang dibudidayakan. Memang, tipe Janda Bolong Obliqua ini sekilas mirip dengan Janda Bolong biasa. Tetapi, Janda Bolong Obliqua ini sangat jarang dijumpai sehingga memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Nah, sedangkan Janda Bolong biasa atau Monstera Adansonii ini memiliki ciri daunya berwarna hijau tua dan terdapat lubang ditengahnya. Daunya sendiri berbentuk seperti hati dengan lubang yang agak bulat atau lonjong.

Janda Bolong biasa ini sering kita jumpai di rumah-rumah warga. Jika Anda menggunakan kayu untuk menopangnya, maka Janda Bolong ini akan tumbuh tinggi dengan daun yang lebih besar.

Jika hanya dijadikan tanaman hias, tanaman ini hanya bisa memiliki tinggi sekitar 1 meter saja. Akan sangat berbeda jika tanaman hias Janda Bolong ini hidup di alam, tingginya bisa mencapai 2-4 meter.

Tanaman yang Mirip dengan Janda Bolong Monstera Adansonii

1. Monstera Deliciosa

Siapa sangka, tanaman Janda Bolong Monstera Adansonii ini memiliki kembaran yaitu Monstera Deliciosa. Kesamaan dari kedua tanaman tersebut yaitu sama-sama memiliki bentuk yang mencolok yaitu daunya yang berlubang.

Foto dari Instagram @marinanam.id

Monstera Deliciosa ini cocok diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari secara tidak langsung. Hal ini sama seperti tempat hidupnya di alam liar, tanaman ini  tumbuh di bawah naungan pohon yang tentu saja terasa teduh.

Akan tetapi, tempat paling cocok adalah tanah yang bergambut yang ada dalam pot. Selain itu, pot juga harus memiliki lubang drainase yang cukup besar. Nah, untuk menjaganya agar tetap tumbuh, cukup tempelkan jari Anda ke dalam tanah. 

Tujuannya yaitu untuk melihat seberapa basah atau kering tanah tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mengatur takaran air yang perlu disiramkan agar tanaman bisa tetap “sehat”.

2. Monstera Borsigiana

Bentuk permukaan daun dari Monstera Borsigiana ini hampir sama dengan Monstera Deliciosa. Namun, ukuran daun pada Monstera Borsigiana ini lebih kecil. Selain itu, lubang pada daunnya juga tidak terlalu dekat alias berjarak. Sehingga membuat tampilan dari Monstera Borsigiana ini lebih simpel.

Foto dari Instagram @kembyangisun.id

Batang dari Monstera Borsigiana ini lebih cenderung lunak sehingga membuatnya tumbuh menjuntai. Tanaman Monstera Borsigiana ini memiliki kisaran harga sekitar 150-300 ribuan.

3. Monstera Variegata

Spesies lainya yaitu Monstera Variegata. Janda Bolong tipe ini berbeda dari yang sebelumnya, karena Monstera Variegata ini sudah mengalami mutasi genetika secara alami dan sangat jarang untuk dijual pasaran.

Foto dari Instagram @kebunbucorry

Monster Variegata ini memiliki keunikan tersendiri. Daunnya terdiri dari warna hijau dan putih agak kekuningan. Komposisinya pun tidak beraturan, ukuran daun juga tidak sama antara satu daun dengan daun lainnya.

Janda Bolong tipe ini memiliki harga satu potnya sekitar 90 juta dengan 3 helai daun. Sementara itu, jika Anda membeli anakan dengan daun yang lebih kecil, harganya sekitar 45 juta.

Sebenarnya Janda Bolong ini masih memiliki banyak tipe lainnya. Setidaknya ada 41 tipe yang berbeda. Semuanya masuk dalam genus Monstera yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Manfaat Janda Bolong Tanaman Hias

1. Memperbaiki Kualitas Udara

Manfaat yang pertama yaitu bisa memperbaiki kualitas udara. Mengapa? Karena jika diletakkan di dalam rumah, tanaman hias Janda Bolong ini bisa menyerap berbagai macam zat beracun dari udara.

Zat beracun tersebut diantaranya seperti benzena, trichloroethylene, xylene, formaldehida dan amonia. Kesimpulan dari poin ini yaitu, tanaman hias Janda Bolong ini dapat membersihkan udara. 

2. Menyegarkan Mata Lelah

Jika Anda duduk di dekat tanaman hias Janda Bolong ini dan menikmati keindahan daunya, maka secara tidak langsung dapat menyegarkan mata yang lelah.

Selain itu, tanaman hias Janda Bolong ini juga menyerap kandungan dari bahan kimia yang sering menyebabkan gangguan kesehatan. Misalnya seperti sakit kepala, iritasi pada mata, gangguan pernapasan dan alergi.

3. Membuat Hati Tenang

Tanaman hias Janda Bolong bisa meningkatkan mood Anda, mengurangi resiko terjadinya stres, meningkatkan radar vitamin D dan dapat juga mengurangi resiko demensia. 

4. Memberikan Kesejukan Dan Kenyamanan

Warna dari tanaman hias Janda Bolong ini memang sangat indah untuk dipandang ditambah lagi dengan manfaatnya untuk mata, dan akhirnya tanaman hias ini bisa memberi kesejukan tersendiri.

Janda Bolong memang hadir memberi kesejukan di tengah kondisi yang sedang terpuruk akibat pandemi. Apakah Anda tertarik untuk membeli Janda Bolong?

Sebaiknya pertimbangkan lagi mengingat harganya yang begitu fantastis. Tapi jika Anda punya banyak uang, sah-sah saja jika Anda ingin merawatnya.

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *