Lompat ke konten
Beranda » Blog » 7 Aplikasi untuk Membuat Ucapan Idul Fitri 2022 Gratis dan Praktis

7 Aplikasi untuk Membuat Ucapan Idul Fitri 2022 Gratis dan Praktis

Ucapan Idul Fitri 2022

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Salah satunya adalah berbagi ucapan idul fitri 2022 ke berbagai media sosial yang Anda miliki.

Membagikan ucapan lebaran menjadi sangat umum untuk dilakukan lantaran bisa sambil menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan. Berbagi ucapan selamat idul fitri ini juga tentunya akan melengkapi perayaan momen lebaran.

Cara Buat Kartu Ucapan Idul Fitri 2022

Anda juga bisa membuat kartu ucapan untuk perayaan idul fitri tahun ini menggunakan sejumlah aplikasi berikut secara gratis. Di bawah ini adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Canva

Canva merupakan platform populer yang banyak digunakan untuk membuat kartu ucapan termasuk kartu ucapan khusus lebaran. Di bawah ini adalah beberapa  langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat kartu ucapan Idul Fitri 2022 menggunakan Canva.

Ucapan Idul Fitri 2022

Gambar dari Freepik

  • Pilih template kartu ucapan sesuai selera

Anda bisa masuk ke website www.canva.com. Kemudian, tuliskan keyword “lebaran” pada kolom pencarian. Setelah itu, Anda bisa pilih format template ucapan idul fitri yang Anda sukai sesuai selera.

Tak hanya itu saja, tersedia juga template Zoom background, Instagram post, poster, Instagram Story, dengan tema lebaran serta tema lain yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Selain itu, template kartu ucapan idul fitri 2022 pada aplikasi Canva juga tersedia berbagai aneka pilihan template lain yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

  • Edit kartu ucapan

Anda dapat dengan mudah untuk memilih dan mengubah kartu ucapan agar terkesan lebih personal. Pilihan template yang tersedia di aplikasi Canva ini juga memudahkan penggunanya.

Anda bisa berkreasi sesuka hati dengan mengganti ilustrasi, warna, foto, teks, dan lainnya. Anda juga bisa menyisipkan kartu ucapan buatan Anda dengan gambar maupun foto lainnya yang ada di gadget Anda.

  • Tambahkan elemen-elemen desain

Anda dapat mengoptimalkan fitur pada aplikasi dengan menambah efek animasi untuk membuat kartu ucapan elektronik. Apabila suka,  Anda menambahkan elemen desain lainnya seperti video, stiker gif, hingga efek suara.

  • Bagikan kartu ucapan

Jangan lupa untuk save dan share ucapan idul fitri 2022 secara online. Anda juga bisa mengundang teman, kerabat, maupun klien untuk mengakses desain yang Anda buat.

  • Cetak desain kartu ucapan lebaran

Lewat aplikasi Canva juga tersedia fitur “Canva Print” yang bisa Anda pakai untuk memesan kartu ucapan dengan kualitas gambar tinggi. Nantinya, kartu tersebut dapat dicetak dalam bentuk fisik dan diberikan secara langsung, dikirim lewat pos, atau disertakan ke dalam hampers Lebaran.

2. PicsArt

PicsArt merupakan platform penyedia layanan desain grafis. Perusahaan ini telah berdiri selama sekitar 10 tahun sejak 2011. Platform ini kian  terkenal di kalangan pengguna internet dengan lebih dari 50 juta pengguna aktif setiap bulannya.

PicsArt juga bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan lebaran, lho. Terdapat ratusan template kartu ucapan serta emoji yang bisa Anda gunakan  lewat aplikasi ini.

Ingin mengetahui langkah-langkah untuk membuat kartu ucapan melalui PicsArt? Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi PicsArt melalui Google Play Store maupun App Store.

Setelah itu, di dalam halaman utama aplikasi, tuliskan keyword “Eid Mubarak” di kolom pencarian. Kemudian, nantinya PicsArt akan merekomendasikan beberapa pilihan desain kartu ucapan yang bisa Anda edit sesuai dengan selera Anda. 

Tidak hanya bisa membuat desain kartu ucapan secara langsung saja, Anda juga dapat secara langsung membagikannya melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp.

3. Kinemaster

Bosan dengan ucapan idul fitri 2022 yang mainstream?  Mengedit video pendek menggunakan aplikasi Kinemaster bisa jadi pilihan Anda. Anda dapat berbagi kiriman ucapan selamat lebaran dengan cara yang unik dengan mengkreasikannya melalui aplikasi ini.

Langkah awal yang harus Anda siapkan adalah ukuran dan durasi video yang diinginkan, kemudian klik button berikutnya untuk melanjutkan mengedit ke tahap selanjutnya. Anda bisa pilih gambar maupun video yang ingin Anda sunting.

Setelah itu, Anda juga dapat menambahkan berbagai lagu, efek transisi, dan juga emoji pada video yang ingin Anda buat sesuka hati Anda. Untuk menggunakan aplikasi Kinemaster ini, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu lewat aplikasi Google Play Store maupun App Store secara gratis.

4. WhatsApp

Siapa sangka aplikasi chatting ini juga dapat digunakan untuk mengirim kartu ucapan idul fitri 2022? Ternyata cara untuk membuatnya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu membuka kolom percakapan lawan bicara yang ingin Anda kirimkan kartu ucapannya.

Setelah itu, Anda bisa pilih ikon gambar animasi (GIF) yang berada di antara ikon “emoticon” dan “stiker“. Setelah itu, tuliskan keyword yang berhubungan dengan perayaan Idul Fitri, seperti “Eid Mubarak” atau “Eid Fitr”.

Apabila sudah memilihnya, Anda dapat memilih dan berkirim gambar dari hasil pencarian tadi. Namun, sayangnya GIF yang tersedia aplikasi WhatsApp ini tidak bisa Anda sunting kembali. Oleh sebab itu, pengguna direkomendasikan untuk menuliskan kata-kata ucapan lebaran secara terpisah pada jendela percakapan.

5. Muslim Cards Pro: Eid & Ramadhan

Ucapan Idul Fitri 2022

Gambar dari Pinterest

Muslim Cards Pro: Eid & Ramadhan adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk pengguna Android dan iOS untuk membuat kartu ucapan idul fitri. Tersedia berbagai macam fitur template kartu ucapan idul fitri 2022 secara gratis. Anda tidak perlu log-in terlebih dahulu untuk bisa menikmati fitur yang tersedia di aplikasi ini. 

Setelah aplikasi sudah terinstall, Anda bisa  langsung berkreasi sesuka hari.  Anda hanya perlu memilih beberapa desain kartu ucapan kemudian mengupload foto yang tersimpan di galeri gadget Anda dengan mengklik ikon arrow yang terletak di ujung kanan atas aplikasi. Tidak hanya itu saja, terdapat beragam pilihan bingkai dan teks yang bisa Anda pilih dan gunakan untuk memperindah hasil kartu ucapan.

6. Creative Card

Aplikasi Creative Card memiliki beberapa fitur yang mumpuni untuk membuat kartu ucapan idul fitri 2022. Anda bisa berkreasi sekreatif mungkin, lantaran ada banyak pilihan template yang dapat Anda gunakan dan pilih.

Beberapa hal yang bisa Anda atur adalah desain, teks, gambar latar, serta tata letak kartu ucapan. Untuk Anda yang bosan dengan ucapan lebaran yang itu-itu saja, Creative Card bisa jadi pilihan Anda.

7. Muslim Greetings

Rekomendasi untuk membuat ucapan idul fitri 2022 adalah Muslim Greeting. Berbeda dari aplikasi lainnya, aplikasi ini memang khusus untuk membuat kartu ucapan bagi seluruh umat Islam.

Semua alat yang Anda perlukan untuk keperluan menyunting sudah tersedia di menu tampilan. Dalam aplikasi Muslim Greeting juga tersedia font arabic, yang mana Anda dapat berkreasi dengan membuat ucapan dalam bahasa Arab. Tidak  berhenti di situ, aplikasi ini juga menyediakan  berbagai pilihan foto sesuai keinginan Anda dan tentunya dapat dijadikan sebagai background ucapan.

Itulah beberapa deretan aplikasi untuk membuat ucapan idul fitri 2022. Setelah membuat kartu ucapan lebaran, jangan lupa untuk membagikannya ke berbagai media sosial. Taqabbalallahu minna wa minkum.

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.