Tokoh Paling Berpengaruh di Indonesia, No. 8 Pasti Idola Anda

tokoh paling berpengaruh di Indonesia

Banyak sekali tokoh besar yang lahir di Negara Indonesia. Mereka dikenal sebagai tokoh paling berpengaruh di Indonesia, karena memiliki kontribusi penting di Indonesia bahkan sampai ke dunia. Lantas, siapa nama-nama tokoh tersebut?

Nama-nama Tokoh Paling Berpengaruh di Indonesia

1. Soekarno

Tokoh paling berpengaruh di Indonesia yang pertama jatuh kepada Bapak Presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Berbagai prestasi telah beliau ukir di sepanjang hidupnya. Beliau berhasil melawan Belanda dan juga Jepang bersama dengan para pejuang lainnya.

Leiden University Library, Public domain, via Wikimedia Commons

Bukan hanya itu saja, beliau juga mampu untuk memberikan kemerdekaan yang mutlak kepada Negara Indonesia. Selain menjadi tokoh paling berpengaruh di Indonesia, Ir. Soekarno juga menjadi seorang tokoh yang disegani oleh dunia bahkan mampu mempengaruhi perkembangan dunia.

Salah satu contohnya adalah, beliau mampu mengambil keputusan menjadi salah satu penggerak tindakan non blok. Dimana saat itu situasi sedang “panas” terkait urusan bagian blok barat yang dipimpin oleh AS dan bagian blok timur yang dipimpin oleh Uni Soviet.

Maka tidak heran, bila keberadaan dari Ir. Soekarno bisa memberikan dampak yang signifikan bagi Negara Indonesia maupun dunia.

2. Habibie

Tokoh paling berpengaruh di Indonesia yang kedua adalah Bj. Habibie atau yang sering disebut juga bapak teknologi Negara Indonesia. Kepintaran yang beliau miliki tidak perlu diragukan kembali. Salah satu bukti nyata yaitu, beliau mampu menciptakan 46 hak paten dibidang aeronautika.

Office of the Vice PresidentThe Republic of Indonesia, Public domain, via Wikimedia Commons

Tidak hanya pintar, beliau juga menjadi salah satu orang yang mampu memimpin Negara Indonesia. Bj. Habibie merupakan presiden ketiga yang sangat disegani rakyatnya. Bahkan berkat kepintarannya, beliau mampu menyabet beberapa penghargaan ternama di dunia.

Salah satunya adalah penghargaan Von Karman Award pada tahun 1992. Penghargaan tersebut didapatkan ketika hak paten yang dibuatnya telah dipakai oleh berbagai perusahaan penerbangan di berbagai belahan dunia.

Selain penghargaan tersebut, beliau juga mendapatkan penghargaan lain yaitu Edward Warner Award. Dimana penghargaan tersebut hanya diberikan kepada mereka yang memberikan kontribusi nyata dan kemajuan pada bidang penerbangan sipil.

Beberapa hal tersebut merupakan sebagian kecil keberhasilan yang diraih Bj. Habibie. Masih banyak lagi penghargaan lainnya yang menjadi kebanggaan tersendiri. Wajar saja, jika beliau memang pantas menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di Indonesia.

3. Sinta Nuriyah

Tokoh lain yang mempengaruhi Indonesia maupun dunia yakni seorang perempuan tangguh yaitu Sinta Nuriah. Ya, beliau merupakan istri dari presiden ke 4 Negara Indonesia yaitu alm. KH. Abdurrahman Wahid atau yang lebih akrab disapa Gus Dur.

Crisco 1492, CC BY-SA 4.0 <https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0>, via Wikimedia Commons

Beliau pernah masuk kedalam daftar perempuan berpengaruh di dunia dengan peringkat ke 11 menurut media baca New York Times. Beliau berperan penting dalam menyuarakan Islam toleransi di Indonesia.

Bukan hanya itu saja, beliau juga menjadi salah satu wanita yang sangat berperan aktif dalam memberikan pengertian toleransi kepada sesama. Hal ini sangat krusial diterapkan di Indonesia yang notabene memiliki banyak jenis keyakinan.

4. Sri Mulyani

Tokoh paling berengaruh di Indonesia selanjutnya yakni Ibu Sri Mulyani. Beliau memiliki berbagai penghargaan ternama yang tidak bisa dianggap remeh. Pada tahun 2018, beliau mampu menyabet penghargaan sebagai salah satu menteri terbaik dari World Government Summit di Dubai.

Sebastiaan ter Burg from Utrecht, The Netherlands, CC BY-SA 2.0 <https://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0>, via Wikimedia Commons

Bukan hanya itu saja, masih ada penghargaan lain yang sangat membanggakan yaitu beliau menjadi salah satu menteri keuangan terbaik se Asia Pasifik pada tahun 2018. Padahal tahun sebelumnya, beliau juga menyabet gelar tersebut.

5. Susi Pudjiastuti

Tokoh paling berpengaruh di Indonesia yang kelima adalah Ibu Susi Pudjiastuti. Beliau merupakan mantan menteri kelautan Negara Indonesia. Semboyan “tenggelamkan” seakan memiliki karisma tersendiri yang selalu diingat oleh banyak masyarakat.

