Lompat ke konten
Beranda » Blog » 8 Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

8 Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Tinggal di daerah pedesaan bukan berarti Anda tidak bisa memulai dan menjalankan suatu usaha. Bahkan, jika Anda adalah seorang pemula di bidang bisnis sekalipun. Karena ada banyak usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. 

Malah bisa dibilang, peluang usaha yang ada di pedesaan cukup banyak. Karena terbatasnya akses masyarakat desa terhadap produk dan jasa tertentu. Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut dan menyediakan produk dan jasa yang masyarakat butuhkan. 

8 Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan 

Ada banyak sekali peluang usaha yang cocok untuk pemula di desa. Hal ini bergantung dengan situasi desa dan kebutuhan apa yang kira-kira diperlukan di desa tersebut. 

Berikut ini adalah berbagai rekomendasi usaha yang bisa Anda jalankan di pedesaan. Bahkan, untuk seorang yang terbilang pemula di bidang bisnis. 

1. Membuka Jasa Air Minum Isi Ulang 

Bahkan, orang desa sekalipun lebih suka jika adalah hal yang lebih mudah dan tidak ribet. Karena itu, membuka jasa air minum isi ulang bisa menjadi bisnis yang menjanjikan di pedesaan. Kebanyakan orang desa memperoleh air minum dengan cara memasak air. 

Tentu saja, hal ini agak merepotkan bagi penduduk desa. Maka dari itu, jika ada yang membuka jasa air minum isi ulang kemungkinan besar akan sangat diminati. Karena dengan sistem penyaringan tertentu, air bisa langsung layak dikonsumsi. 

Apalagi, di pedesaan kualitas sumber mata air terbilang masih sangat bagus. Modal yang harus Anda keluarkan adalah membeli peralatan untuk filtrasi air hingga layak konsumsi. Dengan adanya jasa ini, kebutuhan air minum desa terpenuhi dan Anda akan untung besar. 

2. Menjadi Agen Pulsa dan Pembayaran Online 

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang direkomendasikan selanjutnya adalah menjadi agen pulsa dan pembayaran online. Sekarang ini di desa sekalipun sudah banyak orang yang menggunakan handphone bahkan smartphone. 

Jadi, kebutuhan akan pulsa dan paket data akan selalu ada. Apalagi, untuk membuka bisnis ini di desa tidak dibutuhkan modal yang banyak. Selain pulsa, Anda bisa melengkapi jasa Anda dengan membuka jasa agen pembayaran online. 

Misalnya, pembayaran PLN, BPJS, PDAM, dan berbagai pembayaran lainnya. Bisnis jasa ini berpotensi sangat besar. Karena masih terbatasnya akses masyarakat desa pada pos pembayaran dan tagihan. 

3. Membuka Jasa Pangkas Rambut 

Jika Anda memiliki kemampuan memangkas dan merapikan rambut. Maka, membuka jasa pangkas rambut adalah bisnis di pedesaan yang berpeluang besar untuk Anda. Bahkan, orang desa sekalipun pasti akan memperhatikan penampilannya. 

Namun, biasanya tidak banyak orang desa yang membuka salon atau jasa pangkas rambut. Dengan adanya jasa Anda di desa, maka masyarakat sekitar tidak akan repot-repot lagi untuk pergi ke daerah kota untuk potong rambut. 

4. Membuka Usaha Warung Kelontong 

Ternyata warung kelontong juga merupakan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Potensi usaha ini di pedesaan bahkan terbilang cukup besar. Kunci utama dari bisnis warung kelontong adalah lokasi yang strategis dan stok yang selalu lengkap. 

Selain itu, Anda juga harus jeli dalam memilih supplier. Pastikan supplier Anda memiliki stok yang lengkap dengan harga yang murah. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang terbilang lebih besar. 

Keuntungan usaha warung kelontong memang bisa dibilang kecil karena mengandalkan selisih harga. Namun, jika sudah stabil dan jumlah transaksinya sudah semakin banyak. Maka, keuntungan yang bisa didapatkan tidak bisa dibilang sedikit juga. 

Stok yang lengkap dan letak yang strategis juga harus didukung dengan pelayanan yang ramah dan baik. Dengan pelayanan yang baik, para pelanggan akan betah untuk berbelanja di warung kelontong Anda. 

5. Menjual atau Menyewakan Alat Pertanian 

Sebagian besar warga desa biasanya berprofesi sebagai petani. Karena itu, kebutuhan akan alat pertanian dan bahan pertanian adalah faktor produksi yang utama. Biasanya para petani mencari alat pertanian dan bahan pertanian ke kota terdekat. 

Karena, tidak ada orang yang menjualnya di lingkungan desa. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan membuka usaha penjual alat dan bahan pertanian. Jika ada tempat yang lebih dekat dengan harga yang tidak berbeda jauh. 

Maka, para petani desa pasti akan lebih memilih untuk membeli alat dan bahan pertanian pada Anda. Selain menjual, Anda juga bisa membuka jasa menyewakan alat pertanian, dengan begitu petani dengan lahan dan modal lebih kecil bisa terbantu dengan adanya jasa sewa Anda. 

6. Membuka Usaha Jasa Titip 

Jika Anda tidak keberatan untuk bolak balik desa kota beberapa kali dalam satu minggu. Maka, usaha jasa titip merupakan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang cocok untuk Anda. Usaha ini memang sedang sangat populer di daerah sangat pedesaan. 

Cara kerjanya usaha ini adalah sejumlah orang akan menitipkan uang pada Anda untuk membeli barang tertentu. Kemudian, Anda pergi ke kota tujuan untuk membeli barang-barang titipan sesuai dengan permintaan pelanggan. 

Uang yang dibayarkan tersebut Anda gunakan untuk membeli barang titipan dan dilebihkan jumlahnya. Jumlah yang lebih tersebut merupakan biaya jasa titip dan merupakan keuntungan bagi Anda. 

Usaha jasa titip ini tidak hanya menguntungkan Anda sebagai pelaku usahanya. Namun juga, bagi para pelanggan. Karena dengan begitu, warga desa tidak perlu lagi pergi ke kota jika membutuhkan atau menginginkan suatu barang. 

7. Membuka Jasa Pembuatan Kandang 

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bangun ruang dan membangun sesuatu. Usaha jasa pembuatan kendang bisa menjadi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Karena selain menjadi petani, peternak juga menjadi profesi yang paling banyak ditemukan di desa. 

Untuk membuka peternakan baru, seseorang pasti membutuhkan kandang untuk hewan ternaknya. Tidak semua peternak memiliki kemampuan untuk mendesain dan membangun kandang. Karena itu, peternak pasti akan membutuhkan jasa Anda. 

Usaha ini bahkan bisa Anda mulai tanpa modal sekalipun. Anda bisa memanfaatkan metode pembayaran DP dengan para pelanggan. Kemudian, memanfaatkan DP yang Anda terima dari pelanggan sebagai modal untuk pembuatan kandang. 

8. Jasa Servis Ponsel dan Peralatan Elektronik 

Seperti yang artikel ini sebutkan sebelumnya, orang desa sekalipun ada banyak memiliki handphone bahkan smartphone. Selain kebutuhan pulsa dan paket data, mereka juga membutuhkan jasa servis ponsel jika ponsel mereka rusak. 

Jika Anda memiliki kemampuan untuk memperbaiki ponsel dan peralatan elektronik lainnya. Jasa servis ponsel dan peralatan elektronik bisa menjadi bisnis potensial di pedesaan yang bisa Anda jalankan. 

——-

Apapun jenis usaha yang Anda jalankan di pedesaan, memaksimalkan promosi adalah aspek yang paling penting. Promosi melalui website adalah pilihan yang bagus untuk usaha yang Anda jalankan di desa. Asal dengan optimasi SEO yang bagus. 

Gunakan jasa Oryza Writer untuk memaksimalkan promosi usaha Anda di website. Walaupun, usaha yang Anda jalankan adalah usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Usaha ini memiliki potensi untuk dikenal secara luas melalui internet. 

Share and Enjoy !

Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.