Australian Embassy Jakarta, CC BY 2.0 <https://creativecommons.org/licenses/by/2.0>, via Wikimedia Commons

Selain menjadi tokoh paling berpengaruh di Indonesia, beliau juga merupakan seorang pengusaha sukses. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya berbagai pesawat terbang yang beliau miliki. Bahkan beliau juga merupakan pendiri dari PT. Asi Pudjiastuti Marine Product.

Hasil unggulan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut merupakan produk lobster ternama. Jika dilihat dari latar belakang pendidikannya, beliau hanya lulusan SMP. Walaupun begitu, beliau adalah salah satu tokoh wanita yang menginspirasi berbagai kalangan.

6. Tri Rismaharini

Tokoh wanita yang memberikan pengaruh besar di negara Indonesia yang selanjutnya adalah Ibu Tri Rismaharini. Beliau pernah menjabat sebagai Walikota Surabaya selama 2 periode. Sifatnya yang tegas dan pemberani memberikan ruang tersendiri di hati masyarakat Surabaya.

 


Selain itu beliau juga banyak memberikan program pembangunan terhadap Kota Surabaya. Hal ini tak mengherankan karena ketika beliau memimpin kota tersebut, banyak penghargaan terbaik yang pernah dicapainya.

Mendapatkan penghargaan Adipura selama tujuh kali berturut-turut merupakan salah satu pencapaian terbaik untuk kotanya. Berdasarkan pencapaian tersebut, tidak heran bila beliau merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh di Indonesia yang banyak memiliki kontribusi bagi negara maupun dunia.

7. Joko Widodo

Bapak Joko Widodo Presiden Republik Indonesia selama 2 periode berturut-turut. Selain itu beliau juga menerima penghargaan bergengsi pada tahun 2019 yang diberikan oleh media Singapura yaitu Asian Of The Year 2019.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)


Beliau mendapatkan penghargaan tersebut karena bisa menghadapi berbagai persoalan terkait permasalahan luar maupun dalam negeri. Pimpinan dari media yang memberikan penghargaan tersebut menuturkan bahwa bapak Joko Widodo adalah sosok yang banyak berkontribusi di Asia.

8. Agnez Monica

Sosok yang bisa memberikan pengaruh besar terhadap negara Indonesia maupun dunia yang selanjutnya adalah Agnes Monica. Ya, beliau merupakan aktris sekaligus penyanyi dengan segudang penghargaan ternama.

Walaupun bukan pahlawan, namun sosok Agnes masuk dalam daftar tokoh paling berpengaruh di Indonesia melalui karya-karyanya.

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh AGNEZ MO (@agnezmo)


Karirnya dimulai sebagai penyanyi cilik dan aktris yang membintangi banyak sinetron pada masanya. Masuk usia remaja, beliau mulai merilis albumnya sendiri. Bahkan pada tahun 2010 beliau pernah menjadi pembawa acara bergengsi yaitu American Music Awards 2010.

Bukan hanya hal tersebut saja, masih banyak penghargaan bergengsi lainnya yang pernah beliau dapatkan. Beliau adalah sosok anak muda yang konsisten dalam bidangnya hingga mendapatkan berbagai macam pencapaian dikehidupannya.

9. Nadiem Makarim

Nadiem makarim juga merupakan tokoh paling berpengaruh di Indonesia. Sebelum beliau menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan, beliau sudah banyak memiliki segudang prestasi terbaiknya.

 


Salah satunya adalah perusahaan Gojek yang beliau dirikan. Siapa yang tidak mengetahui Gojek? Ya, salah satu perusahaan besar yang bergerak dibidang transportasi online Indonesia ini bisa memberikan kemudahan dan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat luas.

Selain itu pada tanggal 29 Mei 2019, tepatnya di Negara Jepang, beliau mendapatkan penghargaan bergengsi yaitu Nikkei Asia Prize Ke-24. Penghargaan tersebut beliau dapatkan karena pengaruh perusahaan Gojek pada pertumbuhan ekonomi Negara Indonesia.

10. William Tanuwijaya

Sosok yang terakhir yang menjadi tokoh paling berpengaruh di Indonesia adalah William Tanuwijaya. Beliau adalah pengusaha yang sukses membangun Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jual beli online. Platformnya memang banyak digunakan masyarakat Indonesia.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh William Tanuwijaya (@liamtanu)

Saat ini Tokopedia merupakan salah satu perusahaan Unicorn yang memberikan banyak pengaruh bagi pertumbuhan ekonomi Negara Indonesia. Bahkan beliau juga memiliki berbagai penghargaan bergengsi yang pernah didapatkan. Salah satunya adalah Youth Global Leaders pada tahun 2016.

Beberapa tokoh paling berpengaruh di Indonesia telah dijelaskan diatas. Bukan hanya mereka saja yang bisa menjadi tokoh berpengaruh baik di Negara Indonesia maupun dunia, Anda pun masih memiliki kesempatan untuk menjadi seperti salah satu dari mereka.

Tokoh sukses seperti mereka pasti suka terhadap hal-hal baru, semangat belajar dan membaca mereka sangat tinggi. Anda pun sama, saat ingin sukses usahakan selalu membaca buku-buku penting.

 

Share and Enjoy !

0Shares
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *